Abdimas
Vol 17, No 1 (2013)

PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BAGI GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Zukhaira, Zukhaira ( Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang )
A.Hasyim, M. Yusuf. ( Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang )



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pentingnya perencanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis pendidikan karakter dan budaya, mendeskripsikan tentang langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran (Silabus dan RPP) berbasis pendidikan karakter dan budaya, dan untuk mengembangkan kemampuan guru-guru Bahasa Arab dalam menyusun perencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan budaya serta dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah masing-masing. Alternatif pemecahan masalah yang telah diterapkan dalam pengabdian ini adalah mengadakan pendidikan dan latihan (diklat). Simpulan dari kegiatan ini adalah: (1) Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi khalayak sasaran dalam hal ini guru-guru bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah se-kota Semarang, (2) Guru-guru bahasa Arab MI se-kota Semarang memperoleh peningkatan pemahaman tentang pentingnya perencanaan pembelajaran dan penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik dengan penyusunan silabus dan RPP yang benar, dan (3) Para guru mendapatkan pengalaman menyusun silabus dan RPP, dan penerapan kegiatannya di dalam kelas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang sebagai wahana komunikasi penerapan ilmu pengetahuan teknologi, olahraga, budaya dan seni dalam memberdayakan ...