Publika Budaya
Vol 2, No 2 (2014): Juli

INTERAKSI KOMUNIKATIF DALAM PELAPORAN KASUS KEHILANGAN DI SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU POLRES JEMBER: SUATU STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI

Hardiansyah, Yahya Rian ( Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Jember Jln. Kalimantan 37, Jember 68121 )
Kusnadi, Kusnadi (Unknown)
Rochiyati S., A. Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2015

Abstract

Interaksi komunikatif di pelayanan publik merupakan salah satu proses utama dalam kegiatan pelayanan khususnya pelayanan yang diselenggarakan pemerintah. Interaksi komunikatif tersebut salah satunya terjadi dalam pelayanan pelaporan dan pengaduan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Salah satu peristiwa interaksi komunikatif di SPKT terjadi ketika adanya pelayanan pelaporan kasus kehilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi komunikasi yang bersifat kualitatif untuk mengungkap keaslian interaksi komunikatif yang terbangun di SPKT Polres Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola-pola komunikasi yang terbangun dalam interaksi komunikatif pelaporan kasus kehilangan bersifat efisien, singkat, dan tanpa pergantian peran yang signifikan. Hal ini bersesuaian dengan tujuan pelaporan. Kata Kunci: Interaksi komunikatif, Pelayanan Publik, Etnografi Komunikasi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PB

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Terbit tiga kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli, November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil karya ilmiah mahasiswa yang berupa gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori dari karya ilmiah skripsi mahasiswa gelar S-1 di Bidang Budaya dan ...