cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bindo Sastra
ISSN : 25405305     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 72 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS MAKALAH DAN ESAI Sanjaya, Muhammad Rama; Sanjaya, Muhamad Doni
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.1832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar menulis makalah dan esai; (2) merancang buku teks yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada bahan ajar menulis makalah dan esai., (3) mendeskripsikan buku teks membaca II hasil pengembangan di semester II., (4) mendeskripsikan validitas buku teks menulis makalah dan esai di semester II., (5) mendeskripsikan pengaruh potensial buku teks menulis makalah dan esai di semester II terhadap hasil belajar. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah buku teks bahan ajar menulis makalah dan esai untuk mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Dick Carey and Carey. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Baturaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe bahan ajar menulis makalah dan esai sangat eefektif digunakan. Prototipe pembelajaran meliputi materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian menulis makalah dan esai.
NILAI MORAL PUISI KETIKA AGAMA KEHILANGAN TUHAN KARYA GUS MUS Syarifah, Lailatus; Turahmat, Turahmat
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.1685

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang nilai-nilai moral pada puisi Ketika Agama Kehilangan Tuhan karya Gus Mus. Penelitian ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi penulis dan pembaca. Nilai moral juga ada banyak bagian-bagiannya dan akan dijelaskan lebih di bawah nanti. Metode yang digunakan pada pengumpulan data adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah puisi Ketika Agama Kehilangan Tuhan karya Gus Mus yang menceritakan tentang esensi agama yang telah dilupakan dan disalahartikan oleh pemeluknya dan mengandung nilai religious yang sangat tinggi serta nilai-nilai moral yang ada.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS ARTIKEL DI MEDIA MASSA Haryadi, Haryadi
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.2051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Brain Writing terhadap kemampuan mahasiswa menulis artikel di media massa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode brain writing sangat berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel di media massa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran sebagai berikut. Nilai rata-rata pembelajaran sebelum menggunakan model brain writing sebesar 56,03. Nilai rata-rata sesudah menggunakan model brain writing sebesar 73,23. Hasil penelitian ini juga  ada yang homogeni dan tidak homogeni, selanjutnya digunakan uji non parametric (uji Wilcoxon). Signifikansinya 0.00, lebih kecil dari 0.05 artinya ada pengaruh. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Brain Writing berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa menulis artikel di media massa.
MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA Erisa, Dessy; Parwanti, Sri; Ismaiyati, Ismaiyati
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.2286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model collaborative larning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu True Eksperimental Desain. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X Akuntasi 1 berjumlah 32 sebagai kelas kontrol dan kelas Akuntansi 2 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model collaborative learning sangat berpengaruh  terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang. Hal ini, terbukti t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% dengan db (derajat bebas) 4,91 15â?¥">  1,66. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu model collaborative learning berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil obsevasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA SMP Wati, Sakdiah
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i1.2106

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan  minat belajar siswa dalam keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Pendekatan  Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam peningkatan kemampuan menulis puisi siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP sebanyak 10 kelas berjumlah 318 siswa, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan teknik simple random sampling, sehingga mendapatkan kelas VIII.3 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.4 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini diperoleh melalui tes siswa, angket siswa, dan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII. Data hasil tes yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas. Keefektifan terbukti  bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel  pada taraf signifikan 5% yaitu 6,96 ? 1,9913, dengan DK (Derajat Kebebasan) 77. Oleh karna itu, disarankan kepada guru, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi bagaimana kemampuan menulis puisi setelah diajarkan Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning), serta dapat menjadi evaluasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR HASIL PENGEMBANGAN Nopriani, Henny; Pebrianti, Ike Tri
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.1825

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Pagaralam yang terdiri dari SMA PGRI Pagaralam. SMA Muhammadiyah Pagaralam, SMA Negeri 1 Pagaralam, SMA Negeri 2 Pagaralam, dan SMA Negeri 4 Pagaralam.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  analisis. Sampel penelitian berjumlah 157 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasill penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa bevariasi dengan kategori  sangat baik, baik, cukup, kurang. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa dalam menulis teks eksposisi. SMA PGRI Pagaralam nilai rata-rata 74,19. SMA Muhammadiyah Pagaralam dengan nilai rata-rata 75. SMA Negeri 1 Pagaralam nilai rata-rata  79,86. SMA Negeri 2 Pagaralam  dengan nilai rata-rata 74,62, SMA Negeri 4 Pagaralam rata-rata  79,86.
ANALISIS BENTUK DAN MAKNA PANTUN MUDA-MUDI DESA GEDUNG WANI KECAMATAN RUNJUNG AGUNG OKU SELATAN Contessa, Emilia; Nilawijaya, Rita
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i1.2134

