Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies
Vol 3 No 2 (2019): Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies

Ma‘had 'Aly and the Challenge of Modernizing Islamic Education in Indonesia

Wajdi, Firdaus (Unknown)
Nur Aulia, Rihlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Paper ini menjelaskan salah satu model pesantren di Indonesia yang cukup jarang dibahas, Ma‘had ‘Aly, pesantren yang santrinya adalah mahasiswa. Secara khusus paper ini menjelaskan pergulatan Pondok Pesantren Darus Sunnah dalam menghadapi tantangan modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Sejalan dengan waktu, mayoritas pesantren mengadopsi modernisasi demi memenuhi tuntutan masyarakat dan pengakuan yang lebih luas dari pemerintah. Namun demikian, Pondok Pesantren Darus Sunnah adalah salah satu pesantren yang masih belum bisa menerima tawaran modernisasi pesantren tersebut secara menyeluruh. Paper ini bertujuan untuk menjelaskan alasan keengganan Pondok Pesantren Darus Sunnah dalam merespons modernisasi. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data auto-ethnography. Penulis memanfaatkan pengalaman penulis selama menjadi santri dan pengajar di Pondok Pesantren Darus Sunnah dengan dilengkapi observasi dan wawancara. Secara singkat penelitian ini mengisyaratkan bahwa Pondok Pesantren Darus Sunnah menolak modernisasi dari segi kurikulum karena hal tersebut mereduksi otoritas dan identitas tradisional pesantren. Pondok Pesantren Darus Sunnah lebih memilih untuk menjaga ke-tradisional-an pesantren sesuai dengan dawuh dari pendiri pesantren. Model Pesantren Tradisional yang selama ini dijaga terbukti telah melahirkan alumni yang berkualitas dan memainkan peran yang besar baik di level nasional maupun internasional. Paper ini juga mengajukan penyetaraan ijazah setingkat strata satu sebagai salah satu solusinya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hayula

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies published two times a year since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic studies. The aim is to provide readers with a better understanding of Islamic Studies and present ...