Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Vol 3, No 2 (2015): Oktober 2015

PENGEMBANGAN MODUL STEM TERINTEGRASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

Adlim, Adlim (Unknown)
Saminan, Saminan (Unknown)
Ariestia, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pakar, guru dan siswa terhadap modul pembelajaran Science, Technology, Engineering And Math (STEM) yang  terintegrasi dengan kewirausahaan, menguji efektivitas modul  ditinjau dari peningkatan keterampilan proses sains siswa serta untuk mengetahui sikap kewirausahaan siswa saat melakukan kegiatan komersialisasi produk STEM. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D) dengan model pengembangan Analyse, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE). Pemilihan sampel menggunakan cara stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian pakar, angket tanggapan guru dan siswa, tes keterampilan proses sains serta lembar observasi kegiatan kewirausahaan.  Hasil olahan data  tanggapan pakar, guru dan siswa terhadap modul STEM terintegrasi kewirausahaan masing-masing adalah 3,67 ( sangat baik), 94,45% (sangat baik) dan 83,84% (baik). Hasil olahan data tes keterampilan proses sains α (0,05) kelas X diperoleh nilai thitung= 4,75 ttabel = 1,69, maka Ha diterima. Kelas XI diperoleh thitung= 5,04 ttabel = 1,69, maka Ha diterima dan dinyatakan signifikan untuk kedua tingkatan kelas tersebut. Hasil olahan data sikap kewirausahaan siswa saat melakukan kegiatan komersialisasi produk STEM kelas X dan XI masing-masing adalah 3,6 (sangat baik) dan 3,3(sangat baik).  Modul STEM terintegrasi kewirausahaan yang dikembangkan valid, efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) abbreviated JPSI was published at 2013 by the Pendidikan IPA Studies Program, Postgraduate of Syiah Kuala University. At 2016, the JPSI was published collaborate between Pendidikan IPA Studies Program, Postgraduate of ...