Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA DI KELAS IV SD INPRES 1 TANAMODINDI

Pagalu, Selfin Ostarina (Unknown)
Barasandji, Saharudin (Unknown)
Harisah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu peneliti  mengumpulkan data dengan cara langsung pada situasi tempat penelitian melalui observasi/pangamatan dan wawancara dengan orang yang telah ditetapkan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa, angket minat siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan peneliti selama pembelajaran berlangsung yaitu: (1) meningkatkan pemahaman siswa setelah penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita, (2) menimbulkan minat siswa belajar bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan hasil angket yang dibagikan kepada masing-masing siswa setelah pembelajaran, (3) kemampuan siswa bercerita nampak saat guru menyuruh siswa menampilkan hasil ceritanya di depan guru dan teman-temannya. Kata kunci:  Media Gambar Seri, Pembelajaran Bercerita

Copyrights © 2018