Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 6 (2015): JUNI 2015

ANALISIS ANAK YANG TERISOLIR DALAM BERMAIN BERSAMA ANTAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BARUNAWATI PONTIANAK

Maruli, Alorinda (Unknown)
Thamrin, M. (Unknown)
Ali, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2015

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan anak yang terisolir dalam bermain bersama antar anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Barunawati Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sumber data diambil dari 12 anak kelas A, guru yang mengajar di kelas A, orang tua yang anak nya menjadi subjek penelitian berjumlah 3 orang. Dari hasil penelitian diperoleh faktor  pendukung dan faktor yang menyebabkan terisolir  dalam bermain bersama di TK Barunawati Pontianak. Faktor pendukung adalah motivasi serta dukungan dari guru serta orang tua, faktor yang menyebabkan terisolir adalah sifat pendiam, manja, ketergantungan yang tinggi dengan orang tua, serta pola asuh overprotektif dari orang tua. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang terisolir adalah memberi motivasi dan dorongan kepada anak dengan ucapan dan tindakan, misalnya menjadi model bagi anak, dengan cara ikut langsung dalam kegiatan anak, dan membuat kegiatan secara berkelompok agar anak lebih mengenal teman-temannya lebih dekat.   Kata Kunci : Anak yang Terisolir, Bermain Bersama. Abstract: This study aimed to describe children who play together isolated in children aged between 4-5 years in kindergarten Barunawati Pontianak. This study was conducted using descriptive and qualitative approach in the from of case studies. Sources of data taken from 12 children of class A, the teacher who taught in class A, parents whose children are the subject of research amounted to 3 people. From the research supporting factors and the factors that lead to isolated children in kindergarten Barunawati play together in Pontianak. Supporting factor is the motivation and support of teacher and parents, the factor that cause isolation is taciturnity, spoiled, high dependence with parents, as well as an overprotective parenting of parents, as well as an overprotective parenting of parents. Efforts are being made to address the child’s teacher to give motivation and encouragement to children with speech and action, for example, be a model for the child, by participating directly in the activities of the child, and make it a group activity for children to get to know his friends closer.   Keywords : Children are Isolated, Play Together.

Copyrights © 2015