Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2017)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Ranti, Mayang Gadih ( Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin )
Budiarti, Indah ( Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin )
Trisna, Benny Nawa ( Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin )



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Berbagai faktor mempengaruhi hasil pencapaian suatu proses pembelajaran, baik secara internal maupun secara eksternal. Pentingnya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran menjadi modal penting dalam menentukan langkah-langkah dan strategi yang diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemandirian dalam belajar berarti siswa memiliki kesadaran sendiri untuk belajar, mampu menentukan sendiri langkah-langkah yang harus diambil dalam belajar, mampu memperoleh sumber belajar sendiri, dan melakukan kegiatan evaluasi diri serta refleksi atas kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar semester genap tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji linearitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Education

Description

Math Didactic adalah jurnal pendidikan matematika yang memuat hasil penelitian, kajian, dan pemikiran pada bidang pendidikan matematika. Diterbitkan tiga kali setahun, periode Januari-April, Mei-Agustus, dan September-Desember oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru ...