Chemistry in Education
Vol 2 No 2 (2013): Terbit Bulan Oktober 2013

PENGGUNAAN PETA KONSEP DAN DIAGRAM VEE UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD CHEMISTRY

Saddam, Danar (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)
Siadi, Kusoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas peta konsep dan diagram vee terhadap kenaikan attitude toward chemistry siswa. Peningkatan attitude toward chemistry selanjutnya dianalisis hubunganya dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Hasil analisis menyatakan adanya peningkatan attitude toward chemistry dengan besaran harga n-gain adalah 0,43. Hubungan antara peningkatan attitude toward chemistry terhadap hasil belajar menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,853. Hubungan antara peningkatan attitude toward chemistry terhadap kualitas peta konsep menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,680. Hubungan antara peningkatan attitude toward chemistry terhadap kualitas diagram vee menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,715. Penggunaan peta konsep dan diagram vee pada kelas eksperimen dengan batas KKM 71 dapat memenuhi ketuntasan klasikal 75%, dengan persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya hubungan antara peta konsep, diagram vee, dan hasil belajar siswa terhadap attitude toward chemistry.

Copyrights © 2013