cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SAM RATULANGI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 305 Documents
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI VPN SERVER DENGAN MENGGUNAKAN PROTOKOL SSTP (SECURE SOCKET TUNNELING PROTOCOL) STUDI KASUS KAMPUS UNIVERSITAS SAM RATULANGI Farly, Kaseger Arthur; Najoan, Xaverius B. N.; Lumenta, Arie S. M.
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16745

Abstract

 Jaringan internet merupakan salah satu kebutuhan manusia sekarang ini. Begitu banyak aktifitas manusia menjadi lebih mudah dengan adanya jaringan internet seperti proses mengirim data dari satu tempat ke tempat lain. Proses pengiriman data tersebut hanya membutuhkan beberapa detik untuk sampai ke tempat yang dituju. Tetapi dengan perkembangan jaringan internet tersebut banyak oknum yang mencoba memanfaatkan jaringan internet untuk mencuri data. Seperti Data Perbankan, Data Rekam Medis, Data akademik kampus yang sangat penting seperti di salah satu perguruan tinggi dikota Manado,  Oleh karena itu dibutuhkan sebuah teknologi atau sistem yang dapat mengamankan data pada saat proses pengiriman. Dengan menggunakan teknologi Virtual Private Network (VPN) dapat menjamin keaman dalam proses pengiriman data melalui jaringan internet.
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMANTAUAN TRAFIK LALU LINTAS MENGGUNAKAN GPS SMARTPHONE Staal, Nofli K.; Sentinuwo, Steven R.; Sambul, Alwin M.
Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.13.1.2018.20440

Abstract

Abstrak ? Tingkat pertumbuhan pengguna jalan di kota manado berkembang begitu cepat antara lain pengguna jalan kaki, dengan demikian saat ini terjadi berbagai penumpukan kendaraan di beberapa titik kota manado yang menyebabkan kemacetan. Rancang Bangun Aplikasi Pemantauan Trafik Lalu Lintas Menggunakan GPS Smartphone memberikan informasi bagi pengguna jalan kota manado dimana setiap posisi Longtitude dan Latitude setiap smartphone yang menginstal aplikasi tersebut secara otomatis terkirim ke server kemudian diolah oleh sistem yang natinya diketahui secara realtime titik-titik jalan mana yang terjadi penumpukan kendaraan. Dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan sistem RAD (Rapid Aplication Development) dan menggunakan Android Studio dalam pembuatan aplikasinya.Kata Kunci : Aplikasi, Trafick, RAD, Smarthphone, Lalu-lintas, GPS, Longitude, Latitude, Fase.
ANALISA PEMANFAATAN E-LEARNING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN Ucu, Nurlinda L.; Paturusi, Sary D.E.; Sompie, Sherwin R.U.A.
Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.13.1.2018.20196

Abstract

Abstrak - Keberadaan teknologi sudah tidak asing lagi dizaman modern ini, terutama dengan hadirnya berbagai media sosial dan situs jejaring sosial, yang dikenal dengan Facebook, Line, dan WhatsApp, yang dimana ketiga media sosial tersebut sangat banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Salah satunya kehadiran media sosial tersebut sebagai teknologi komunikasi dan informasi maka dalam penerapannya lembaga pendidikan juga memanfaatkan media sosial tersebut sebagai media pembelajaran yang disebut E-Learning. E-Learning merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, yaitu menggunakan media sosial, dimana pembelajaran E-Learning di Universitas De La Salle, Universitas Nusantara, dan STMIK Parna Raya juga telah memanfaatkan media sosial antara lain Facebook, Line, dan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis statistik deskriptif, serta tujuan penelitian yaitu mengetahui keefektifan, penggunaan E-Learning, dan tingkat pemahaman terhadap pemanfaatan ELearning di Universitas De La Salle, Universitas Nusantara, dan STMIK Parna Raya sebagai model pembelajaran dengan menggunakan media sosial Facebook, Line, Dan WhatsApp tersebut. Kata Kunci : Media Sosial, E-Learning
PENGEMBANGAN PORTAL TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SAM RATULANGI Maulana Ani, Ilhammad; Sentinuwo, Steven R.; Najoan, Xaverius B. N.
Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.7.1.2016.10775

