cover
Contact Name
Arif Prastiawan
Contact Email
prastarif46@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
prastarif46@gmai.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
ISSN : 25486683     EISSN : 25497774     DOI : -
Core Subject : Education,
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Arjuna Subject : -
Articles 85 Documents
INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PENJAMINAN MUTU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU Saputra, Bagus Rachmad; Supriyanto, Achmad; Timan, Agus
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The research question is how Islamic-based schools internalize Islamic religious values into the school quality assurance system that is characteristic of the community to put interest and trust in Islamic-based schools. This study was conducted with a field study with a qualitative approach to obtain descriptive data from informants who felt that they had a lot of information about the focus being studied. The researcher conducted interviews with the principal, direct observation to the school, and conducted documentation studies at the SDIT Baitul Izzah in Nganjuk Regency as the research location. Data analysis is done by reducing data on data obtained during data collection in the field. The results of the study showed that the internalization process was carried out by designing a school curriculum with a blend of national curriculum with religious education. Abstrak: Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana sekolah berbasis agama Islam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam ke dalam sistem penjaminan mutu sekolah yang menjadi ciri khas kepada masyarakat untuk menaruh minat dan kepercayaan pada sekolah berbasis agama Islam. Kajian ini dilakukan dengan studi lapangan dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data secara deskriptif dari informan yang dinggap banyak memiliki informasi tentang fokus yang diteliti. Peneliti melakukan kegiatan wawancara dengan kepala sekolah, observasi langsung ke sekolah, dan melakukan studi dokumentasi di SDIT Baitul Izzah Kabupaten Nganjuk sebagai lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data terhadap data yang diperoleh selama pengumpulan data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi dilakukan dengan cara merancang kurikulum sekolah dengan perpaduan antara kurikulum nasional dengan pendidikan agama.
HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP DENGAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MELANJUTKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI UNGGULAN Rahmawati, Adiska Indah Ayu; Sobri, Ahmad Yusuf
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the relationship of perceptions and attitudes of students with the motivation to continue the Senior High School Kediri. The study used a sample of 264 students from a population of 774 students. The sampling and sampling technique uses propotional random sampling. The instrument used in data collection is a questionnaire. Data analysis used is descriptive technique and multiple regression. The results of the study concluded that there was a positive relationship between perceptions and attitudes, there was a positive relationship with the motivation of students to continue the Senior High School Kediri. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi dan sikap peserta didik dengan motivasi melanjutkan SMA Negeri Unggulan Kota Kediri. Penelitian menggunakan sampel sejumlah 264 peserta didik dari populasi sejumlah 774 peserta didik. Teknik pengambilan dan penentuan sampel menggunakan propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian disimpulkan ada hubungan positif persepsi dan sikap ada hubungan yang positif dengan motivasi peserta didik melanjutkan SMA Negeri Unggulan Kota Kediri. 
PENGARUH PEMBINAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERILAKU DOSEN SEBAGAI SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN Fathurrahman, Fathurrahman; Muhtarom, Abid
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Improving the guidance of Higher Education Tri Dharma is the main factor that must be done by lecturers in all state and private universities. The research used in this study uses a quantitative descriptive approach. Using analysis software Eviews 9 and data in this study the results of questionnaires and interviews with respondents and observations at the University of Islamic Lamongan. The subject of this study was 270 at the University of Islamic Lamongan. The results of this study increase the guidance of Tri Dharma Perguran Tinggi by the behavior of human resources has run quite well, proven by 44 beginner lecturer research and community service 2017/2018 obtained from DIKTI. Abstrak: Peningkatan pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan faktor utama yang harus dilakukan oleh dosen di semua perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan diskriptif kuantitatif. Menggunakan software analisis Eviews 9 dan data dalam penelitian ini hasil kuesioner dan wawancara pada responden dan observasi dosen universitas islam lamongan. Subjek penelitian ini adalah 270 dosen Universitas Islam Lamongan. Hasil dari penelitian ini peningkatan pembinaan Tri Dharma Perguran Tinggi oleh perilaku sumber daya manusia sudah berjalan cukup baik, terbukti 44 penelitian dosen pemula dan pengabdian masyarakat tahun 2017/2018 diperoleh dari DIKTI. 
UPAYA MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF Pertiwi, Adhe Kusuma
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The quality of education is dynamic and will continue to develop in accordance with the demands of the times. Therefore, educational institutions must strive to continuously develop their institutions. The purpose of this study was to determine efforts to improve the quality of education in the Kindergarten of Kalam Kudus Malang. The method used is descriptive qualitative research. Research informants were principals, vice principals, and teachers. The analysis of the data used is the interactive model of Miles and Huberman. The results of the study show that the urgent problem that must be solved by the school is about the teacher?s ability because it is related to the quality of graduates. Improving the quality of teachers in the Kindergarten of Kalam Kudus Malang requires collaboration between schools and foundations and stakeholders. Abstrak: Mutu pendidikan bersifat dinamis dan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan aman. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan harus berupaya secara kontinu mengembangkan institusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pendidikan di TK Kalam Kudus Malang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah mendesak yang harus diselesaikan oleh sekolah ialah tentang kemampuan guru karena berkaitan dengan mutu lulusan. Peningkatan mutu guru di TK Kalam Kudus Malang membutuhkan kerja sama antara sekolah dan yayasan serta stakeholders.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH Kharismawati, Dwi Elok
