KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA
Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)

IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA MATARAM KELAS XI-A MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2017

Isnaini, Muhammad (Unknown)
Ramlah, Ramlah (Unknown)
Erwinta, Evi Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Telah dilakukan identifikasi untuk mengetahui aspek keterampilan proses sains apa saja yang dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram Kelas XI-A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes KPS pilihan ganda dan angket respon. Tes KPS dilakukan sebanyak dua kali untuk melihat konsistensi aspek KPS yang dimiliki siswa. Instrumen KPS yang digunakan telah kembangkan dan diuji cobakan. Berdasarkan data penelitian diperoleh aspek KPS yang dominan dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram kelas XI-A adalah Observasi 65%, Klasifikasi 75%, Interpretasi 65%, Prediksi 52%, Komunikasi 82%, Hipotesis 69%, Merencanakan Penelitian 82%, dan Aplikasi konsep 68%. Tanggapaan guru terhadap Instrumen Assessment Keterampilan Proses Sains sangat baik dengan tingkat kesesuaian isi sebesar 90% mendapatkan kategori sangat tinggi, aspek konstruksi 80% mendapatkan kategori sangat tinggi, dan aspek keterbacaan 80% mendapatkan kategori sangat tinggi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

konstan

Publisher

Subject

Physics

Description

KONSTAN artinya tetap atau tidak ada perubahan. Tetap atau tidak adanya perubahan dalam hal ini bukan berarti tidak adanya kemajuan. Akan tetapi, jurnal selalu diharapkan tetap dapat kita terbitkan sesuai waktu yang direncanakan. Artinya, tetap dapat diterbitkan 2 kali setahun dalam bentuk cetakan ...