JIPMat
Vol 2, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN ANGKET KEYAKINAN TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Muhtarom, Muhtarom (Unknown)
Juniati, Dwi (Unknown)
Siswono, Tatag Yuli Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2017

Abstract

Keyakinan (belief) terhadap matematika mempengaruhi bagaimana seseorang “menyambut” matematika. Keyakinan juga mempengaruhi prestasi belajar. Guru memegang peran penting dalam membangun keyakinan siswa terhadap matematika. Oleh karena itu perlu dikembangkan instrumen untuk mengukur keyakinan guru atau mahasiswa calon guru. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan angket menggunakan design research tipe development study. Tahap yang dilakukan yang terdiri dari tiga fase, yaitu: investigasi awal, fase prototype, dan fase assesmen Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan instrumen angket yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan reliabel berdasakan hasil analisis kuantitatif. Hasil analisis kualitatif juga menunjukkan terdapat tiga jenis keyakinan dalam pemecahan masalah dan pembelajaran yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru matematika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...