Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLAMBING DI PROGRAM STUDI S1 PVKB UNJ

Dewi, Nanda (Unknown)
Murtinugraha, R. Eka (Unknown)
Arthur, Riyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah Teori dan Praktik Plambing dengan berbantuan perangkat lunak Adobe Flash CS6. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data uji validasi dari ahli media, ahli materi dan penilaian mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Teori dan Praktik Plambing. Hasil validasi media pembelajaran mendapatkan persentase kelayakan sebesar 72,92% dan yang berada pada kategori “Layak”, dari hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 86,90% yang berada pada kategori “Sangat Layak” dan hasil penilaian mahasiswa mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82,07% yang berada pada kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran Teori dan Praktik Plambing di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpensil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Pensil ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Vokasional Teknik Sipil. Kehadiran Jurnal Pensil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik sipil. Cakupan Jurnal Pensil meliputi hasil ...