JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas)
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Desember

Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar

Ariantoro, Tri Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2018

Abstract

Game online sendiri merupakan wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online sendiri mempunyai beberapa daya tarik yang membuat remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan waktu di depan computer dari pada buku, sehingga menyebabkan aktivitas sekolahnya terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan mendiskripsikan faktor-faktor penyebab remaja lebih suka game online, serta mengidentifikasi pengaruh game online terhadap prestasi remaja dan mendiskripsikan cara mengatasi kecanduan game online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, pemilihan informan, orang-orang di ambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan latar dan tujuan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian tersebut adalah pemain game online, orang tua informan, dan juga pemilik game online tersebut. Dari hasil penelitian yang ditemukan faktor-faktor penyebab game online lebih disukai adalah game online lebih menarik daripada pelajaran disekolah, pengaruhnya bagi prestasi remaja tersebut yaitu menurunnya prestasi belajar remaja, dan cara mengatasi kecanduan game online yaitu didikan orang tua sangat diperlukan terutama dalam masalah belajar, remaja lebih ditekankan untuk belajar dari pada bermain game online, pemberian motivasi belajar bagi remaja.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jutim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Other

Description

Jurnal Teknik Informatika Musirawas merupakan Jurnal ilmiah yang meliputi kompetensi Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Information Retrieval, Intelligent System, Distributed Computing System, Mobile ...