SISFOTENIKA
Vol 9, No 2 (2019): SISFOTENIKA

Implementasi Algoritma Apriori dengan Market Basket Analysis untuk Pengaturan Tata Letak Produk

Suprayogi, Suprayogi (Unknown)
Karima, Aisyatul ( Universitas Dian Nuswantoro )



Article Info

Publish Date
15 Aug 2019

Abstract

Tujuan Market Basket Analysis adalah memahami kebiasaan pembelian pelanggan serta menentukan produk yang dibeli pelanggan secara bersamaan. Manfaatnya adalah untuk proses asosiasi produk sehingga manajer tidak kesulitan dalam menemukan pola produk yang mungkin dibeli secara bersamaan. Tulisan ini merancang model Market Basket Analysis pada toko menggunakan algoritma Apriori guna penataan barang pada display product. Tahap awal adalah pengolahan data awal pada dataset transaksi penjualan dengan memilih data berdasarkan kriteria jumlah minimal produk yang terjual, dan proses binerisasi terhadap dataset tersebut. Kedua, proses pembangkitan Frequent Item Set yaitu kombinasi item set yang memiliki nilai lebih dari nilai minimum support count.Ketiga, proses pembangkitan aturan asosiasi dengan memilih aturan yang memiliki nilai confidence diatas nilai minimum confidence yang telah ditetapkan. Aturan yang terbentuk diukur kekuatan asosiasinya menggunakan perhitungan lift ratio dengan membandingkan nilai confidence aturan dan nilai confidence-benchmark. Hasil percobaan menunjukkan bahwa nilai lift ratio lebih besar dari satu, hal ini menunjukkan bahwa aturan sering muncul dan hubungan antara produk satu dengan lainnya bersifat independent. Aturan asosiasi yang terbentuk digunakan untuk mengatur penempatan produk pada toko. Produk yang memiliki asosiasi tinggi dengan produk lain akan ditempatkan berdekatan, sehingga mempermudah konsumen dalam membeli produk danmanajer toko dalam mengatur stok barang yang berasosiasi. Kata kunci—Apriori, Market Basket Analysis, Tata letak, Lift Ratio, Asosiasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

st

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk ...