cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) merupakan jurnal elektronik yang dikelola oleh Prodi Informatika Untan untuk mempublikasikan hasil-hasilhasil penelitian dan pemikiran kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan Komputer. Jurnal diterbitkan empat kali dalam setahun (Januari-Februari, April-Mei, Juli-Agustus, Oktober-November). Makalah ditulis dalam Bahasa Indoonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 370 Documents
Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat pada Balai Besar POM Kota Pontianak Berbasis Mobile Mu'tashim, M. Alfin; Anra, Hengky; Priyanto, Heri
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.987 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.38165

Abstract

Makanan kemasan dan obat yang merupakan salah satu kebutuhan manusia saat ini sudah banyak beredar di Indonesia. Peredaran makanan kemasan dan obat tersebut memerlukan perhatian dari pemerintah Indonesia sehingga pemerintah membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengawasi peredaran tersebut. Selain peran BPOM, peran masyarakat sangat penting dalam membantu pengawasan obat dan makanan kemasan yang beredar di pasaran dengan memberikan pengaduan atau laporan kepada BPOM apabila menemukan obat dan makanan kemasan yang bermasalah. Berdasarkan hasil wawancara dengan Balai Besar POM Kota Pontianak bahwa saat ini pengaduan yang masuk dan diproses masih dilakukan secara konvensional melalui pengisian kertas formulir pengaduan hingga masyarakat mendapatkan jawaban dari pengaduannya tersebut. Untuk itu seiring dengan perkembangan teknologi aplikasi berbasis web dan mobile dengan platform Android, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memberikan pengaduan. Salah satu perangkat teknologi yang dapat digunakan adalah ponsel cerdas, maka dibuatlah aplikasi layanan pengaduan masyarakat pada Balai Besar POM Kota Pontianak yang dirancang menggunakan metode Waterfall dan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam memberikan pengaduan mengenai produk obat dan makanan yang beredar di Kota Pontianak, serta sistem yang dibangun bertujuan untuk membantu Balai Besar POM Kota Pontianak dalam memproses setiap pengaduan. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat smartphone Android. Hasil perhitungan Skala Likert diperoleh hasil 82,15% yang menerangkan bahwa penelitian ini dapat dikategorikan dengan kriteria berhasil.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pajak Papan Reklame Berbasis SIG (Studi Kasus Kota Pontianak) Laksana, Miftah Fauzan Irwan; Irwansyah, M. Azhar; Pratama, Enda Esyudha
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.205 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.33728

Abstract

Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak dalam tugasnya masih menggunakan sistem informasi reklame untuk mengawasi papan reklame. Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak juga masih menggunakan surat pemberitahuan kepada vendor dan pemilik iklan bahwa masa pajak papan reklame sudah melewati batas yang telah ditentukan. Surat Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak terkadang terlambat dalam pengiriman ke penyedia papan reklame dan pemilik ikaln. Metodoligi penelitian dilakukan dengan metode waterfall merupakan salah satu proses permodel perangkat lunak yang mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi dengan mempresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti analisis dan definisi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Hasil pengujian dari kuesioner terhadap 30 responden yang menggunakan metode Liker’s Summated Rating (LSR), diperoleh total skor 1941 yang menunjukan program dinilai berhasil dari nilai tertinggi dari skor 1800 sampai skor 2250. Sistem informasi Geografis ini dapat membantu Dispenda, untuk mengawasi papan reklame terhadap pajak reklame. Vendor dan pemilik iklan juga dapat mengawasai papan reklame yang memiliki status pajak agar tidak melewati pembayaran pajak reklame berserta dendanya. Sistem ini dapat pemberitahuan kepada vendor dan pemilik iklan tentang status pajak reklame di papan reklame jika sudah mendekati jatuh tempo pembayaran pajak.
Analisa Perbandingan Performa Openstack dan Apache Cloudstack dalam Model Cloud Computing Berbasis Infrastructure As a Service Triyanto, Hari; Negara, Arif Bijaksana Putra; Irwansyah, Muhammad Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.397 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.31936

Abstract

Efisiensi pemanfaatan sumber daya komputasi dapat di lakukan dengan melakukan virtualisasi pada mesin fisik komputer. Pada cloud computing, sumber daya seperti CPU, memori, storage dan jaringan dapat dipandang sebagai suatu layanan dengan virtualisasi sebagai jantungnya. Openstack dan Cloudstack merupakan salah satu opensource untuk membangun cloud computing dengan model IaaS. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Openstack dan Cloudstack dalam perancangan private cloud computing dengan aspek pengujian web server, komputasi, oltp database dan jaringan. Pengujian menggunakan metrik skalabilitas dengan metode pengujian overhead dan linearity. Implementasi dilakukan pada satu server dengan menggunakan satu router dan satu laptop sebagai client. Client bertugas untuk menjalankan pengujian menggunakan tools seperti Httperf, Sysbench dan Iperf. Sejumlah beban pengujian diberikan untuk tiap tiap instance berdasarkan skenario pengujian yang telah di buat. Hasil pengujian menunjukan bahwa waktu eksekusi yang diperlukan untuk mengakses web server dan komputasi pada instance Openstack lebih rendah daripada instance Cloudstack. Sedangkan pada pengujian oltp database dan jaringan, hasil pengujian menunjukan bahwa instance pada Cloudstack lebih unggul dengan waktu eksekusi oltp database yang lebih rendah, throughput yang lebih tinggi serta jitter yang lebih rendah. Oleh karena itu, Openstack unggul dalam penggunaan aplikasi berbasis web dan komputasi sedangkan Cloudstack unggul dalam aplikasi dengan transaksi database yang tinggi serta membutuhkan jaringan yang baik.
RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI MENU MAKANAN BERDASARKAN JARAK TERDEKAT (STUDI KASUS: PT. BUJANG SEJAHTERA ABADI) Hidayatullah, Yunus; Nasution, Helfi; Irwansyah, M. Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.037 KB)

Abstract

Penjualan daring kini lebih diminati, pembeli cukup menggunakan smartphone mereka serta koneksi internet dan dapat langsung membeli sebuah produk/barang. Seperti halnya dalam membeli makanan, beberapa konsumen merasa bingung karena beragamnya menu makanan serta semakin banyaknya restoran yang didirikan. Selain itu konsumen menginginkan efisiensi waktu, tenaga dan biaya dalam menentukan menu makanan. Menangggapi permasalahan tersebut, perlu adanya sebuah aplikasi rekomendasi untuk membantu konsumen dalam menentukan menu makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi rekomendasi menu makanan tidak hanya berdasarkan jarak terdekat dari lokasi konsumen akan tetapi juga menampilkan menu makanan yang sering di order. Metode Technique for Order of Preference by Similiatiry to Ideal Solution (TOPSIS), diterapkan dalam proses untuk mencari menu makanan yang sering diorder. Dari hasil pengujian White Box yang dilakukan diperoleh jumlah region, cyclomatic complexity, dan independent path adalah 6 dan hasilnya valid, sedangkan hasil pengujian yang dilakukan di 6 titik berbeda aplikasi rekomendasi menu makanan berhasil menampilkan menu makanan yang terdekat dari lokasi konsumen.
PERANCANGAN TEKNIK KRIPTOGRAFI BLOCK CIPHER BERBASIS POLA BATIK CEPLOK YOGYAKARTA Aziiz, Anriza Kurnia; Pakereng, Magdalena A. Ineke
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1290.342 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.37135

Abstract

Kriptografi adalah suatu ilmu untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan suatu informasi. Dalam penelitian ini dirancang Kriptografi Block Cipher 64 bit Berbasis Pola Batik Ceplok Yogyakarta guna membangun kriptografi baru. Dalam kritografi ini dirancang dengan 10 putaran, dimana setiap putaran terdapat 4 proses. Pada setiap putaran terdapat 4 pola untuk proses plaintext dan 4 pola untuk proses kunci. Di proses kedua dan keempat ditransformasikan dengan tabel S-BOX untuk mendapatkan ciphertext yang lebih acak. Pengujian juga dilakukan menggunakan Avalanche Effect dan nilai Korelasi dimana ratarata perubahan karakter mencapai 47,656%, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengamankan data.
Sistem Rekomendasi Layanan Harga Produk Terendah Berbasis Partisipasi Masyarakat Anggreany, Fany Ayu; Sholva, Yus; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1709.099 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.32943

Abstract

Pada era digital ini, semakin mudahnya internet dijangkau membuat perubahan pada perilaku belanja konsumen. Menurut Couponrani.com sebanyak 54% konsumen memanfaatkan internet untuk membandingkan harga saat berada di dalam toko konvensional. Namun dalam membandingkan harga ditemui kendala yaitu sulitnya mendapatkan informasi harga produk pada toko konvensional. Meskipun toko konvensional ada beberapa yang menyediakan katalog harga produknya, tidak semua produk ditampilkan dalam katalog. Oleh karena itu, perlu dibuat aplikasi dengan sistem rekomendasi harga produk terendah menggunakan partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat digunakan karena tidak adanya sumber yang memberikan data harga produk yang selalu terupdate sehingga diperlukan dukungan dari masyarakat yang memberikan data secara sukarela. Pada penelitian ini untuk membuat masyarakat ikut berpartisipasi memberikan data harga produk yaitu dengan membangun sistem rekomendasi ini dalam bentuk sebuah aplikasi catatan belanja. Catatan belanja yang dimasukkan oleh pengguna ke aplikasi akan disimpan dalam sebuah basis data sehingga dapat diakses oleh pengguna lain dalam bentuk rekomendasi harga terendah. Rekomendasi dihasilkan dengan memilah data harga produk terbaru dan terendah untuk kemudian diurutkan berdasarkan jumlah produk yang tersedia, total harga, dan jarak toko terdekat yang dihasilkan dengan melakukan perhitungan jarak antara pengguna dan toko menggunakan formula haversine. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat smartphone Android. Hasil perhitungan Likert’s Summated Rating diperoleh nilai 1701 yang menerangkan bahwa aplikasi ini dapat dikategorikan dengan kriteria “Berhasil”.
PERANCANGAN APLIKASI SMART INDICATOR LECTURER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MICROCONTROLLER Radityatama, Mohamad Dimas; Fauziah, Fauziah; Hayati, Nur
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.143 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.37940

Abstract

Berdasarkan Google I/O 2019, pengguna Android telah meningkat 500 juta pengguna sejak dua tahun lalu. Disisi lain, kehadiran dosen di Universitas masih belum bisa dipantau secara realtime sebab hanya menggunakan papan geser manual jika dosen telah sampai ditujuan dan papan tersebut hanya dapat dilihat jika kita berada di Universitas, contohnya yang berada di Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informasi Universitas Nasional, dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan smartphone berbasis Android, maka dapat dibuat aplikasi Indikator informasi dosen berbasis Android. Berdasarkan penelitian terdahulu pemanfaatan Microcontroller menggunakan fingerprint sebagai media absensi dinilai efisien. Penelitian ini menggunakan Microcontroller untuk perancangan smart indicator lecturer berbasis Android dengan menggunakan fingerprint dosen. Aplikasi dirancang dengan menggunakan modul fingerprint R307 dan NodeMCU yang akan di kirim pada database firebase dan akan mengubah indicator kehadiran dosen pada smartphone. Berdasarkan hasil pengujian didapat rata ? rata keberhasilan fingerprint sebesar 88,6% dan rata ? rata 87% user menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi mudah dipahami dan dioperasikan.
SISTEM MANAJEMEN PARKIR MOBIL ON STREET DAN OFF STREET BERBASIS LOCATION BASED SERVICE (LBS) DAN GOOGLE MAPS API Venti, Cornelius; Sholva, Yus; Nyoto, Rudy Dwi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1075.608 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.35789

Abstract

Bertambahnya jumlah kendaraan sering tidak diikuti dengan bertambahnya tempat parkir. Kondisi sangat menyulitkan pengendara untuk memarkir kendaraannya karena penuh. Sehingga informasi ketersediaan lahan parkir menjadi sangat penting khususnya parkir mobil karena memerlukan tempat parkir. Pengendara tidak mengetahui ketersediaan tempat parkir yang berada di sekitar destinasi dan membuat pengendara harus mencarinya setelah sampai destinasi. Dengan ini pengendara memerlukan suatu informasi tentang ketersediaan tempat parkir yang tersedia di sekitar destinasi sebelum sampai di destinasi. Maka sistem manajemen parkir sangat diperlukan untuk menyediakan informasi tentang tempat parkir yang tersedia sekitar destinasi. Salah satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan prinsip Location Based Service (LBS) untuk menyediakan informasi tempat parkir sekitar lokasi destinasi dengan menampilkannya posisi latitude and longitude dari posisi tempat parkir dalam bentuk peta digital menggunakan Google Maps API. Dan setiap ruang parkir pada tempat parkir diidentifikasi menggunakan QR-Code yang berisi kode unik setiap ruang parkir. Kemudian menggunakan Google Maps API untuk menyaring tempat parkir yang terdapat dalam radius terdekat dengan tempat destinasi dengan cara hanya memperlihatkan tempat parkir di dalam radius saja dan yang masih tersedia ruang parkirnya. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa sistem manajemen parkir mobil on street dan off street berbasis location based service dan google maps api dapat bekerja dengan baik berdasarkan hasil akhir pengujian User Acceptance Test sebesar 93%.
Rancang Bangun Game IQ Test Preparation dengan Mengimplementasikan Metode FSM Raditya, Muhammad Maheswara; Fauziah, Fauziah; Komalasari, Ratih Titi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.103 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.37941