Abstract

Abstract ? Pengembagan Portal Web dimaksudkan untuk menyimpan data judul tugas akhir dan menyimpan hasil asistensi tugas akhir mahasiswa. Dengan web ini memudahkan dosen untuk melihat daftar mahasiwa bimbingan tugas akhir. Metodologi yang digunakan dalam melakukan pengembangan web adalah metode Rapid Application Development merupakan pengembangan aplikasi cepat yang merupakan versi adaptasi dari model waterfall. Pengembangan sistem mengunakan PHP framework CodeIgniter sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data. Dengan ini telah menghasilkan aplikasi untuk menyimpan data tugas akhir mahasiswa dan dapat memudahkan dalam pencarian data tugas akhir dan dosen dalam melihat data mahasiswa bimbingan. Kata Kunci : MySQL, Framework Codeigniter, Rapid Applcation Development, Tugas Akhir, Web
ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA MANADO Haja, Muhammad V.; Lumenta, Arie S.M.; Paturusi, Sary D.E.
Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.13.4.2018.28087

Abstract

Abstract ? Transportasi merupakan sarana yang sangat dibutuhkan pada zaman sekarang, karena dengan adanya transportasi dapat mengefektifkan pekerjaan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. transportasi yang baik dapat mencerminkan keteraturan kota yang baik pula, hal ini disebabkan karena transportasi merupakan suatu alat bantu dalam mengarahkan pembangunan di daerah perkotaan. Selain itu, transportasi juga merupakan suatu prasarana bagi pergerakan manusia atau barang yang timbul akibat adanya kegiatan di daerah perkotaan. Pada penelitian ini penulis mengangkat masalah tentang Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Kota Manado. Dari hasil yang diperoleh di mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap Aplikasi transportasi Online Gojek dan Greb rata-rata memiliki nilai pada items 1 Gojek dan Grab 100%, items 2 Gojek dan Grab 99.5%, items 3 Gojek 76%, Grab 95% items 4 Gojek 14% dan Grab 22.5%, items 5 Gojek 22%, Grab 25.5%, items 6 Gojek 97.5%, Grab 95.5%, items 7 Gojek 98%, Greb 97.5%, items 8 Gojek 99%, Grab 97%, items 9 Gojek dan Grab 99.5%, items 10 Gojek dan Grab 99.5%, items 11 Gojek 99.5%, Grab 99%, items 12 Gojek.99.5%, Grab 100%. Kata kunci : Analisa Aplikasi Trasportasi Online Kota  Manado                   Abstract ? Transportation is a tool that is very much needed today, because the existence of transportation can make the work effective in fulfilling daily needs. good transportation can reflect good city order as well, this is because transportation is a helpful tool in directing development in urban areas. In addition, transportation is also an infrastructure for the movement of people or goods arising from activities in urban areas. In this study the author raised the issue of Analyzing the User Satisfaction Level of Online Transportation Applications in the City of Manado. From the results obtained, the average level of community satisfaction with the Gojek and Greb Online transportation application has value on items 1 Gojek and Grab 100%, items 2 Gojek and Grab 99.5%, items 3 76% Gojek, Grab 95% items 4 Gojek 14% and Grab 22.5%, items 5 22% Gojek, Grab 25.5%, items 6 Gojek 97.5%, Grab 95.5%, items 7 98% Gojek, Greb 97.5%, items 8 99% Gojek, Grab 97%, items 9 Gojek and Grab 99.5%, items 10 Gojek and Grab 99.5%, items 11 Gojek 99.5%, Grab 99%, items 12 Gojek.99.5%, Grab 100%. Keywords: Analysis of the Application of Online Transportation in the City of Manado
AUGMENTED REALITY STORYTELLING CERITA ANAK “THE PROUD DEER” Tumbuan, Ferdinand H.; Tulenan, Virginia; Mamahit, Dringhuzen J.
Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.14.4.2019.27642

