QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama
Vol 10 No 02 (2018): Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama

Implementasi Metode Inquiry dan Hypnosis Perspektif Pendidikan Islam Klasik (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo)

Afif, Yusmicha Ulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan metode inquiry dan hypnosis sebagai metode pembelajaran di SekolahMenengah Atas Immersion Ponorogo dalam perspektif Pendidikan Islam Klasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulandata melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inquiry memiliki banyak keunggulan baik diranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode inquiry sepadan dengan metode diskusi dan rihlah dalam perspektif pendidikan Islam klasik. Sedangkan metode hypnosis hanya efektif diranah kognitif karena metode ini siswa dapat lebih cepat untuk memahami materi yang disampaikan guru. Dengan metode hypnosis suasana kelas lebih kondusif dan lebih tenang. Meskipun demikian, metode hypnosis tidak dikenal dalam konsep pendidikan Islam klasik. Tetapi penerapannya tidak bertentangan dengan konsep pendidikan Islam klasik karena metode hypnosis digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan tidak ada unsur magis didalamnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

qalamuna

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Qalamuna merupakan jurnal ilmiah lintas tema sebagai integrasi pendidikan, sosial dan agama yang terbit dua kali dalam setahun. Jurnal yang terbit pertama kali tahun 2006 merupakan media pemikiran kritis intelektual para civitas akademika yang mengali, meneliti dan mempublisikasi sebagai karya yang ...