Abstract

Pada umumnya tes IQ akan menggunakan kertas sebagai medianya, namun sebenarnya hal tersebut dinilai kurang efisien sebab perkembangan teknologi dapat digunakan untuk meminimalisir penggunaan kertas. Metode Finite State Machine (FSM) sesuai dalam penerapan alur sistem dan Construct 2 merupakan tools yang sesuai dalam merancang game quiz. Penelitian ini akan menggunakan metode FSM sebagai metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi). Dalam state machine sistem menempati satu state (keadaan) dan Construct 2 sebagai tools perancangan aplikasi. Diagram implementasi metode FSM pada penelitian ini dimulai dari q0, adalah state awal dari dimulainya game tes IQ ini. Pengujian dilakukan pada 8 tipe Android yang dimulai dari versi android 4.0 Ice Cream Sandwich hingga android versi 9.0 Pie. Perhitungan pada aplikasi juga telah dibandingkan dengan perhitungan secara manual untuk mengetahui seberapa besar tingkat akurasi yang didapatkan. Hasil dari pengujian yang dilakukan sebanyak 70 kali terhadap 3 range usia didapatkan margin error sebesar 0,45%, maka didapat tingkat akurasi sebesar 99,55%.
SISTEM INFORMASI LALU LINTAS TERNAK (STUDI KASUS DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KAYONG UTARA) Sania, Sania; Priyanto, Heri; Yulianti, Yulianti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1347.275 KB) | DOI: 10.26418/justin.v8i1.36097

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian dan Penyidikan Penyakit Hewan merupakan bagian dari Dinas Peternakan Kayong Utara. Pada Balai Pengujian dan Penyidikan Penyakit Hewan sistem informasi sangat berpengaruh dalam mendukung peningkatan pembangunan peternakan dan pelayanan veteriner (mengenai penyakit hewan) nasional. Pelaksaan pelayanan pengawasan veteriner perlu dilakukan identifikasi dan pengawasan terhadap lalulintas ternak. Peraturan Bupati Pasal 1 No. 16 Tahun 2018, lalu lintas ternak adalah keluar-masuk antar daerah/pulau, mutasi dan keluar-masuk daerah produk peternakan. Pelaksanaan pengawasan lalu lintas ternak antar kabupaten dilakukan di Pos Pemeriksaan Ternak atau PPT (check point) oleh Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten/Kota. Tujuan dari penelitian adalah membangun sebuah sistem informasi yang dapat membantu kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan dalam membuat kebijakan, evaluasi dan administrasi peternakan dan kesehatan hewan. Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan memiliki tugas dan fungsi melakukan kontrol dan koordinasi terhadap lalu lintas ternak, meliputi jumlah dan kondisi hewan ternak pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kayong Utara. Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu studi literatur, analisis kebutuhan, pengumpulan data, perancangan, implementasi, pengujian dan penarikan kesimpulan. Model pengembangan sistem menggunakan konsep System Development Life Cycle (SDLC). Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box dan aspek usability. Hasil pengujian black box adalah sistem dapat bekerja dengan baik dan hasil dari pengujian usability dengan 3 orang responden dari 8 pertanyaan, 6 diantaranya memiliki nilai diatas 80%. Sehingga disimpulkan sistem dapat membantu kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan dalam membuat kebijakan, evaluasi dan administrasi peternakan dan kesehatan hewan.

Page 1 of 37 | Total Record : 370