cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Sains
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari hasil penelitian, survei, atau telaah pustaka, yang belum pernah dipublikasikan dalam terbitan lain.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " No 18 (2005)" : 11 Documents clear
Pengurangan Konsentrasi Hidrolisat Kasein pada Media Kompleks untuk Menurunkan Aktivitas Protease Bacillus Megaterium B131 sebagai Upaya Meningkatkan Produksi Pinisilin G Asilase Muharni, Muharni
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3529.464 KB)

Abstract

Aktivitas protease di dalam kultur Bacillus megaterium dapat menghidrolisa pinisilin G asilase yang dihasilkan, sehingga menyebabkan aktivitas pinisilin G asilase sering tidak stabil. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini dilakukan pengurangan konsentrasi hidrolisat kasein pada media kompleks, untuk meningkatkan kestabilan aktivitas pinisilin G asilase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengurangan konsentrasi hidrolisat kasein pada media kompleks dapat menurunkan pertumbuhan sel dan aktivitas protease. Konsentrasi hidrolisat kasein 2,9 g/L dapat meningkatkan kestabilan aktivitas pinisilin G asilase.
Rancang Bangun Cluster Pc Berbasis Linux untuk Komputasi Paralel Masalah Fisika Ariani, Menik; Arsali, Arsali
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.786 KB)

Abstract

Disajikan rancang bangun komputer paralel dari cluster sejumlah PC low-end. Cluster terdiri dari sekelompok interkoneksi workstation atau PC stand-alone. Paket software PVM (Parallel Virtual Machine) menggabungkan sekelompok komputer dengan bermacam arsitektur dan jaringan, sehingga membentuk sebuah mesin paralel semu yang dapat diperlakukan seperti sebuah mesin tunggal berkinerja tinggi. Pemrosesan paralel dengan cluster PC akan mempersingkat waktu komputasi atau simulasi sistem dengan banyak variabel dan timestep, yang melibatkan operasi aljabar linear pada matriks berukuran sangat banyak. Kinerja komunikasinya ditunjukkan oleh hasil pengukuran bandwidth dan latensi. Kinerja komputasinya ditunjukkan melalui implementasi PVM pada operasi floating point, serta penyelesaian masalah fisika yang dalam hal ini ditunjukkan melalui penyelesaian persoalan distribusi panas dan potensial listrik. Cluster PC yang dibangun mampu memanfaatkan banwidth sampai 80% dari banwidth yang disediakan jaringan. Berdasarkan implementasi komputasi paralel pada sistem, cluster yang terdiri dari empat buah PC memiliki kinerja komunikasi dan komputasi cukup baik.
Kajian Algorotma Qr Dengan Shift dan Algoritma Qr Ganda dalam Menghitung Nilai Eigen Suatu Matriks Resti, Yulia
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.578 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas, kompleksitas waktu dan keuniversalan algoritma QR dengan shift dan algoritma QR Ganda dalam menghitung nilai eigen suatu matriks. Lgoritma QR dengan shift memiliki laju kekonvergenan dengan rasio |(ln-k)/( ln-1-k)| dengan memilih k sangat mendekati ln yaitu, kompleksitas O(n2) dan memiliki keuniversalan kekonvergenan jika tak satupun nilai eigen matriks A modulusnya sama. Algoritma QR ganda rasio laju kekonvergenannya |(ln-k1) (ln-k2)/( ln-1-k1) ( ln-1-k2)|, kompleksitas waktu O(n2) dan tidak memiliki keuniversalan kekonvergenan karena algoritma QR ganda dikembangkan khusus untuk matriks A yang memiliki beberapa nilai eigen kompleks yang modulusnya sama. 
Analisis Terhadap Data Klimatologi untuk Menentukan Jenis Iklim Kota Palembang Menggunakan Metode Thornthwaite Irfan, Muhammad; Arsali, Arsali; Lusiana, Fera
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.998 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menentukan jenis iklim kota Palembang menggunakan metode thornthwaite. Meode ini memerlukan data klimatologi berupa data temperatur dan endapan hujan (presipitasi). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data temperatur rata-rata bulanan dan data presipitasi rata-rata bulanan kota Palembang selama periode tahun 1972-2002. Pada prinsipnya metode ini menganalisis hubungan antara presipitasi, penguapan dan temperatur di suatu daerah sehingga didapatkan jenis iklim di daerah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim kota Palembang termasuk region kelembaban basah dan region termal tropikal. 
Using Invers Power Method with in Determinane Eigenvalues Non Dominan A Indefine Matriks Andriani, Yuli
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.02 KB)

