Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 1 (2017)

Pengaruh peran orang tua, persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika

Supriyantoro, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah (1) mengetahui  pengaruh  orang tua, persepsi siswa terhadap kompetensi  pedagogis  guru dan disiplin  belajar  siswa  MTs  N Kabupaten  Piyungan;  (2) mengetahui pengaruh  peran  orang  tua  terhadap  prestasi  belajar  siswa  siswa MTs  N Kabupaten  Piyungan;  (3) mengetahui   pengaruh   persepsi guru siswa terhadap prestasi belajar matematika   siswa  MTs  N Kecamatan Piyungan; dan (4) mengetahui  pengaruh disiplin terhadap prestasi belajar matematika  pada siswa   MTs   N  Kecamatan   Piyungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan   pendekatan  explanatory  research. Populasi penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  MTs Negeri (MTs N) kelas VIII di Kabupaten  Bantul Piyungan berjumlah 133 siswa. Sampel penelitian  ini adalah  96 siswa. Teknik  pengambilan  sampel  yang digunakan  adalah  proportional  stratified  random sampling.bTeknik  pengumpulan  data menggunakan  kuesioner.  Data dianalisis  dengan  menggunakan analisis regresi berganda. Hasil: (1) Ada pengaruh antara orang tua, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogis  guru, dan disiplin  belajar pada prestasi  belajar siswa kelas VIII MTs (MTs) di Kabupaten Piyungan Bantul Tahun 2015 / 2016. (2) Ada pengaruh antara peran orang tua dengan prestasi belajar siswa  kelas  VIII  MTs  (MTs)  di Kabupaten  Bantul  Piyungan  Tahun  2015/2016.  (3)  Ada  pengaruh antara  persepsi  siswa terhadap  kompetensi  pedagogis  guru MTs dengan  prestasi  belajar  siswa kelas VIII di Kabupaten  Bantul  Piyungan  Tahun  Akademik  2015/2016.  (4) Ada pengaruh  antara  disiplin belajar  dan  prestasi  belajar  siswa  kelas  VIII  MTs  (MTs)  di  Kabupaten   Bantul  Piyungan  Tahun 2015/2016. Effect of role of parents, student perception in teacher pedagogik competency and learning discipline on learning achievement students math   AbstractThe purpose  of this study were (1) to know the influence  of parents,  students  'perceptions  of teachers'  pedagogical  competence  and discipline  of learning of MTs N students of Piyungan  District; (2) to know the influence of parent role on student achievement  of MTs N student of Piyungan District; (3)  to  know   the  influence   of  student   teacher's   perception   on  student's   mathematics   learning achievement  of MTs  N Sub  Piyungan;  and  (4) to know  the influence  of discipline  on mathematics learning  achievement   in  MTs  N  students  Piyungan   sub-district.   This  research  uses  quantitative research  using  explanatory  research  approach.  The population  of this study  is all students  of MTs Negeri (MTs N) class VIII in Bantul Piyungan  District amounted  to 133 students.  The sample of this research  is 96 students.  The  sampling  technique  used  is proportional  stratified  random  sampling. Data  collection  techniques  using  questionnaires. Data  were  analyzed  by using  multiple  regression analysis. Result: (1) There is influence between parent, student perception  about teacher pedagogical competence,  and learning  discipline  on student  achievement  of class VIII MTs (MTs) in Regency  of Piyungan  Bantul  Year 2015 / 2016. (2) There is influence  between  parent  role with achievement  of students  of  class  VIII  MTs  (MTs)  in  Bantul  Regency  Piyungan  Year  2015/2016.  (3)  There  is  an influence between students' perceptions on the pedagogical competence of MTs teachers with the achievement  of class VIII students in Bantul Piyungan District Academic Year 2015/2016.  (4) There is influence   between  learning   discipline   and  student  achievement   class  VIII  MTs  (MTs)  in  Banty Piyungan District Year 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wd

Publisher

Subject

Education

Description

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan publishes high-quality manuscripts of evaluation, assessment, and measurement in varied instructional settings, including economics, mathematics, physics, vocation, engineering, and linguistics with their own particular phenomena, and ...