cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah METHONOMI
ISSN : 2460562X     EISSN : 25989693     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen operasi. Methonomi juga menjadi wahana komunikasi ilmiah diantara dosen di lingkungan Universitas Methodist Indonesia dan dari Universitas atau Lembaga Penelitian lain yang ingin menyumbangkan karya ilmiah bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Methonomi terbit dua kali setahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
ANALISIS HARGA DAN MEREK (BRAND) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PT CARREFOUR INDONESIA PLAZA MEDAN FAIR MEDAN Sihite, Mislan; Sinaga, Suanti Eryani; Siagian, Sabam Muliater
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan merek terhadap minat beli konsumen di PT. Carrefour Indonesia Plaza Medan Fair. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan metode pengumpulan data yang dilakukan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel Harga (X1) berpengaruh positif terhadap Minat Beli Konsumen (Y), dan Variabel Merek (X2) berpengaruh positif terhadap Minat Beli Konsumen (Y).
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TELEKOMUNIKASI PADA PT. TELKOM MEDAN Rajagukguk, Tiur; Febriani, Gita; Olivia, Devi
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan terhadap keputusan menggunakan jasa telekomunikasi pada PT. Telkom Medan. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 44 responden. Variabel bebas pada penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4), sedangkan variabel terikat adalah keputusan konsumen (Y).  Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Secara parsial menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa telekomunikasi PT. Telkom. Faktor tempat mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan konsumen dibandingkan dengan harga, promosi dan produk. Pengaruh tempat (69,70 %) lebih dominan berperan meningkatkan keputusankonsumen dibandingkan faktor harga (33,10 %), promosi (32,60 %) dan produk (32,20 %).
PERANAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PADA PT.PERKEBUNAN III MEDAN (PERSERO) Purba, Jon Henri; Hutabarat, Hotna Fitri Yanti; Ginting, Perli Danansih
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara jumlah diklat terhadap indeks produktivitas karyawan per jenis diklat sebagaimana peranan komunikasi yang digunakan untuk mengetahui efisiensi kerja pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan (Persero) digunakan metode analisis deskriptif adalah teknik analisis data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan, mengolah, mengklasifikasikan serta menginterpretasikan data penelitian melalui kuesioner yang diolah dengan tiga tingkat sehingga data diperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti. Data yang diperoleh dari tahun 2006-2011 mengalami kenaikan. Sistem komunikasi yang digunakan adalah sistem komunikasi lisan dan tulisan. Berdasarkan analisis, bahwa sistem komunikasi yang dipergunakan pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan (Persero) sudah berfungsi dengan baik, hambatan komunikasi sudah dapat diatasi dan jenis komunikasi yang diterapkan berada dalam jalur yang tetap, waktu yang singkat dan biaya yang relative murah. Dan dapat disimpulkan bahwa komunikasi sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan efisiensi kerja pada perusahaan tersebut.
ANALISA LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. FESINCOME INDOUTAMA DURI Sirait, Hotnida; Tambunan, Ramelia; Shelva, Shelva
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laporan keuangan (current ratio, inventory turnover, total debt to tatal asset dan  return on asset) untuk menilai penggunaan modal kerja sudah efisien. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Fesincome Indoutama Duri melalui dokumentasi berupa struktur organisasi dan laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba-rugi tahun 2013 - 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis deskriptif, yaitu data yang sudah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Selanjutnya dilakukan analisis kuantitatif, yaitu dengan merumuskan dan menyajikan data dalam bentuk angka-angka. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Current ratio yang diperoleh PT. Fesincome Indoutama Duri tahun 2013 - 2016 dalam kondisi likuid, karena lebih besar dari ukuran 1:1 atau 100% ini berarti bahwa perusahaan mampu untuk memenuhi kewajibannya yang segera (jatuh tempo). Tingkat perputaran sebanyak 12,24 kali pada tahun 2013 dan menurun menjadi 7,83 kali pada tahun 2016. Jumlah nominal harga pokok penjualan yang besar masih belum mampu membuat perputaran persediaannya dalam klasifikasi cukup. Rasio  DAR perusahaan mengalami fluktuasi yaitu 42,70 % kemudian meningkat tahun 2014 yaitu 49,53 dan mengalami penurunan pada tahun 2015 menjadi 46,61 % dan tahun 2016 sebesar 48,28 %. Berdasarkan prinsip 1:1 atau 100%, apabila kurang dari ukuran tersebut dianggap kurang baik. ROA perusahaan mengalami peningkatan dari 3,67 % pada tahun 2013 menjadi 3.86 % pada tahun 2014, tetapi mengalami penurunan pada tahun 2016 yaitu 0,16 %. Semakin kecil (rendah) rasio ini, semakin kurang baik.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) PUTRI HIJAU MEDAN Siregar, Selamat; Hutapea, Ferdinand Putra Daniel
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Pertamina (Persero) Putri Hijau Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja tetap yang terdapat pada PT. Pertamina (Persero) Putri Hijau Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 84 karyawan. Variabel penelitian adalah motivasi dan produktivitas kerja. Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk menganalisis data adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linear sederhana yaitu dengan menggunakan variabel independen/bebas (X) dan variabel dependen/terikat (Y) dan pengunaan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,143. Nilai tersebut berarti faktor motivasi mampu menjelaskan variabel produktivitas kerja sebesar 14,3%, sisanya sebesar 85,7% dijelaskan oleh faktor lain, seperti gaji, lingkungan kerja, dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian, variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.