Abstract

 Abstrak ? Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia, dengan menggunakan Augmented Reality yang merupakan teknologi yang dapat menggabungkan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata dihasilkan aplikasi augmented reality storytelling cerita anak ?the proud deer? dengan menggunakan teknik multiple target. Aplikasi ini dapat mempermudah anak dalam memvisualisasikan buku cerita. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang memiliki 6 tahap dan aplikasinya dilengkapi dengan fitur berupa animasi, dan suara. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan anak-anak dalam memahami isi buku cerita dan membantu proses belajar dan bermain anak. Kata kunci ? Augmented Reality; Cerita Anak; Image Target; Multimedia Devolopment Life Cycle; Abstract ? The development of science and technology today, has brought change in almost all aspects of human life, using Augmented Reality which is a technology that can combine real and virtual objects in the real environment produced an application of augmented reality storytelling children's stories "the proud deer" by using multiple target technique. This application can make it easier for children to visualize story books. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) is a software development method that has 6 stages and the application is equipped with features such as animation and sound. This application is expected to make it easier for children to understand the contents of storybooks and help children's learning and play. Keywords ? Augmented Reality; Children Stories; Image Target; Multimedia Devolopment Life Cycle;
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POLIKLINIK UNSRAT BERBASIS WEB Wenur, Stevi; Sengkey, Rizal; Lantang, Oktavian
Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.4.2.2014.6991

Abstract

Abstrak Sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi. Poliklinik atau klinik adalah fasilitas medis yang lebih kecil yang hanya melayani keluhan tertentu. Poliklinik atau klinik yang ada di Universitas Sam Ratulangi dibangun untuk menunjang aspek kesehatan di lingkungan Universitas Sam Ratulangi. Penelitian dengan judul ?Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Poliklinik Unsrat berbasis Web? bertujuan merancang sebuah sistem informasi untuk pengelolaan data pasien, pembuatan surat keterangan sehat dan data-data kesehatan. Dalam merancang sistem informasi ini penulis menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak waterfall.Tools-tools yang digunakan dalam bentuk diagram-diagram UML antara lain use case diagram, class diagram. Hasil perancangan Sistem informasi ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada poliklinik unsrat sebagai sebuah solusi dari permasalahan yang timbul ketika sistem yang ada masih menggunakan cara konvensional. Kata kunci: Poliklinik, Sistem Informasi,Web, Waterfall.
PERANCANGAN E-HEALTH KOTA CERDAS (STUDI KASUS : KOTA MANADO ) Sambuaga, Jeklly H.; Rindengan, Yaulie Deo Y.; sambul, alwin
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16920

Abstract

 Smart city merupakan konsep pengembangan, penerapan, dan implementasi teknologi digital untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada dan diaplikasikan pada sebuah wilayah atau kota. Pada beberapa kota maju di Indonesia pun sudah mengadopsi Konsep smart city untuk efisiensi pelayanan kepada masyarakat yang berkelanjutan. Kota Manado pun mengharapkan hal yang sama, ditinjau dari kebutuhan akan teknologi informasi mulai dari pemerintahan, penyedia jasa, bahkan seluruh komponen masyarakat. Salah satu bidang pengembangan yang penting untuk dikembangkan adalah bidang kesehatan (health), mulai dari pelayanan pasien untuk rawat jalan, pelayanan pasien untuk rawat inap, pelayanan untuk pengambilan obat, bahkan untuk pengurusan surat-menyurat dari puskesmas ke rumah sakit, rumah sakit ke rumah sakit, dan sebaliknya dalam penerapan pada jasa-jasa kesehatan. Penelitian ini pun bertujuan untuk merancang model arsitektur dari aplikasi sistem informasi e-health. Dengan adanya perancangan model arsitektur ini, dapat mempermudah menentukan model dari aplikasi sistem informasi e-health, bahkan dapat juga menjadi tolak ukur untuk implementasi di masa yang akan datang. Tentu semuanya dimulai dari peran pemerintah, dalam hal ini pemerintah kota Manado. Untuk data dan informasi yang berhasil dikumpulkan penulis adalah data proses bisnis setiap penyedia jasa kesehatan dalam bentuk wawancara, kuisioner, dan observasi mulai dari rumah sakit, puskesmas, apotik dan klinik di kota Manado secara langsung. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah berupa rancangan model arsitektur e-health mulai dari arsitektur data, arsitektur aplikasi serta arsitektur teknologi yang dipresentasikan dalam bentuk gambar dan diagram.
ANALISIS PROSES BISNIS DAN KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI RENDAL PRODUKSI DI INDUSTRI FARMASI: STUDI KASUS PT. TNF Robot, Jimmy; Tuturong, Nancy
Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.2.1.2013.1982

