Salah satu upaya yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) merupakan salah satu tipe kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi peserta didik untuk saling memotivasi dalam menguasai materi pelajaran, pada proses pembelajaran, belajar kooperatif tipe STAD. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik Kelas III dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media audiovisual. Untuk mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media audio visual. Kemudian didapatkan hasil adanya peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan metode integratif dengan media audio visual pada peserta didik Kelas III SDN Tumbang Tuan 1 tahun pelajaran 2015/2016. Ketuntasan belajar klasikal peserta didik pra tindakan yaitu 17% dengan nilai rata-rata 49, siklus I yaitu 58% dengan nilai rata-rata 62,3 dan siklus II, ketuntasan belajar klasikal adalah 100% dengan nilai rata-rata 77.
Copyrights © 2018