STRATEGI PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM PENJUALAN PRODUK PT. DUNKIN LESTARI Sipayung, Saur Melianna; Putra, Franz Pratama; Sari, Melisa Ratna
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penjualannya perusahaan selain melakukan aktifitas penjualan juga menetapkan beberapa agen dalam saluran distribusinya dengan harapan produk yang dihasilkan akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen, maka dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan mempunyai kebijaksanaan dalam melaksanakan saluran distribusinya untuk meningkatkan volume penjualan yang menyangkut selera konsumen dan konsumen mudah menjangkau barang produksi yang dihasilkan perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi penerapan saluran distribusi dalam penjualan produk PT. Dunkin Lestari?
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN Butarbutar, Hotlan; Lourencia, Veronyca; Angela, Vonny
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan layanan konsumen terhadap kepusan konsumen pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, studi dokumentasi, dan observasi dalam metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil regresi linier berganda diperoleh bahwa variabel yang paling dominan memiliki hubungan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel orang dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.805 satuan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial (Uji-t) diperoleh bahwa 5 (lima) variabel bebas, antara lain Produk (X1), Promosi (X3), Lokasi (X4), Orang (X5), dan Pelayanan (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y). Sementara variabel Harga (X2) dan Proses (X6) tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan  terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y). Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan secara simultan (serempak) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kontribusi variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan pelayanan mampu mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 72.4% sementara 27.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.
PENGARUH KEBIJAKAN PROMOSI TERHADAP PERUBAHAN VOLUME PENJUALAN PADA CV.ALLAN ARITHA UTAMA KABANJAHE Tambunan, Rio; Sinuraya, Febrinawati
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kebijakan promosi terhadap volume penjualan pada CV.Allan Aritha Utama Kabanjahe. Penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara tehadap manajer yang berkompeten memberikan keterangan tentang kebijakan promosi yang dilaksanakan perusahaan. Kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang sedang dilaksanakan perusahaan dalam meningkatkan realisasi target penjualan. Untuk mengetahui hubungan antara kebijakan promosi dan volume penjualan yang dicapai oleh perusahaan digunakan dengan metode deskriptif. Dari hasil metode ini diketahui kebijakan promosi berdampak positif terhadap peningkatan volume penjualan. Kebijakan promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan. Dari kebijakan diatas promosi melalui perseorangan  merupakan kebijakan unggulan perusahaan karena kebijakan tersebut langsung mencapai target sasaran.
PENGARUH BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA SUN PLAZA MEDAN Rajagukguk, Tiur; Josua, Purnama Sari; Eveline, Putri Agustina
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2018
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh strategi Periklanan,penjualan pribadi,publisitas, dan promosi penjualan dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko buku Gramedia SUN PLAZA Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan H1diterima bahwa variabel Periklanan, penjualan pribadi, publisitas, promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Toko buku Gramedia SUN PLAZA Medan. Berdasarkan uji determinan, nilai koefisien determinasi sebesar 0,462. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel periklanan (X1), penjualan pribadi (X2), publisitas (X3), promosi penjualan (X4)  menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel volume penjualan (Y) pada Toko buku Gramedia SUN PLAZA Medan sebesar 46,2%. Sedangkan sisanya sebesar 12,4% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS ASPEK LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. WAHANATRANS LESTARI MEDAN Panjaitan, Maludin; Sinaga, Yuliani Betaria; Sembiring, Riko Bahari
Jurnal Ilmiah METHONOMI Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2017
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Wahana Trans Lestari Medan ditinjau dari aspek likuiditas dengan menggunakancurrent ratio, quick ratio, dan cash ratio dan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Wahana Trans Lestari Medan ditinjau dari aspek profitabilitas dengan menggunakan gross profit margin, net profit margin, return on asset, dan return on equity. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder,yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan peneliti dari sumber yang telah ada dan sumber data diperoleh dariPT. Wahana Trans Lestari Medan, berupa laporan laba-rugi dan laporan posisi keuangan pada tahun 2013-2015. Hasil perhitungan dari rasio likuiditas PT. Wahana Trans Lestari Medan periode 2013-2015 menunjukkan keadaan perusahaan cukup baik yang mampu memenuhi kewajiban jangka pendek yang harus dibayarkan atau diselesaikan perusahaan. Sementara, hasil perhitungan dari rasio profitabilitas PT. Wahana Trans Lestari Medan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan menggunakan seluruh kemampuan dan sumber daya yang ada cukup efisien. Kinerja keuangan perusahaan yang dinilai dengan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas pada PT. Wahana Trans Lestari Medan periode 2013-2015 menunjukkan perusahaan yang cukup baik

Page 1 of 10 | Total Record : 91