cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Sains
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari hasil penelitian, survei, atau telaah pustaka, yang belum pernah dipublikasikan dalam terbitan lain.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " No 3 (1998)" : 8 Documents clear
Pengaruh Berbagai Jenis Pakan Terhadap Laju Konsumsi dan Daya Cerna Cacing Tanah P. Javanica Gates Nofyan, Erwin
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1094.552 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pernagruh berbagai jenis pakan terhadap laju konsumsi dan daya cerna cacing tanah P. Javanica Gates. Perlakuan pemberian pakan yaitu fases dari sapi, kuda, domba; serbuk jerami, dedak padi, rumput Panicum repens dan daun ketapang Terminalia catappa. Cacing tanah P. Javanica dikumpulkan dari tanah perkebunan Cihideung Lembang, Bandung Utara dan dipelihara dengan pakan faces sapi. Percobaan laju konsumsi dan daya cerna cacing tanah diberi 7 macam perlakuan pakan. Pakan yang diberikan sebanyak 500 mg. Masa percobaan laju konsumsi dan daya cerna cacing tanah P. Javanica selama 72 jam (3 hari). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa laju konsumsi dan daya cerna cacing tanah P. Javanica tergantung pada jenis pakan yang diberikan. Laju konsumsi dari cacing tanah P. Javanica tertinggi didapat pada pemberian pakan fases sapi yaitu 40,55 ± 5,21 mg/g berat tubuh/hari dan terendah pada pemberian pakan daun ketapang yaitu 15,48 ± 1,99 mg/g berat tubuh/hari. Daya cerna cacing tanah P. Javanica yang diberi pakan fases sapi berbeda nyata (P < 0,05) terhadap enam perlakuan pakan lainnya, sedangkan pada pemberian pakan fases domba dengan daun ketapang, jerami padi dengan dedak padi dan rumput Panicum repens, tidak berbeda nyata. Daya cerna cacing tanah P. Javanica tertinggi didapatkan pada pemberian pakan daun ketapang yaitu 75,91 ± 4,68% dan terendah pada pemberian pakan feses sapi yaitu 22,64  ± 2,70%.
Peranan Akar Basal Batang dan Rizom Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Vegetatif Bambu Dahlan, Zulkifli
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6881.46 KB)

Abstract

Penelitian pendahuluan tentang peranan akar pada basal batang dan rizom Phyllostachys viiridis (Young) McClure telah dilakukan di kebun bambu Bambouseraie de Prafrance (Perancis Selatan). Penelitian eksperimental terhadap batang bambu yang berbeda umur dengan cara memotong seluruh akar yang terdapat pada basal batang, dan mengisolir batang berbagai umur dari rizomnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar primer pada basal batang bambu berperan sebagai penyanggah ketika batangnya masih muda, dan ketika batang telah berumur 2 tahun akar tersebut selain berperan sebagai penyanggah juga sebagai penyerap hara di dalam tanah. Rizom berperan sebagai translokasi dan transportasi nutrien hasil fotosintesis dan unsur hara yang diperlukan oleh batang muda, isolasi pada tahap ini menyebabkan kematian dan gangguan pada pertumbuhan. Pada batang yang tua (lebih dari 2 tahun) isolasi dengan rizomnya tidak memberikan pengaruh terhadap kelangsungan hidup.
Penentuan Tanggapan Frekuensi Rangkaian Pengatur Nada Baxandall Pasif Berbantuan Komputer Iskandar, Iskhaq
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.035 KB)

Abstract

Penentuan tanggapan frekuensi Rangkaian Pengatur Nada Baxandall Pasif bila dilakukan secara manual memerlukan pengkajian matematis yang relatif cukup rumit karena melalui perhitungan yang berulang-ulang sehingga ketelitian perhitungan akan berkurang. Dengan penelitian ini diperoleh datu software yang dapat menampilkan tanggapan frekuensi Rangkaian Pangatur Nada Baxandall Pasif yang berupa tampilan tanggapan amplitudo dan tanggapan fasa. Software yang dihasilkan dari penelitian ini akan membantu pemakai mempermudah memahami hal-hal yang berkaitan dengan masalah ini.
Penentuan Kandungan Logam Berat Fe, Ni dan Cu Pada Sedimen Dasar Waduk Saguling Dalam Upaya Mengungkap Tingkat Pencemaran Loekitowati H, Poedji
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3320.607 KB)

