Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab
Vol 14 No 02 (2017): Al-Ma'rifah : Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Arab

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR

Khambali, Khambali (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar qiro’ah mahasiswa semester II tahun akademik 2016/2017. Prodi. Pendidikan Agama Islam, STAI Indonesia Jakarta.   Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0,05 dan 0,01. Data dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu tes membaca bahasa Arab dan angket gaya berpikir.   Temuan penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar qiro’ah pada penerapan pembelajaran koopeartif MM lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif NHT, peserta didik dengan gaya berpikir divergen  lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan gaya berpikir konvergen, dan terjadi interkasi antara metode metode pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar qiro’ah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jba

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences

Description

Almakrifah: Indonesian Journal of Education of Arabic Study Program, culture, language and Arabic linguistic published two times a year since 2003, goes online by OJS UNJ since 2017, is a multilingual (Bahasa, English, and Arabic), peer-reviewed, and specializes in Arabic Education studies. The aim ...