Jurnal Mosharafa
Vol 6, No 2 (2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA MENGGUNAKAN CRI PADA MATA KULIAH KALKULUS II

Mujib, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Abstrak Miskonsepsi merupakan masalah yang selalu muncul dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah kalkulus II. CRI (Certainty of Response Index) digunakan untuk mengidentifikasi mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, tidak paham konsep, dan sama sekali tidak tahu konsep. Penelitian ini melibatkan 20 responden yang sedang mengambil matakuliah kalkulus II. Instrument yang digunakan adalah tes diasnogtik dalam bentuk essay. Selain menjawab soal, mahasiswa juga diminta untuk menuliskan tingkat keyakinan kebenaran dari jawaban mereka. Selain itu, wawancara terstruktur juga digunakan untuk mengvalidasi tingkat keyakinan mahasiswa dan penyebab terjadinya miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRI dapat dengan mudah membedakan siswa yang memahami konsep dengan baik dengan mahasiswa yang mengalami kesalahan. Berdasarkan analisis kesalahan mahasiswa diperoleh 46% mahasiswa mengalami miskonsepsi, 53,4% mahasiswa tidak mengetahui konsep dan 0,6% mahasiswa yang sama sekali tidak tahu konsep (lucky guess). Kata Kunci: Miskonsepsi, CRI (Certainty of Response Index), Kalkulus II. Abstract Misconception is an issue that always arises in teaching and learning activities. Therefore, this study aims to identify the misconception of students who are taking calculus II courses. CRI (Certainty of Response Index) is used to identify students with misconceptions, not understanding concepts, and not knowing concepts at all. This study involved 20 respondents who are taking calculus II courses. Instrument used is diagnogtic test in essay form. In addition to answering questions, students are also asked to write down the level of confidence in their answers. In addition, structured interviews are also used to validate student confidence and the causes of misconceptions. The results show that CRI can easily distinguish students who understand the concept well with students who experience errors. Based on the student error analysis, 46% of students have misconception, 53,4% of students do not know concept and 0,6% of students do not know concept (lucky guess). Keyword: Misconceptions, CRI (Certainty of Response Index), Calculus II.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mosharafa (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan hasil penelitian dan kajian analitis kritis dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Berkaitan dengan hasil-hasil penelitian pendidikan matematika di setiap level, berupa desain pembelajaran, ...