The International Journal of Technical and Vocational Education
Vol 9, No 1 (2013)

RANCANG BANGUN MODEL PORTFOLIO BASED ASSESSMENT PADA KOMPETENSI KEJURUAN DI SMK

Abas, Tati (Unknown)
Jubaedah, Yoyoh (Unknown)
Widiaty, Isma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pengembangan model Portfolio Based Assessment pada kompetensi kejuruan di SMK yang mengacu pada Standar Kompetensi Nasional. Studi pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan research and development. Tahapan yang dilakukan: (1) Analisis kompetensi kerja berdasarkan tuntutan dunia kerja (stakeholders). (2) Identifikasi karakteristik Portfolio Based Assessment sesuai Standar Kompetensi Nasional. (3) Pengembangan instrumen penilaian berbasis portofolio yang mengacu pada Standar Kompetensi Nasional. (4) Pengembangan kriteria penilaian berbasis portofolio yang mengacu pada Standar Kompetensi Nasional, (5) Merancang desain model Portfolio Based Assessment pada Kompetensi Kejuruan di SMK. Sesuai dengan tahapan penelitian tersebut, menghasilkan luaran sebagai berikut : (a) Model Portfolio Based Assessment pada Kompetensi Kejuruan di SMK. (b) Instrumen Portfolio Based Assessment pada kompetensi kejuruan di SMK.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

invotec

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering

Description

INVOTEC (ISSN: e.2451-1336 p.11411-5514)is an internationally peer-reviewed journal devoted to the study and innovations in vocational technology education. Areas of interests include policies, philosophy, management, learning process, learning media and materials, teaching models and methods, and ...