Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Imiah Pendidikan Ekonomi

Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Pengaruh Globalisasi Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN Karangmalang 2 Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015

Hartati, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2017

Abstract

Mendasar pada studi pendahuluan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn materi   pengaruh globalisasi  pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015,  nilai rata-rata baru tercapai 62,50 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 53,33%.  Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi   pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping, 2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn materi   pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan model pembelajaran Mind Mapping. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini  setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Mendasar pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn Materi Penentuan Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi dengan model Mind Mapping dapat: 1) Meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian nilai rata-rata  hasil evaluasi pada siklus I adalah 74,67, Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 73,33%. Pada Siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu nilai rata-rata pada siklus II yaitu 84, sedangkan  ketuntasan hasil belajarnya mencapai 93,33% , 2) meningkatkan keaktifan siswa  dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Karangmalang 2 Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada siklus I keaktifan siswa baru mencapai 71% sedangkan pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi  90%.Dengan demikian penggunakan model Mind Maping pada mata pelajaran PKn  Materi   Pengaruh Globalisasi pada  siswa kelas IV di SDN Karangmalang 2 Ngawi dapat berhasil dengan baik. Kata Kunci: hasil belajar, PKn, model mind mapping

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JIPE merupakan wahana publikasi ilmiah bagi mahasiswa, dosen maupun praktisi pendidikan lainnya. Memuat ide, gagasan, hasil penelitian yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan,serta aplikasinya terhadap khazanah ilmu pendidikan dan ...