Jurnal Manusia dan Lingkungan
Vol 21, No 3 (2014)

ISOLASI DAN PEMANFAATAN BAKTERI PROTEOLITIK UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS LIMBAH CAIR PENGOLAHAN BANDENG PRESTO

Paskandani, Riky ( Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Jl. Flora Gedung A4 Bulaksumur Yogyakarta 55281 )
Ustadi, Ustadi ( Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Jl. Flora Gedung A4 Bulaksumur Yogyakarta 55281 )
Husni, Amir ( Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Jl. Flora Gedung A4 Bulaksumur Yogyakarta 55281 )



Article Info

Publish Date
31 Jan 2015

Abstract

Industri pengolahan ikan menghasilkan limbah dengan kadar protein tinggi. Penambahan bakteri proteolitik diharapkan dapat membantu mendegradasi limbah berprotein tinggi. Pada penelitian ini, isolasi bakteri proteolitik dilakukan untuk mendapatkan isolat dengan aktivitas proteolitik tinggi. Isolat terbaik diuji kemampuan hidup dan aktivitasnya pada berbagai konsentrasi NaCl dan pH. Kemampuan isolat meningkatkan kualitas limbah juga diuji pada limbah pengolahan bandeng presto. Hasil penelitian diperoleh 36 isolat bakteri proteolitik dari limbah cair pencucian ikan Pasar Kranggan Yogyakarta. Dari ke-36 isolat tersebut, isolat D61 merupakan isolat dengan aktivitas proteolitik tertinggi dengan zone diameter 20,5 mm. Isolat tersebut mampu hidup pada NaCl 0-10% dan kisaran pH 5-10, namun aktivitas proteolitik tertingginya pada NaCl 0-2% dan kisaran pH 7-8 dan pH 10. Berdasarkan karakteristik morfologi dan biokimianya, isolate D61 memiliki kemiripan 93,93% dengan Bacillus soli. Hasil ujicoba pada limbah cair pengolahan bandeng presto ternyata isolat D61 tidak mampu memperbaiki kualitas limbah tersebut.

Copyrights © 2014