Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 18, No 1 (2013): Jurnal Pengajaran MIPA

KEMAMPUAN PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN BERPIKIR ANALITIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Rokhmat, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2013

Abstract

Telah berhasil dikembangkan model pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk meningkatkan kemampuan problem-solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika dalam pokok bahasan gerak, hukum Newton tentang gerak, kerja & energi, gravitasi, momentum linear, kesetimbangan benda tegar, dan termodinamika. Penelitian ini bertujuan mendesain model pembelajaran berbasis PBK-BA dan menentukan pola PBK-BA yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan KPS secara optimal. Penelitian menggunakan metoda mixed method berjenis embedded design one-phase dengan penekanan kualitatif. Dalam taraf kepercayaan 95%, berdasarkan hasil uji-t Wilcoxon secara umum menunjukkan peningkatan signifikan keenam indikator KPS yang meliputi kemampuan understanding, selecting, differentiating, determining, applying, dan identifying pada mahasiswa kelompok bawah maupun atas dan peningkatan ini pada mahasiswa kelas atas lebih baik daripada mahasiswa kelas bawah. Pencapaian akhir persentase KPS secara umum masih berkategori rendah. Untuk mengoptimalkan pencapaian KPS mahasiswa direkomendasikan untuk mengembangkan dua pola umum PBK-BA, yaitu pola PBK-BA standar dan pola PBK-BA ber-scaffolding.Kata kunci: pembelajaran berbasis PBK-BA, KPS, pola PBK-BA standar, pola PBK-BA ber-scaffolding.

Copyrights © 2013