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The objective of this study describes the role of the principal: (1) as a manager in improving the quality of education; (2) as a leader in improving the quality of education; and (3) supporting and inhibiting factors in improving the quality of education, and solutions to the constraints faced. The method used in this study is a qualitative approach with a type of case study research. Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. The results obtained from this study are: (1) the role of the principal as a manager in improving the quality of education is managing by doing planning, organizing, mobilizing, and evaluating; (2) the role of the principal as a leader in improving the quality of education is to monitor, mediate between teachers and students, discipline, motivate, innovate, liaise with outside parties, guide students in a sustainable manner, foster and improve teacher skills, and make decisions; and (3) supporting factors in improving the quality of education are the many relationships, support of the foundation, based on Islamic boarding schools and semi-modern nuances, students are free to choose, facilitate teachers; while the inhibiting factor is the collision of the system with service, frequent teacher turnover, certification policies, lack of awareness of school people, difficulty in implementing digital learning, team coordinators are not always available, data on foreign students, manual accounting, sometimes constrained by costs. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah: (1) sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan; (2) sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan solusi pada faktor penghambat yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah mengelola dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan evaluasi; (2) peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah memantau, menjadi perantara guru dan siswa, mendisiplinkan, memotivasi, membuat inovasi, penghubung dengan pihak luar, membimbing siswa secara berkelanjutan, membina dan meningkatkan kemampuan guru, dan membuat keputusan; dan (3) faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah banyaknya relasi, dukungan yayasan, berbasis pondok pesantren dan bernuansa semi modern, siswa bebas memilih, memfasilitasi guru; sedangkan faktor penghambat adalah berbenturan sistem dengan dinas, sering pergantian guru, kebijakan sertifikasi, kesadaran warga sekolah yang kurang, sulitnya penerapan digital learning, koordinator tim tidak selalu ada, data siswa luar negeri, menghitung keuangan secara manual, terkadang terkendala biaya.
HUBUNGAN SIKAP ILMIAH, KEBEBASAN AKADEMIK, DAN ETIKA AKADEMIK DENGAN BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA Nikmah, Dwi Nur
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Faculty of Education Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know about the attitude of the scientific, academic freedom, academic ethics and related cultural academic student at Universitas Negeri Malang (UM). This research uses research methods to quantitate with path analysis. Data collection is done using questionnaires, then analyzed with the description and path analysis. The results showed: (1) a direct relationship with the scientific attitude of academic culture on the UM students have a relationship that is ?strong enough?; (2) a direct connection to academic freedom and academic culture on the UM students have a relationship that is ?strong enough?; (3) a direct relationship with the academic culture of academic ethics at UM students have a ?strong? relationship; (4) a direct relationship with the scientific attitude of academic freedom at the UM student had a ?strong? relationship; (5) the direct relationship between the scientific and ethical attitude on the UM student academic has a ?strong? relationship; (6) direct contacts with academic freedom academic ethics at UM students have a ?strong? relationship; (7) an indirect relationship with the scientific attitude of variable academic culture through academic ethics at UM students have a ?strong? relationship; (8) an indirect relationship with the academic freedom of variable academic culture through academic ethics at UM students have a ?strong? relationship. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang sikap ilmiah, kebebasan akademik, dan etika akademik yang berhubungan dengan budaya akademik mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif dengan teknik analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan deskripsi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hubungan langsung sikap ilmiah dengan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?cukup kuat?; (2) hubungan langsung kebebasan akademik dan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?cukup kuat?; (3) hubungan langsung etika akademik dengan budaya akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?; (4) hubungan langsung sikap ilmiah dengan kebebasan akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?; (5) hubungan langsung antara sikap ilmiah dan etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?; (6) hubungan langsung kebebasan akademik dengan etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?; (7) hubungan tidak langsung variabel sikap ilmiah dengan budaya akademik melalui etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?; (8) hubungan tidak langsung variabel kebebasan akademik dengan budaya akademik melalui etika akademik pada mahasiswa UM mempunyai hubungan yang ?kuat?.
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Sentra Melalui Supervisi Akademik Yuli Astutik, Wiwin
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.277 KB)

