Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil

Faktor-Faktor Peyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik

Rizki, Muhammad (Unknown)
Murtinugraha, R. Eka (Unknown)
Saleh, Rosmawita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran Teknik Gambar yang dialami oleh siswa kelas X Jurusan Teknik Arsitektur SMK Negeri 1 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016.Populasi adalah siswa kelas X Teknik Arsitektur untuk 58 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan empat alternatif jawaban kemudian dianalisis dengan metode analisis faktor menggunakan perangkat lunak Excel 2010. Uji analisis dilakukan terhadap reliabilitas instrumen dan validitas, di mana hasil tes adalah 26 item dari 30 item. dinyatakan valid dengan hasil reliabilitas r11 = 0,899.Persentase hasil yang diperoleh oleh masing-masing faktor yang menjelaskan keseluruhan studi tentang faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar untuk faktor fisiologis siswa mendapat kategori rendah dengan 16%, sedangkan faktor psikologis berada pada kategori cukup sangat rendah dengan nilai 13% dan faktor lingkungan memiliki nilai 71%, terdiri dari 18% dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah 27% dan 26% dari masyarakat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpensil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Pensil ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Vokasional Teknik Sipil. Kehadiran Jurnal Pensil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik sipil. Cakupan Jurnal Pensil meliputi hasil ...