cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
ISSN : 25489879     EISSN : 25992139     DOI : -
Edcomtech is a journal in the field of educational technology which contains conceptual studies and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the foundation and philosophy of educational technology, design and implementation, assessment and evaluation, strategies and models of general and specific learning, research and development methods, research and development methods, emerging technologies, and technology integration in learning. Journal of Edcomtech is willing to facilitate writers to disseminate conceptual ideas, development, and research findings which are useful in the development of science, study programs, and educational technology profession.
Arjuna Subject : -
Articles 87 Documents
APLIKASI KOLABORASI PENULISAN DAN PENYUNTINGAN BERBASIS WEB UNTUK PENINGKATAN MUTU KARYA ILMIAH MAHASISWA Husna, Arafah; Sihkabuden, Sihkabuden; Adi, Eka Pramono
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.514 KB)

Abstract

Komunitas mahasiswa memerlukan wahana untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam wujud tulisan ilmiah secara kolaboratif. Mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang harus memiliki kesempatan dalam memberikan kontribusi yang akan meningkatkan mutu pembelajaran dan memiliki dampak terhadap masyarakat. Mengelola pengetahuan menulis ilmiah secara kolaborasi merupakan peluang utama untuk mencapai perbaikan yang signifikan dalam kinerja substansial mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.Bagaimana mengembangkan media kolabarasi penulisan ilmiah yang spesifik untuk mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dan bagaimana teknologi konsep Web.2.0 dengan Wiki serta fasilitas di dalamnya memungkinkan mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang untuk membuat, mempublikasikan dan berbagi konten digital dalam komunitas sosial baru dan komunitas yang mungkin sudah ada Tujuan penelitian menghasilkan model sistem kolaborasi penulisan ilmiah antar mahasiswa di lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang berbasis web dan mempublikasikan secara ilmiah berkenaan dengan mtatakelola kolaborasi mahasiswa. Metode pengembangan model Pembelajaran digunakan model Davidson-Shivers dan Rasmussen (2007) dan dipilih berdasarkan kesesuaian terhadap kebutuhan karateristik pengembangan sistemKata kunci: Komunitas Mahasiswa, Kolaborasi, Penuliasan Karya Ilmiah Mahasiswa.
PENGEMBANGAN VIDEO TERMEDIASIKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI ELECTRONIC PERFORMANCE SUPPORT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN Soepriyanto, Yerry; Rahmatullah, Basith
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.463 KB)

Abstract

Pebelajar kadangkala merasa kesulitan pada saat mengillustrasikan isi pembelajaran berupa pengetahuan konsep. Oleh karena itu pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk video yang termediasikan oleh Augmented Reality yang valid untuk digunakan dalam sistem elektronik pendukung kinerja (Electronic Performance Support System) pembelajaran. Marker (Penanda) ditempatkan pada modul bahan ajar pada bagian gambar yang mengillustrasikan sebuah konsep, sehingga pada saat pebelajar belum mamahami secara penuh maka kamera smartphone yang digunakan sebagai detektor marker menangkap dan menjalankan video-nya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Sadiman untuk mengembangkan video termediasikan Augmented Reality. Hasil pengembangan adalah video termediasikan Augmented Reality yang digunakan sebagai sistem pendukung kinerja pembelajaran dalam katagori valid.Kata Kunci : Video termediasikan Augmented Reality, EPSS, modul bahan ajar.
PENERAPAN METODE KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD Fahriansah, Ilham; Wedi, Agus; Ulfa, Saida
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.938 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Tanjungrejo I Malang. Dengan menggunakan prosedur PTK, penelitian ini dilakukan 2 siklus perbaikan. Proses perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif Jigsaw dapat merangsang interaksi antar siswa. Hasil tindakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam kelompok.Kata-kata kunci: kooperatif, Jigsaw, keaktifan, hasil belajar
KONSEP DAN MASALAH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran Wedi, Agus
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.425 KB)

Abstract

Salah satu indikator penyebab rendahnya kualitas penyelenggaraan pembelajaran di sekolah adalah adanya ketidakkonsistenan teoretis—praktis penggunaan metode pembelajaran. Pada konteks penyelengaraan pembelajaran di mana metode merupakan bagian integral di dalamnya, maka persoalan mendasar tidak lain adalah tidak terejawantahkannya metode pembelajaran secara optimal sebagamana diamanatkan pada tataran teori. Di sinilah perlunya revitalisasi konsistensi teoretis—praktis penggunaan metode pembelajaran.Kata-kata kunci: metode pembelajaran, teoretis—praktis
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF POKOK BAHASAN GAYA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS IV SD Muzakki, Muzakki; Efendi, Mohammad; Manan, Abdul
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.573 KB)

