Jurnal Penelitian Sains
Vol 12, No 3 (2009)

Konstruksi Single Disruptant Penggantian Gen Target dari Ragi Saccharomyces cerevisiae dengan Metode Polymerase Chain Reaction (PCR)

Hermansyah, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2009

Abstract

Konstruksi suatu single disruptant merupakan langkah penting dalam mempelajari fungsi suatu gen dari S. cerevisiae. Dalam studi ini kami mengkonstruksi transforman dengan menghilangkan gen PPG1 pengkode protein fosfatase non essential untuk pertumbuhan, tapi terlibat dalam pengendalian akumulasi glikogen dan diduga berperan dalam proses meiosis pada pertumbuhan sel. Konstruksi ppg1_::CgHIS3 single disruptant ini menggunakan metode penggantian gen target (PPG1) dengan suatu marker auksotrop Candida albicans HIS3 yang diamplifikasi menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau disebut PCR mediated disruption. Transforman yang tumbuh di media selektif tanpa histidin dilakukan konfirmasi dengan menggunakan amplifikasi PCR. Hasil elektroforesis gel agarosa 1% menunjukkan bahwa transforman ppg1_::CgHIS3 memiliki pita berukuran 3,3 kb, sedangkan wild type strain memiliki pita berukuran 2,6 kb jika diamplifikasi menggunakan forward primer dan reverse primer yang masing-masing terletak −1000 hingga −979 downstream dan +480 hingga +500 upstream dari urutan PPG1.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari ...