Jurnal Fisika Indonesia
Vol 19, No 55 (2015)

Analisis Sifat Optis Lapisan Tipis ZnO, TiO2, TiO2:ZnO, dengan dan Tanpa Lapisan Penyangga yang Dideposisikan Menggunakan Metode Sol-Gel Spray Coating (Halaman 41 s.d. 44)

Amananti, Wilda (Unknown)
Sutanto, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2015

Abstract

Pada penelitian ini lapisan tipis TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, dengan dan tanpa lapisan penyangga  telah berhasil di deposisi di atas subtrat kaca menggunakan metode sol-gel dengan teknik spray coating. Sifat optik lapisan tipis TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, dengan dan tanpa lapisan penyangga  dikarakterisasi dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas lapisan tipis TiO2:ZnO yang ditumbukan di atas subtrat kaca lebih baik dari pada lapisan tipis TiO2 dan lapisan tipis yang ditumbuhkan pada lapisan penyangga ZnO lebih baik daripada lapisan tipis yang ditumbuhkan langsung pada substrat kaca. Selain itu dengan adanya lapisan penyangga dapat memperkecil celah pita energi lapisan tipis. Besarnya celah pita energi lapisan tipis  TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, ZnO/TiO2, ZnO/TiO2:ZnO masing masing secara berturut-turut adalah 3,2 eV; 3,12 eV; 3,08 eV; 3,04 eV dan 3,0 eV.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jfi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Fisika Indonesia (JFI) Is an open access scientific peer-reviewed journal published by Department of Physics Universitas Gadjah Mada that publishes researches on Physics, covering both theory, experiments, computation and applied physics including geophysics. We have a mission to build ...