Tata Arta
Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA MODUL

Sari, Leny Rosita (Unknown)
Witurachmi, Sri (Unknown)
-, Sohidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2015

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kompetensi belajar akuntansi pada siswa kelas XI AK B SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dan pendukung penerapan model pembelajaran TAI berbantu media modul.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI AK B SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, instrumen tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas konstruk. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu modul dapat meningkatkan kompetensi belajar akuntansi pada kelas XI AK B SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata kompetensi belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan dari 78,32 pada siklus pertama menjadi 84,40 pada siklus kedua; (2) Nilai rata-rata kompetensi belajar siswa aspek psikomotor meningkat dari 82,35 pada siklus pertama menjadi 87,06 pada siklus kedua; (3) Nilai rata-rata kompetensi belajar siswa aspek afektif meningkat dari 79,69 pada siklus pertama menjadi 86,80 pada siklus kedua. Hambatan selama penerapan model pembelajaran TAI berbantu modul adalah: (1) Kurangnya perhatian siswa terhadap kelompok yang sedang mempresentasikan hasil diskusinya disebabkan karena hasil diskusinya hanya dibaca saja; (2) Siswa yang tidak memperhatikan ketika guru sedang mengajar, cenderung pasif dalam diskusi; (3) Masih ada siswa siswa yang mengeluh masalah pembagian kelompok, karena ada siswa yang kurang aktif dalam kelompoknya. Pendukung penerapan model pembelajaran TAI berbantu modul yaitu: (1) Dengan adanya modul siswa dapat lebih giat belajar, baik belajar sendiri di rumah, maupun di sekolah; (2) Penjelasan hasil diskusi yang dipresentasikan pada siklus kedua menggunakan alat britecam visualizer, sehingga siswa lain dapat melihat secara langsung hasil diskusi kelompok yang sedang presentasi.Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TAI, kompetensi belajar, akuntansi, modul ABSTRACT The objectives of this research are to investigate whether the cooperative learning model of the TAI type can improve the learning competency in Accounting of the students in Grade XI of Accounting of State Vocational High School 3 of Sukoharjo in Academic Year 2014/ and 2015 and the inhibiting and supporting factors to the application of the cooperative learning model of the model of the module media-assisted TAI.This research used the classroom action research with two cycles. The subjects of research were the students as many as 34 in Grade XI of Accounting B of the aforementioned school. The data sources of research the Accounting subject matter teacher and students. The data of research were collected through observation sheet, test, in-depth interview, and documentation. They were validated by using the construct validity. Method analyzed by using the descriptive comparative method, descriptive quantitative method, and descriptive qualitative techniques.The cooperative learning model of the TAI type assisted with the module media can improve the learning competency in Accounting of the students in Grade XI of Accounting B of State Vocational High School 3 of Sukoharjo in Academic Year 2014/ 2015. It is supported by the the following facts: (1) the students’ average score in the cognitive domain increases from 78.32 in Cycle I to 84.40 in Cycle II; (2) the students’ average score in the psychomotor domain increases from 82.35 in Cycle I to 87.06 in Cycle II; and (3) the students’ average score in the affective domain increases from 79.69 in Cycle I to 86.80 in Cycle II. The constraints to the application of the aforementioned cooperative learning model are as follows: (1) Most students have less attention to the groups presenting the result of their discussion because it is only read; (2) the students who do not pay attention to the teacher when he or she is teaching tend to be passive in the ducssions; and (3) there are still some students who complain about the group division as there students who are less active in their groups. The supporting factors to the application of the aforementioned learning model include the following: (1) With the module media existence, the students can more dilligently study either at school or at home; and (2) the explanation of the result of discussion presented in Cycle II uses the britecam visualizer device so that the other students can directly view the result of the group discussion being presented.Keywords: The cooperative learning of the TAI type, learning competency, Accounting, Module 

Copyrights © 2015