Abstract

Abstract: Improving Teachers’ Abilities to Employ the Circle Centered Learning Model through Academic Supervision Method. The circle centered learning is the model that be can be used by many kindergartens in Indonesia. The ability of teachers in implement the model is various in quality. It is because the understanding of teachers about the model is different. In order to solve the problem, the teacher need a supervision. This research aimed to improve teachers’ ability to employ the circle centered learning model through the academic supervision method. The research used action research design. The research was conducted in TK Koperasi Batik, Mojokerto. The result showed that academic supervision method could improved teachers’ ability to employ the circle centered learning model, and the learning process could be carried out properly.Abstrak: Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Berpusat pada Sentra melalui Method Supervisi Akademik. Pembelajaran berpusat pada sentra merupakan model pembelajaran yang banyak diterapkan pada TK di Indonesia. Penerapan guru dalam menggunakan model tersebut beraneka ragam kualitasnya. Hal tersebut dikarenakan setiap guru memiliki pemahaman yang berbeda-beda terhadapmodel tersebut. Untuk dapat memecahkan masalah tersebut perlu dilakukan supervisi kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra melalui kegiatan supervisi akademik. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Koperasi Batik, Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan supervisi akademik dapat meningkatan kemampuan guru TK dalam penerapan model pembelajaran berpusat pada sentra, dan proses pembelajarannya dapat berjalan lebih baik.
Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Melalui Teknik Supervisi Kelas Iriantoro, Bambang Herry
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.73 KB)

Abstract

Abstract: Improvement of Teaching Ability through The Class Supervision Technique. This study aims to improve the teaching skills of primary school teachers in learning through the implementation of supervision. The study was conducted in Gugus 3 Loceret the District Nganjuk with the design school action research, conducted in two cycles. The survey results revealed that the ability of teachers to teach elementary school could be improved through classroom supervision techniques. Improving the ability of teachers to teach is demonstrated by (a) increasing the ability to manage a class, (b) increasing the ability to use learning strategies, (c) increase the capacity to manage the interaction of classes, (d) an increase in the ability to help develop positive attitudes of students and (e) an increase in the ability to execute evaluation process and learning outcomes.Abstrak: Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru melalui Teknik Supervisi Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru SD dalam pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi. Penelitian dilakukan Gugus 3 Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk dengan rancangan penelitian tindakan sekolah, dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengajar guru SD dapat ditingkatkan melalui teknik supervisi kelas. Peningkatan kemampuan mengajar guru tersebut ditunjukkan oleh (a) peningkatan kemampuan mengelola kelas, (b) peningkatan kemampuan menggunakan strategi pembelajaran, (c) peningkatan kemampuan mengelola interaksi kelas, (d) peningkatan kemampuan membantu mengembangkan sikap positif siswa dan (e) peningkatan kemampuan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Nasrun, Nasrun
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.805 KB)

Abstract

Abstract: The Influence of Principal Leadership on Teachers’ Motivation and Their Performance. The purpose of this study to determine the effect of school leadership on work motivation and the performance of teachers. This type of research used in this research is explanatory research with methods of ex post facto basis that the research carried out relatively non-experimental. The population in this study were teachers in SMA Medan 241 teachers. This research uses descriptive statistical analysis and analysis infrensial. The results coefficient values obtained between the leadership of the principal lines of work motivation of teachers for 0,249 and the path coefficient between the leadership of the principal on teacher performance amounted to 0,156. This shows that the school leadership have a significant influence on the motivation and performance of teachers.Abstrak: Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah terhadap Motivasi kerja dan Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja dan kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan metode expost facto dengan pertimbangan bahwa penelitian yang dilaksanakan tergolong non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Kota Medan sebanyak 241 guru. Penelitian ini mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian didapatkan nilai koefisien jalur antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,249 dan koefisien jalur antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,156. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja guru.
Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis Yuniawatika, Yuniawatika; Nuraeni, Ni Luh Sakinah
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.189 KB)

Abstract

Abstract: Effects of Learning Strategies Against REACT Upgrades PGSD Students On Mathematical Connections. This study aims to examine in depth about the increasing ability of students through learning mathematical connection with REACT strategy. This research used a quasi-experimental design with control pre-test and post-test. The subjects of this study were students at the UM PGSD odd semester 2015/2016. Results from the study showed that the increase in the ability of the mathematical connection that gets students learning mathematics through REACT strategy is better than the improvement of the ability to connect students who receive conventional learning.Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol pre-test dan post-test. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UM pada semester ganjil 2015/2016. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui strategi REACT lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan koneksi mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.