cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 261 Documents
The Classroom Interaction Patterns among Lecturer and Students of Pronunciation Class in English Department Shellayukti, Yeyisha
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v5i3.506

Abstract

This study was aimed to investigate classroom interaction with regard to the patterns of classroom interaction, speech functions and code-mixing and code switching among the lecturer and students in Pronunciation class of UNNES as well as the implications. The data were collected from the classroom observation and the recording of teaching and learning process. The method carried out in this study were using Walsh (2012) about Classroom Interaction Analysis, Eggins and Slade (1997) about Speech Functions and code-mixing and code-switching (Hymes, 1974). The descriptive qualitative approach was used to carry out this study. The result of the study showed the patterns of interaction among lecturer and students in pronunciation class of English Department in UNNES was quite dynamic, since the patterns of classroom interaction shift during the learning process from IRF and IRE vice versa. Since, the materials are mostly about pronouncing the words, the students never asked to work in a group to do a discussion. The speech functions also showed variety of moves carried out by the lecturer and students. The speech functions carried out by the lecturer are always followed by the students. Hence, the moves almost have the same portions among lecturer and students. It indicated that the process of exchange between lecturer and students was well maintained. Meanwhile, the lecturer used so many code-switching and code-mixing in the teaching and learning process which represents the efforts to abridge the students’ understanding in mastering the materials.
Deiksis pada Wacana Sastra Cerpen Bermuatan Kearifan Lokal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Sadiyah, Lailiyatus
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v4i4.402

Abstract

Penelitian ini meneliti penggunaan deiksis pada cerpen tulisan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Indonesia semester tiga tahun akademik 2018/2019 yang selama ini belum pernah diketahui bentuk, jenis, dan makna bentuknya. Selain itu, didasarkan pada pentingnya fungsi-fungsi deiksis yang dimilikinya dalam penggunaan bahasa. Data penelitian ini berupa kata atau konstruksi sintaksis (frase atau lebih dari frase) yang menandai adanya tindak pengacuan terhadap sesuatu dengan unsur bahasa tertentu (deictic expression) yang memiliki fungsi penting diantaranya memunculkan acuan yang dimaksud oleh penutur ke dalam tuturannya. Mengkhususkan acuan tertentu dari sejumlah kemungkinan acuan, penggunaan deiksis serta perwujudan ekspresi deiksis dalam setip jenis yang dimunculkan.
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BACA DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI Kameswari, Dita
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v4i2.283

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Baca dan Kecerdasan Naturalis terhadap Prestasi Belajar Biologi. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi dan model analisis regresi linier berganda. Hasil analisa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,957 dan koefisien determinasi sebesar 91,5 %, serta Hasil analisis data menggunakan persamaan regresi parsial diperoleh  = -27,586 + 0,181 X1 + 0,100 X2 + 0,346. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar, minat baca dan kecerdasan naturalis terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 165,132. 2) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,672. 3) terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig. = 0,001 <  0,05 dan thitung = 3,418 dan. 4) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig. = 0,000 <  0,05 dan thitung = 3,952. Dengan demikian prestasi belajar biologi dapat ditingkatkan melalui kemandirian belajar, minat baca dan kecerdasan naturalis. 
PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI Novelyya, Siska
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v4i2.291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakter rasa ingin tahu siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Statistik, yaitu menggunakan lembar angket berisi indikator-indikator. Populasi penelitian meliputi kelas VII, VIII, dan IX SMPN 08 Muaro Jambi, dengan jumlah keseluruhan  497 siswa. Sampel untuk penelitian menggunakan kelas VIII A dan VIII B, dengan jumlah keseluruhan 58 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dengan membagikan lembar angket berisi indikator kepada tiap siswa, yang disertai tanggapan-tanggapan yang harus dipilih siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, sikap rasa ingin tahu siswa terhadap mata pelajaran IPA Fisika memiliki pengaruh terhadap baik tidaknya hasil belajar siswa tersebut, namun hal tersebut tidak serta merta menentukan hasil belajar mereka. Supaya sikap rasa ingin tahu siswa lebih tinggi dan mendalam terhadap mata pelajaran IPA Fisika, maka pendidik tentunya dapat melakukan sebuah metode pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa. Sehingga siswa akan lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran yang disampaikan pendidik saat proses pembelajaran berlangsung.
Upaya Wali Asuh pada Peserta Asuh Mengatasi Bullying di Pesantren Nurul Jadid Perspektif Komunikasi Persuasif Farhan, Farhan; Aziah, Aziah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.848 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i1.265

Abstract

Pembentukan kewaliasuhan sebagai wakil orang tua bagi peserta didik di kalangan pesantren memiliki peran cukup signifikan dan relevan, utamanya dalam mengatasi problematika bullying santri. Sedangkan penerapan komunikasi persuasif sebagai upaya wali asuh merupakan strategi komunikasi efektif dan efisien menghadapi anak asuh generasi zaman now. Bagaimana upaya wali asuh pada peserta asuh mengatasi bullying di pesantren Nurul Jadid paiton Probolinggo?. Melalui Penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan pengumpulan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya mengatasi bullying santri, wali asuh merealisasikan komunikasi persuasif pada anak asuh secara efektif dan dinamis, melalui beberapa program kegiatan, meliputi; 1) Kordinasi dan sharing  rutin mingguan, 2) One on one tatap muka antara anak asuh dengan wali asuh, 3) Tausiyah pengasuh sebagai penguatan spiritualitas dan 4) Adanya reward dan punisment.
Strategi Penanganan Aspek Non Teknis Dalam Infrastruktur Saluran Air Baku Klambu-Kudu Rahadeyani, Dewi Ratih; Kodoatie, Robert Johanes; Atmodjo, Pranoto Samto
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/briliant.v5i3.482