Abstract

Metode Kuasa Invers merupakan metode iteratif untuk menentukan Nilai Eigen tak dominan suatu matriks Tak tentu. Dengan menggunakan teorema Kuosien Rayleigh akan memberikan suatu hampiran bagi vektor eigen tak dominan. Penelitian ini memperlihatkan penggunaan metode Kuasa Invers dalam menentukan nilai eigen tak dominan suatu matriks tak tentu, dan dengan bantuan program komputer hampiran nilai eigen tak dominan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat meskipun matriksnya berukuran besar.
Pemanfaatan Tempurung Tanaman Kepayang sebagai Karbon Aktif Penyerap Penyerap Zat Warna Fukhsin dari Limbah Songket Yuliasari, Nova; Lukitowati, Pudji; Riyanti, Fahma
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian untuk mempelajari kemampuan karbon aktif dari tempurung tanaman Kepayang (Pengium Edule Reinw) guna menyerap zat warna fukhsin dalam limbah songket Palembang telah dilakukan. Karbon aktif yang diperoleh diuji mutunya sesuai Standar Industri Indonesia dengan menentukan daya serap karbon aktif terhadap iodium, metilen biru dan penentuan kadar abunya. Selanjutnya karbon aktif tersebut digunakan untuk menentukan daya serapnya terhadap zat warna Fukhsin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap karbon aktif terhadap iodium 754,80 mg/g, terhadap metilen biru 162,27 mg/g dan kadar abu 4,02%. Daya serap karbon aktif terhadap zat warna Fukhsin pada waktu optimum (120 menit) adalah 90,11 mg/g sedangkan daya serap karbon aktif terhadap zat warna Fukhsin dalam limbah songket adalah 66,85 mg/g.
Kuersetin-3-O-Glikosida (Rutin) dari Daun Ubi Karet (Manihot Glaziovii.M.A) Yusuf. M, Setiawati; Untari, Budi
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4499.635 KB)

Abstract

Telah diekstrak senyawa Kuersetin-3-o-glikosida dari daun ubi karet (manihot glaziovii.m.a) dengan cara sokletasi menggunakan pelarut etanol teknis. Senyawa yang diperoleh berupa kristal kuning yang titik lelehnya 184,5° C -  186,5° C. Analisa terhadap kristal tersebut dengan alat Spektofotometri Ultra Violet dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan pereaksi geser NaOCc 2,5%, NaOAc/H3BO3, AlCl3 5%/HCl 50%. Hasil penelitian menunjukkan gugus hidroksil (OH) yang terletak pada atom karbon C5, C7, C3, C4 dan glikosida pada atom karbon C3. Analisa data Spektroskopi Infra Merah menunjukkan adanya gugus-OH kuat pada 3417,0 cm-1, gugus –C=C- kuat pada 1651,5 cm-1, gugus –C=O kuat pada 1651,5 cm-1, gugus-C-H sedang pada 1293,3 cm-1 dan gugus –C-O sedang pada 1203,6 cm-1. Berdasarkan hasil analisa, kristal yang diperoleh adalah senyawa kuersetin-3-o-glikosida atau rutin (0,105%) berat kering.   
Analisis Pohon Berstruktur Menggunakan Metode CHAID pada Data Respons Ordinal Cahyani, Dian
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.921 KB)

Abstract

Eksplorasi data merupakan suatu hal yang penting dilakukan sebelum menganalisa data dengan metode lain. Salah satu metode eksplorasi untuk data respons kategorik adalah metode CHAID (Chi-square Automatic Interaction Detection). Tulisan ini berisi tentang kajian teori metode CHAID dan penerapannya yaitu menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada peningkatan omset usaha anggota koperasi simpan pinjam (KSP) sebagai respons ordinal. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode CHAID tidak hanya dapat digunakan sebagai metode eksplorasi tetapi juga mampu menggunakan struktur hubungan antara variabel respons kategorik dengan serangkaian variabel penjelas serta interaksi antar variabel penjelas. Struktur hubungan ini digambarkan dengan suatu pohon berstruktur. 
Penggunaan Koagulan Poly Alumunium Chloride (PAC) untuk Pengolahan Limbah Cair Industri Gambir Fatma, Fatma; Loekitowati, Poedji
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.491 KB)

Abstract

Penelitian untuk mempelajari kemampuan Poly Alumunium Chloride (PAC) untuk menurunkan nilai kebutuhan oksigen kimia (KOK), total zat padat tersuspensi (TZPT) dan memperbaiki nilai pH telah dilakukan. Parameter yang ditentukan meliputi waktu kontak (0,5, 1,0, 1,5 dan 2,0 jam) dan berat PAC (5, 15, 25, 35 dan 50 mg). Hasil penelitian menunjukkan bahwa KOK awal limbah PAC pada kondisi optimum yaitu waktu kontak 1,5 jam, berat PAC 50 mg dengan volume limbah gambir 50 mL, nilai KOK menjadi 282,35 mg/L dengan efektif 69,90%, TZPT 133,3 mg/L dengan efektif 88,15% sedangkan pH menjadi 6,8. 
Perhitungan Transpor Sedimen Dasar Menggunakan Metode Rottner (Sudi Kasus Di Sungai Lais dan Boom Baru Palembang) Kurniawati, Netty; M. Irfan, M. Irfan; Sari, Qurnia Puspita
Jurnal Penelitian Sains No 18 (2005)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4848.385 KB)

Abstract

Pelabuhan Perahu Layar (PPL) Sungai Lais mengalami masalah pengendapan (sedimentasi) yang timbul di depan dermaga. Kondisi ini cukup mengganggu operasional pelabuhan. Sehubungan dengan penanggulangan permasalahan tersebut, maka diperlukan studi penelitian masalah sedimentasi di areal tersebut. Perhitungan transpor masa sedimen merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak transpor masa sedimen yang terjadi. Adapun metode yang digunakan pada penelitian transpor masa sedimen ini adalah Metode Rotter. Metode Rotter merupakan salah satu metode yang terbaik dalam perhitungan transpor massa sedimen. Hasil pembahasan diperoleh bahwa terdapat hubungan antara kecepatan aliran rata-rata terhadap transpor masa sedimen, semakin tinggi nilai kecepatan aliran rata-rata maka semakin besar pula transpor masa sedimen yang terjadi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11