Abstract

AbstrakSuatu industri manufaktur yang berorientasi pada profit memerlukan alat bantu agar bisnisnya dapat menjalankan proses eksekusi manufaktur lebih baik. Industri farmasi pun tak luput dari pola keberhasilan seperti ini. PT. TNF merupakan salah satu industri farmasi yang berorientasi pada pasar, dengan menciptakan produk-produk yang makin kompleks, sesuai dengan keinginan pasar. Sebagai salah satu industri yang bergerak dalam bisnis obatobatan ini membutuhkan sistem informasi agar tercapainya tujuan organisasi untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, daya saing dan inovasi produk yang bertaraf internasional. Salah satu peranan vital dalam bisnis industri ini adalah proses dalam Unit Produksi dan PPIC sebagai pengendalian perencanaan produksi serta pengadaan sebagai pengelola lalu lintas material dan barang jadi/produk. Sebagai dasar pertimbangan inilah, maka penulis mengangkat masalah analisis proses bisnis dan kebutuhan sistem informasi perencanaan dan pengendalian (Rendal) Produksi berbasis agent di PT. TNF sehingga pengorganisasian sumberdaya perusahaan untuk menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk menggambarkan arsitektur sistem sesuai konteks pembahasan digunakan UML agar memudahkan analisis dan pengembangan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem rendal produksi yang dirancang dapat membantu mengatasi permasalahan pada unit operasi PPIC dan rendal Produksi yang ditemui di PT.TNF.Kata Kunci: Agent, GAI, Unit Produksi, UML, PPIC, Sistem Rendal Produksi
RANCANG BANGUN APLIKASI KEMIRIPAN DOKUMEN DENGAN SUMBER – SUMBER INTERNET Jacob, Virggi E.; Lumenta, Arie S.M.; Jacobus, Agustinus
Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.14.2.2019.23990

Abstract

Abstrak ? E-learning memberikan kemudahan bagi pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan belajar menagajar, namun sering disalahgunakan oleh beberapa orang dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas yang diberikan. Penyalahgunaan sering dilakukan oleh mahasiswa, contohnya mahasiswa sering mengerjakan tugas kuliah dengan mengambil data dari sumber-sumber internet yang tidak jelas misalnya wikipedia, wordpress ataupun blogspot. Oleh karena itu perlu adanya aplikasi yang mampu mengukur tingkat kemiripan dokumen teks tugas mahasiswa yang dikumpulkan dengan data dari sumber-sumber internet yang tidak jelas yang dapat membantu mengidentifikasi setiap tugas mahasiswa dengan menguji dokumen tugas mahasiswa dengan artikel dari wikipedia menggunakan algoritama Ratcliff/Obershelp. Kata Kunci : Information Retrieval, Ratcliff/Obershelp, Text Mining, Web Mining.Abstract _ E-learning makes it easy for teachers and students to learn learning activities, but is often misused by some people in completing work or assignments given. Abuse is often carried out by students, for example students often work on assignments by taking data from unclear internet sources such as wikipedia, wordpress or blogspot. Therefore it is necessary for an application that is able to measure the level of similarity of student task text documents collected with data from unclear internet sources that can help identify each student's task by testing student task documents with articles from wikipedia using the Ratcliff / Obershelp algorithm.                Keywords : Information Retrieval, Ratcliff/Obershelp, Text Mining, Web Mining.

Page 1 of 31 | Total Record : 305