Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Vol 12 No 01 (2015): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab

(تعليم اللغة العربية لغير ناطقين بها (البحث النظري في تعليم القواعد)

??????, ???? (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Abstrak Penelitian tentang metodologi pembelajaran nahwu merupakan terobosan mencari model pembelajaran tata bahasa Arab yang aplikatif dan inovatif dan integratif, karenanya perlu terus dikembangkan sampai tercapai prototipe yang sesuai dengan tuntutan model pembelajaran yang efektif. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metodologi pembelajaran nahwu selama ini. Secara khusus adalah untuk mengetahui model meode  pembelajaran qawaâ??id yang terbarukan. Untuk tujuan itu, data dikumpulkan dengan dokumentasi kepustakaan. Data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran nahwu telah mengalami empat model pembelajaran, yaitu 1) Metode Qiyas, 2) metode Istiqroâ??, 3) metode Muâ??addalah, dan 4) Metode Muqtaroha.. Secara umum, semua metode mempunyai kesamaan pendekatan yaitu pendekatan qawaâ??id tarjamah yang kemudian disebut dengan metode qawaâ??id tarjamah.. Kata kunci  : metode, pembelajaran, tata bahasa Arab, Qiyas, Istiqroâ??, Muâ??addalah, dan Muqtaroha

Copyrights © 2015