Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2009): July 2009

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI STRATEGI INTERACTIVE QUESTION AND READING ORIENTATION BERBASIS PROBLEM POSING

Susatyo, Eko Budi (Unknown)
Siadi, Kusoro (Unknown)
Marnia, Dina Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa dalammengembangkan kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Populasi penelitianadalah siswa kelas XI IPA 3 SMA 6 Semarang yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian padasiklus I menunjukkan kesiapan dan keaktifan siswa dalam kategori cukup, serta rata-ratahasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 62 dan 61,90%. Pada siklus II,kesiapan dan keaktifan siswa meningkat dibandingkan siklus I menjadi kategori baik, sertarata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 68,3 dan 78,57%.Hasil penelitian pada siklus III meningkat dibandingkan dengan siklus II, yaitu kesiapan dankeaktifan siswa tergolong baik, serta rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masingmasingsebesar 71,4 dan 88,09%. Dengan hasil tersebut berarti penelitian yang dilakukantelah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 85% dari seluruh siswa memperolehnilai e” 65. Siswa menyambut positif strategi pembelajaran yang diimplementasikan. Kata Kunci : hasil belajar, IQRO, problem posing

Copyrights © 2009