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, karena pentingnya pantun bagi kehidupan manusia karena mengandung berbagai nilai kehidupan dan pentingnya sastra daerah sebagai salah satu keanekaragaman sastra nusantara dan memiliki karakteristik serta makna dan tujuan tertentu. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan makna pantun muda-mudi bahasa Daya dialek Gedung Wani Kecamatan Runjung Agung Kabupaten OKU Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk dan makna pantun muda-mudi daerah Daya dialek Gedung Wani Kecamatan Runjung Agung OKU Selatan. Pendekatan yang digunakan pendekatan struktural dan pendekatan semiotik. Metode yang digunakan metode penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah, wawancara, dan perekaman. Hasil penelitian ini terdapat beberapa jenis pantun, Berdasarkan bentuknya pantun terdiri dari pantun kilat, pantun biasa dan pantun talibun, sedangkan berdasarkan isi atau maknanya yaitu pantun jenaka.
KRITIK JUDISIAL DALAM NOVEL LANANG KARYA YONATHAN RAHARDJO (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK) Kamhar, Muhammad Yusi; Lestari, Erma
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.1985

Abstract

Tulisan ini akan mengemukakan dan mendeskripsikan hasil analisis secara kritis terkait dengan kritik judisial dengan kajian strukturalisme genetik. Hal-hal yang deskripsikan dalam analisis adalah pandang dunia pengarang yang meliputi, latar belakang pendidikan pengarang, latar belakang sosial pengarang, latar belakang budaya (adat), latar belakang ideologi pengarang (agama). Analisis ini difokuskan pada kritik sastra judisial dengan kajian strukturalisme genetik. Peneliti akan memberikan suatu penilaian dan strukturalisme genetik pada novel Lanang karya Yonathan Rahardjo. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa karya sastra novel yang berjudul Lanang karya Yonathan Rahardjo, tebal buku 440 halaman, diterbitkan oleh Pustaka Alvabet. Bentuk data yang dijaring berupa sekuel atau kutipan kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang memiliki keterkaitan dan menggambarkan aspek kejiwaan tokoh-tokoh dalam novel. Hasil penelitian ini mendeskripsikan strukturalalisme genetik pengarang dan hasil kritik judisial yang dilakukan oleh peneliti sebagai bentuk satu kesatuan yang utuh dan membangun isi cerita dalam novel Lanang.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA Sanjaya, Muhamad Doni; Inawati, Inawati
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.1824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berbentuk buku teks yaitu tentang aspek keterampilan berbicara yang meliputi materi diskusi, debat, pewara, pidato, penyuluh bahasa, dan seminar dengan judul Pengembangan Keterampilan Berbicara. Metode yang digunakan yaitu Research and development (R&D) dengan model pengembangan Jolly dan Bolitho. Sampel 32 mahasiswa Semester II PBSI. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Nilai rata-rata sebelum menggunakan bahan ajar hanya mencapai 56,9, sedangkan setelah menggunakan bahan ajar mencapai 67,3. Selanjutnya, pada praktik berbicara menunjukkan rata-rata nilai sebagai berikut. (1) Praktik diskusi, nilai rata-rata pretest mencapai 64,7, sedangkan posttest mencapai 77,2. (2) Debat, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 68,9, sedangkan posttest mencapai 74,7. (3) Pidato, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 67,6, sedangkan posttest mencapai 79,4. (4) Pewara, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 67,2, sedangkan posttest mencapai 75,8. (5) Penyuluh bahasa, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 70,8, sedangkan posttest mencapai 77,2. (6) Seminar, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 71,1, sedangkan posttest mencapai 77,3. Sementara itu, hasil penghitungan statistik dengan uji t menggunakan SPSS memperlihatkan bahwa hasil sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar berbeda secara signifikan. Hal ini berarti bahan ajar hasil Pengembangan Keterampilan Berbicara layak digunakan oleh mahasiswa.
DEIKSIS SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN LEMBAH KEHIDUPAN KARYA M. HUSSEYN UMAR (KAJIAN PRAGMATIK) Mulyati, Mulyati
Jurnal Bindo Sastra Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v3i2.2181

Abstract

Cerita Pendek adalah salah satu bagian dari karya sastra Indonesia yang banyak memiliki unsur-unsur pembentuk kata yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial pengarangnya, salah satunya adalah deiksis sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan deiksis sosial yang terdapat pada kumpulan cerpen Lembah Kehidupan karya M. Husseyn Umar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis konten yang peneliti gunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis untuk mengungkap, memahami, dan menangkap pesan karya sastra dalam kumpulan cerpen Lembah Kehidupan karya M. Husseyn Umar melalui kajian mengenai dieksis sosial. Berdasarkan hasil analisis pada kumpulan cerpen Lembah Kehidupan karya M. Husseyn Umar diperoleh simpulan bahwa kumpulan cerpen Lembah Kehidupan tersebut memiliki deiksis sosial, diantaranya: (1) Deiksis sosial jenis jabatan; (2) Deiksis sosial jenis profesi; (3) Deiksis sosial jenis julukan; (4) Deiksis sosial jenis gelar.