Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil

Pengaruh Kinerja Mengajar Dosen Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNJ

Listyaningrum, Devita (Unknown)
Handoyo, Santoso Sri (Unknown)
Murtinugraha, R. Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kinerja dosen dengan kepuasan belajar mahasiswa terhadap program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilakukan di Program Studi Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil FT UNJ pada bulan April-Mei 2016. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 232 orang dan sampel ditentukan dengan metode simple random sampling yang dihasilkan 90 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data tentang kinerja dosen pengajar dan kepuasan mahasiswa PTB UNJ FT. Pengolahan data valid dan dapat diandalkan. Nilai reliabilitas sangat tinggi dengan nilai r11 = 0,97 pada kuesioner kinerja dosen pengajar dan r11 = 0,91 pada angket kepuasan belajar mahasiswa dengan pertanyaan sebanyak 30 item. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kinerja dosen pengajar terhadap kepuasan belajar mahasiswa yang didapat dari t hitung 6.955 lebih besar dari t tabel adalah 4,463 dan nilai siginifikasi adalah 0,00 yang berarti nilainya kurang dari 0,05 kemudian menyatakan variabel independen mempengaruhi variabel dependen yang berarti bahwa kinerja dosen mempengaruhi kepuasan belajar mahasiswa. Kinerja dosen pengajar bukan merupakan faktor mutlak yang mempengaruhi kepuasan belajar mahasiswa untuk tingkat keberhasilan mahasiswa tetapi dilihat juga dari mahasiswa dalam melaksanakan kewajiban belajar sebagai mahasiswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpensil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Pensil ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Vokasional Teknik Sipil. Kehadiran Jurnal Pensil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik sipil. Cakupan Jurnal Pensil meliputi hasil ...