Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 7, No 1 (2019): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 6 PALU

Rahwan, Rahwan (Unknown)
Syamsu, Syamsu (Unknown)
Kendek, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap hasil belajar  siswa kelas XI IPA pada materi fluida statis di SMAN 6 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelopok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 17,02 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu 13,70. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh  dan  pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar  siswa kelas XI IPA pada materi fluida statis SMA Negeri 6 Palu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...