Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 1, No 1 (2017)

ANALISIS PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA : PENGUJIAN MENGGUNAKAN GARCH ( GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSKEDASTICITY)

Cahyaningdyah, Dwi (Unknown)
Faidah, Faridhatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Subjek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh. Ditemukan jumlah observasi sebanyak 1.697 observasi data harian harga saham penutupan selama tahun 2007-2015. Analisis data yang digunakan adalah analisis GARCH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2015 dimana ditemukan return saham yang negatif pada hari Senin (Monday Effect) dan return terbesar yang terjadi pada hari Jumat (Weekend effect). Sementara itu, fenomena week four effect tidak ditemukan pada penelitian ini karena Monday effect tidak hanya digerakkan oleh return negatif yang terjadi pada Senin minggu keempat dan kelima saja namun juga digerakkan oleh return negatif pada Senin minggu kedua dan ketiga. Pada penelitian ini, fenomena bad Friday juga tidak ditemukan karena tidak hanya return negatif hari Jumat saja yang mempengaruhi return negatif hari Senin (Monday Effect) tetapi juga dipengaruhi oleh return positif pada hari umat minggu sebelumnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Dr Soetomo Surabaya bekerjasama dengan Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) Cabang Surabaya. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan, dan menyalurkan minat berbagi serta ...