Abstract

Agar konsep-konsep abstrak yang diajarkan pada matapelajaran IPA SD dapat diterima oleh siswa diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengkonkretkan materi. Pengembangan media ini menggunakan model Sadiman (2008), dengan materi tentang pokok bahasan gaya. Validitas hasil pengembangan ditunjukkan oleh pemenuhan kriteria yang diperoleh dari hasil ujicoba, yaitu ahli media dengan tingkat validitas sebesar 90,56%, ahli materi sebesar 91,11% dan siswa perorangan sebesar 95,56%, siswa kelompok kecil sebesar 94,44% serta siswa kelompok besar sebesar 91,17%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran IPA pokok bahasan gaya adalah valid atau layak.Kata kunci: pengembangan, animasi pembelajaran, interaktif.
STUDI MULTIKASUS: Epidemi Perilaku Merorok di Kalangan Remaja dan Implikasinya dalam Pendidikan Efendi, Mohammad
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.034 KB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan secara kuantitatif perilaku merokok di kalangan remaja melalui kajian multikasus. Berdasarkan informasi yang ditelaah, disimpulkan bahwa prevalensi perilaku merokok di kalangan remaja berada pada ambang yang memprihatinkan, karena secara kuantitas rentangan frekuensinya berkisar antara 15-50%. Determinan tumbuh-kembangnya perilaku merokok, terutama akibat pengaruh atau tekanan dari lingkungan dan pembelajaran lewat media massa. Untuk itu, disarankan kepada otorita pendidikan untuk meminimalkan frekuensi tumbuh-kembangnya perilaku merokok di kalangan anak dan remaja.Kata kunci: epidemi, perilaku merokok, pendidikan
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF POKOK BAHASAN GAYA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS IV SD Muzakki, Muzakki; Efendi, Mohammad; Manan, Abdul
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.098 KB)

Abstract

Agar konsep-konsep abstrak yang diajarkan pada matapelajaran IPA SD dapat diterima oleh siswa diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengkonkretkan materi. Pengembangan media ini menggunakan model Sadiman (2008), dengan materi tentang pokok bahasan gaya. Validitas hasil pengembangan ditunjukkan oleh pemenuhan kriteria yang diperoleh dari hasil ujicoba, yaitu ahli media dengan tingkat validitas sebesar 90,56%, ahli materi sebesar 91,11% dan siswa perorangan sebesar 95,56%, siswa kelompok kecil sebesar 94,44% serta siswa kelompok besar sebesar 91,17%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran interaktif pada matapelajaran IPA pokok bahasan gaya adalah valid atau layak.Kata kunci: pengembangan, animasi pembelajaran, interaktif.
IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PELAJARAN BAHASA DI KELAS V SEKOLAH DASAR E, Dyaristya; Wedi, Agus; Adi, Eka Pramono
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.686 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian hasil pembelajaran dalam pelajaran bahasa di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan proses pembelajaran sudah dilakukan oleh masing-masing guru bahasa; pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP, dan penilaian hasil belajar dilakukan melalui ulangan harian dan ulangan semester.Kata-kata kunci: implementasi, KTSP, pelajaran bahasa
RANCANGAN PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI DALAM MILITER Susilaningsih, Susilaningsih
Edcomtech Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.597 KB)

Abstract

Rancangan pembelajaran di bidang militer menunjukkan tren yang meningkat dan berdampak luas. Peningkatan model pelatihan militer disebabkan beberapa faktor di antaranya penerapan pembelajaran dan teknologi dalam pelatihan pada militer. Model rancangan pelatihan merupakan hal yang vital dan investasi jangka panjang untuk membantu tenaga kerja militer memperoleh ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan.Kata-kata kunci: rancangan, model pembelajaran, militer
PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR Jatmiko, Prayoga Dwi; Wijayantin, Anastasia; Susilaningsih, Susilaningsih
Edcomtech Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.929 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan video pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas IV di SDN I dan SDN III Tasik madu Trenggalek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (eksperimen kuasi). Penelitian ini menganalisis ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran dan tidak menggunakan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran secara signifikan berbeda perolehan hasil belajarnya di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media video pembelajaran.Kata kunci: video pembelajaran, hasil belajar, IPA