THABIEA (JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING)
Vol 1, No 1 (2018): THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING

Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang

Haqiqi, Arghob Khofya (Unknown)
Sa’adah, Latifatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan jenis jenis kesulitan belajar fisika pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Semarang. Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII di Kota Semarang yang ditentukan secara cluster sampling menurut peringkat sekolah dilihat dari hasil nilai ujian nasional. Analisis data dilakukan secara deskriptif, data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa pada materi cahaya kelas VIII.Hasil dari analisis hasil belajar siswa tersebut didapatkan kesulitan belajar fisika siswa SMP di Kota Semarang secara umum meliputi indikator kesulitan belajar berhitung 41,48 %, kesulitan pemahaman konsep 42,3 % serta kesulitan mengartikan lambang dan mengkoversi satuan 37,89 %.Adanya deskripsi kesulitan belajar ini dapat dijadikan acuan oleh penulis lain untuk dapat mengurangi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dengan penerapan model dan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Thabiea

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

Thabiea : Journal of Natural Science Teaching is a natural science education journal published by program studi Tadris IPA, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Thabiea is published twice a year as scientific communication means of academic people in the study of natural science education. ...