IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Vol 2, No 2 (2017): IJCIT - November 2017

Kajian Kepuasan Pengguna Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online

Farlina, Yusti (Unknown)
Hudin, Jamal Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

AbstrakPenerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan suatu instansi pendidikan yaitu sekolah dimana melakukan penerimaan peserta didik baru guna menyaring calon peserta didik baru yang akan mendaftarkan ke sekolah yang dituju. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan sistem informasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Sukabumi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian dilakukan dengan mengadopsi model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean dengan menguji empat variabel yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh 270 responden. Metode pengolahan data menggunakan model persamaan struktural atau Structure Equation Modelling (SEM) dengan bantuan AMOS (Analisys of Moment Structure) versi 22 sebagai pendukung. Hasil penelitian didapat bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pengguna. Sehingga H1 yang diajukan ditolak dalam penelitian ini.Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, Structural Equation Modeling (SEM), AMOS (Analisys of Moment Structure). AbstractAcceptance of new students is an activity of an educational institution in which the school is accepting new students to screen potential new students who will enroll to the school in question. Issues raised in this study is whether the use of information systems acceptance of new students (PPDB) online at Vocational High School (SMK) Sukabumi take place effectively. The study was conducted by adopting a model of success DeLone and McLean information systems by testing four variables: information quality, system quality, service quality and user satisfaction. The samples in this study using questionnaires completed by 270 respondents. Methods of processing the data using structural equation model or Structure Equation Modeling (SEM) with the help of AMOS (Analisys of Moment Structure) version 22 as a support. The result is that there is no significant influence of information quality, system quality, and quality of service to user satisfaction. So H1 was rejected in this study.Keywords: User Satisfaction, Revenue Students New (PPDB) Online, Structural Equation Modeling (SEM), AMOS (Analisys of Moment Structure).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijcit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

IJCIT merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang sistem informasi, database, jaringan komputer, ilmu komputer serta disiplin ilmu lainnya yang berhubungan dengan ilmu komputer. jurnal ini pertama publikasi pada Mei 2016 dengan no P-ISSN 2527 - 449X dan E-ISSN 2549-7421 dari ...