Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
Vol 1, No 1 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Anggraeni, Sintya Siti (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Rusdi, Rusdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 23 siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Istrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa? juga dapat di tingkatkan dengan cara memberikan lembar kegitan peserta didik (LKPD) berbasis CIRC, menugaskan siswa untuk membaca memberikan soal-soal latihan yang menggunkan konsep, dan meringkas materi di rumah, dan menggambar serta menghitung dengan teliti. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata tes hasil belajar (THB) siswa siklus I sampai siklus III yaitu 70,17, 78,91 dan 82,87 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 56,52%, 73,91%, 82,61%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...