Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 5, No 2 (2017): November

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)

Prabowo, Faizal Haris Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop/notebook. Permasalahan pada penlitian ini adalah mengkaji faktor manakah yang sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor individu, faktor psikologi dan faktor ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor psikologi dan faktor ekonomi yang memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk laptop. Faktor psikologi memiliki pengaruh sebesar 0,311 sedangkan faktor ekonomi memiliki pengaruh sebesar 0,323 terhadap perilaku konsumen. Mengingat faktor psikologi dan ekonomi memiliki pengaruh yang baik disarankan bagi perusahaan produsen laptop/notebook untuk memproduksi produk dengan harga yang cukup kompetitif, fitur modern dan desain yang cocok berdasarkan segmentasi pasar.Kata Kunci: Perilaku konsumen, Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor individu, Faktor psikologi, Faktor ekonomi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...