Abstract

Untuk memenuhi pasokan air di Kota Semarang dibuat Saluran Air Baku (SAB) Klambu -Kudu. Saluran ini yang membentang dari Bendung Klambu (Kabupaten Grobogan) sampai Water Treatment Plant (WTP) Kudu (Kota Semarang) sepanjang 40,55km. Tujuan penelitian ini meliputi: melakukan kajian kondisi infrastruktur sumber air; kajian sosial ekonomi masyarakat; kajian hubungan/perilaku masyarakat terhadap infrastruktur sistem transmisi air baku. Metode yang digunakan adalah SWOT dan  AHP. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pada daerah timbunan, penanganannya adalah mengadakan dan merancang kerjasama masyarakat dan pemerintah untuk menjaga dan merawat SAB Klambu – Kudu; pada daerah galian adalah perawatan rutin SAB Klambu–Kudu dengan bekerjasama dengan masyarakat. 
Efektivitas Direct Promotion Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas-Negeri- Putra-Sang-Fajar-Blitar) Wardani, Shanti Ike; Latifah, Nunuk; Rachmawati, Ika
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.8 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas direct promotion terhadap brand image di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKB) dengan sampel 100 orang siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar secara acak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis regresi linear, persamaan koefisien regresi adalah Y = 2,850 + 0,889X. Uji hipotesis menunjukkan nilai t 19,467 ˃ 1,66298 dan signifikasi 0,000 ˂ 0,05, yang berarti secara parsial variabel direct promotion berpengaruh signifikan terhadap brand image di kampus AKB. Melalui direct promotion akan lebih efektif dalam memberikan informasi tentang penyelenggaraan pendidikan di AKB, sehingga akan mudah diketahui oleh masyarakat umum khususnya para siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar.
Kedudukan Peraturan Kepala Daerah dalam Kemitraan Antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Supriarno, Supriarno; Hadi, Saptono
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.776 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.346

Abstract

Maksud dari Penelitian ini merupakan sebuah bentuk untuk menganalisa, menemukan dan mengkaji kedudukan Peraturan Kepala Daerah dalam kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD. DPRD dalam menjalankan fungsinya merumuskan kebijakan daerah baik secara langsung maupun melalui perwakilan. Salah satunya dalam memberikan pertimbangan terhadap Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Hal ini dapat mendorong karakter produk hukum daerah khususnya Perkada oleh pemerintah daerah menjadi lebih responsif dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam rangka untuk mewujudkan kebijakan daerah yang partisipasif. Tidaklah berlebihan jika seyogyanya bahwa substansi Perkada dapat di berikan pertimbangan oleh DPRD sebagaimana hubungan kemitraan yang sejajar antar kedua lembaga daerah tersebut demi mewujudkan sinergi kemitraan antara pemerintah daerah dan DPRD. Kajian  dalam menganalisis data yang di pakai dalam penelilian ini ialah teknik kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian DPRD sebagai mitra pemerintahan daerah selama ini tidak ada dasar hukum untuk ikut terlibat di dalam proses pembentukan Perkada, sedangkan dari Pemerintah daerah proses pembentukan Perkada merupakan kewenagan dari eksekutif. Sebagai unsur dalam menjalankan Pemerintahan daerah, Pemerintah Daerah dalam perumusan Perkada secara etika hanya pemberitahuaan kepada DPRD diluar agenda resmi pemerintahan.
Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrokarbon Melalui Model Pembelajaran Deduktif Siswa Kelas XI IPA Yuliastuti, Yuliastuti
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.679 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.445

Abstract

Siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 4 Kota Blitar pada ulangan blok 1 hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 52,33% siswa. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreatifitas siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Blitar setelah menggunakan model pembelajaran deduktif. Model pembelajaran deduktif merupakan model pembelajaran yang mengajarkan mata pelajaran berupa konsep atau penggeneralisasian yang cara penyajian pelajaran ini diawali dengan proses berfikir yang bertolak dari pernyataan bersifat umum dan lebih bersifat terbuka sehingga memberikan kesempatan lebih banyak pada siswa untuk menemukan gagasan baru hasil pemprosesan informasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus meliputi menyatakan abstraksi, ilustrasi contoh yang dibuat siswa, dan penutup. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes akhir siklus dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 2,46 pada siklus II adalah 2,78 dan pada siklus III adalah 3,17, sehingga dalam prestasi ketuntasan belajar pada siklus I adalah 75,55%, siklus II naik menjadi 76,66% dan pada siklus III naik menjadi 82,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran deduktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah dianjurkan untuk model pembelajaran deduktif perlu diterapkan sebagai salah satu alternatif kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan yang sesuai dengan indikator hasil belajar.
Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama Ula, Dany Miftahul; Lestari, Irvan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.165 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v5i1.375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan fakta di sekolah terkait dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan sistem zonasi terutama pelaksanaan di tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purpossive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan deep interview kepada 20 objek penelitian terpilih. Hasil temuan penelitian ini meliputi dampak positif dan negatif dari implementasi sistem zonasi 2019, yang pertama dampak positif yang dirasakan oleh Sekolah dan Guru sebanyak 21 % saja, dan sisanya  79 % merasakan dampak negatif. Sedangakan dampak positif yang dirasakan masyarakat hanya mencapai 36% dan lebih banyak merasakan dampak negatif sebesar 64%. Dari temuan tersebut mengindikasikan bahwa kebijakan sistem zonasi harus dievaluasi agar kedepannya dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.

Page 1 of 27 | Total Record : 261