J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Vol 1, No 1 (2013): Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SMAN 1 WAYLIMA

Ekowati, Sri Wahyuni (Unknown)
Suyanto, Edi (Unknown)
Samhati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2013

Abstract

This study aims to describe the difference between the ability of students’ writing the arguments paragraphs which follow inquiry models and the conventional learning, and determine the effect of the inquiry model learningin increasing the ability of students’ writing arguments paragraphs. This study is quasi- experimental conducted to the student in grade X of SMAN 1 Waylima, with a population of 68 respondent. The data collected through writing arguments test and the data analysis techniques used t-test. Based on the result, that there are significant difference in the ability of students’ writing the arguments paragraphs who followed of the inquiri model and conventional learning (t-table 2.899 2,040 t-value), and the effect of the inquiry model learning was better than conventional learning with mastery rasio of the minimum criteria complenteness 81,2% 53,1%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa yang mengikuti pembelajaran model inkuiri dan model konvensional, dan mengetahui keefektifan model dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen kuasi yang dilakukan pada siswa kelas X SMAN 1 Waylima, dengan populasi 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui tes menulis argumentasi dengan teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis argumentasi siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri dan konvensional (t-tabel 2,899 t-hitung 2,040), dan penggunaan model inkuiri lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan rasio pencapaian ketuntasan kriteria minimum 81,2% 53,1%.Kata kunci: efektivitas, inkuiri, menulis paragraf argumentasi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Program S-2 Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lampung menerbitkan jurnal J-SIMBOL. Dalam J-SIMBOLdimuat artikel yang berisi tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya, baik artikel hasil penelitian dan/atau artikel bukan hasil penelitian. ...