Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 6, No 1 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA STATIS DAN PENERAPANNYA DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA SMA NEGERI 2 PALU

Husain, Muhammad Shafar (Unknown)
Kendek, Yusuf (Unknown)
Fihrin, Fihrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Abstrak ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase siswa yang dapat memahami materi fisika konsep fluida statis dan penerapannya dalam lingkungan sekitar, faktor yang mempengaruhi belajar siswa dan kemampuan menganalisis pristiwa sehari-hari berdasarkan pengetahuan fisika. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Palu tahun ajaran 2016/2017. Responden penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling yaitu kelas yang memiliki hasil belajar tinggi yaitu siswa kelas XI MIA II sebanyak 24 siswa. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep beserta penerapannya dalam lingkungan sekitar, soal menganalisis, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkatan atau kategori I sebanyak 8%, pada kategori II sebanyak 63% pada kategori III sebanyak 29%. untuk faktor yang mempengaruhi hasil belajar mereka rata-rata faktor internal yaitu minat sebesar 78%, dan motivasi sebesar 73%, faktor eksternal yaitu keluarga sebesar 71%, sarana dan prasarana sebesar 60% dan lingkungan masyarakat sebesar 67%. Disamping itu kemampuan menganalisis siswa rata-rata diperoleh materi tekanan hidrostatis sebesar 29%, hukum pascal 44%, dan hukum archimedes sebesar 18%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang memahami konsep fluida statis dan memahami penerapannya di lingkungan sekitar tergolong masih rendah, dan kemampuan mengerjakan soal analisis siswa juga tergolong masih rendah. Kata Kunci: pemahaman konsep; penerapan lingkungan; fluida statis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...