Abstract

Penentuan logam berat Fe, Ni dan Cu didalam sedimen dasar telah dilakukan dengan menggunakan metoda Spektrofotometri Serapan Atom. Contoh sedimen berasal dari waduk Saguling yang diambil pada musim kemarau dan penghujan. Pengambilan contoh sedimen dilakukan pada kedelapan lokasi dengan kedalaman sedimen 1-10 cm dan 10-20 cm, sebagai pembanding digunakan contoh sedimen dari sungai daerah Majalaya. Logam terlarut diperoleh dengan melarutkan contoh sedimen dalam HCl, sedangkan logam residu dengan cara destruksi menggunakan campuran asam HF, HNO3 dan HCl4. Jumlah total logam berat ini kemudian digunakan sebagai dasar untuk mempelajari tingkat pencemaran sumber air. Konsentrasi ligam total yang diperoleh pada mudim kemarau adalah 32730,1 – 78539,9 mg Fe/kg, 35,9-85,4 mg Ni/kg dan 30,8-105,6 mg Cu/kg pada kedalaman sedimen A (atas) sedangkan pada kedalaman sedimen B (bawah) adalah 35749,6-78539,9 mg Fe/kg, 40,2-89,3 mg Ni/kg dan 44,6-113,1 mg Cu/kg. Konsentrasi logam total yang diperoleh pada musim penghujan adalah 23565,6-46055,9 mg Fe/kg, 34,8-77,2 mg Ni/kg dan 39,9-82,9 mg Cu/kgpada kedalaman sedimen A (atas) sedangkan pada kedalaman sedimen B (bawah) adalah 30740,8-57636,6 mg Fe/kg, 38,8-77,2 mg Ni/kg dan 44,5-93,6 mg Cu/kg. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa konsentrasi logam berat pada musim kemarau umumnya lebih besar dibanding musim penghujan pada kedalaman A maupun B. Lokasi I (Saguling Tengah), III (Pakuon Tengah), VI (DAM) dan VIII (Cimalik) mempunyai konsentrasi logam yang lebih besar dibanding lokasi lain dan lokasi Majalaya. Hal ini menunjukkan adanya penurunan kualitas air pada lokasi tersebut. 
Identifikasi Timbal (Pb) Dalam Beberapa Organ Kepala Daging dan Jeroan Pada Ikan Rawa dan Sungau di Daerah Kotamadya Palembang Bakti, I.A. Rivai
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.881 KB)

Abstract

Telah dilakukan identifikasi timbal (Pb) dalam beberapa organ kepala, daging dan jeroan pada ikan rawa dan sungai di daerah Kotamadya Palembang. Terhadap sejumlah tertentu sampel ikan dari begian kepala dan tulang, daging serta jeroan dilakukan destruksi basah dengan campuran H2SO4, H2O2 dan HNO3 pekat. Hasil destruksi diukur dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Ikan yang diteliti adalah ikan rawa dan ikan sungai yaitu: Clarias batrachus H.N. (ikan belida), Belodontichtys dinema Blkr (ikan lais) dan Puntius schwanefeldi Blkr (ikan betino/lampan), masing-masing beratnya sekitar 25-300 gram. Hasil yang didapat dari pengukuran dengan SSA untuk kelima sampel dengan membuat standar menunjukkan bahwa kelima jenis ikan tersebut mengandung Pb dimana yang terbanyak dalam dagingnya, walaupun ada perbedaan antara jenis ikan satu dengan lainnya. Penyerapan oleh tubuh ikan terdapat kandungan Pb dalam air di tempat hidupnya dapat sampai 26 kalinya. Untuk ikan dari air golongan D sebanyak 1,6 kalinya. Sedangkan dalam air golongan C yaitu air untuk perikanan/peternakan dapat menyerap 86 kalinya.   
Pengaruh Lumpur Bekas Pemboran Sumur Minyak Terhadap Pencemaran Lingkungan Desnelli, Desnelli
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.989 KB)

Abstract

Lumpur bor yang dipakai dalam pemboran sumur minyak dan gas bumi berfungsi mengangkat lapisan di bawah tanah (cutting). Adanya kandungan logam berat dalam lumpur bor dapat berbahaya terhadap lingkungan. Pada penelitian ini dicoba untuk mengetahui sejauh mana kadar logam berat yang terdapat dalam lumpur baru maupun lumpur bekas menunjukkan adanya kandungan logam berat. Sedangkan terhadap lumpur bekas yang diperlakukan dengan air pada kondisi pH 4,6,7 dan 8 memperlihatkan adanya logam berat yang larut (leachate), dimana konsentrasi logam yang larut meningkat dengan menurunkan pH dari air leaching. Konsentrasi logam berat dalam lumpur bekas pada kondisi pH tersebut melebihi batas maksimum standar mutu air buangan.
Penetapan Nilai Kalor Gambut dari Delta Upang, Karang Agung Ulu dan Karang Agung Tengah Ismail, Syarifuddin; Bakti, I.A. Rivai
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.453 KB)

Abstract

Telah dilakukan analisa penetapan nilai kalori gambut yang berasal dari Delta Upang, Karang Agung Uli I, Karang Agung Tengah I, Karang Agung Ulu II dan Karang Agung Tengah II. Terhadap sejumlah tertentu bubuk sampel kering yang telah diayak dengan nilai Mesh 250 μm (No. 60) terbentuk dari pellet dengan berat sekitar 0,9 sampai 1,3 gram. Lalu ditetapkan kalor (Btu) berdasarkan ASTM D 1989-93, Standar Method for Gross Calorific value by Microprocessor Controlled Isoperibol Calorimeter. Pembacaan dari recorder setelah dikurang dengan  kawat sisa dan hasil titrasi menunjukkan kelima sampel gambut diatas didapatkan hasil-hasil kalor untuk Delta Upang sebesar 8578 Btu/lb, Karang Agung I 2848 Btu/lb, Karang Agung Tengah I 4383 Btu/lb, Karang Agung Ulu II 2986 Btu/lb dan Karang Agung Tengah II 4593 Btu/lb. Jadi gambut dari daerah yang berbeda-beda, energinya berbeda-beda pul. Dimana sisa-sisa abu menentukan adanya perbedaan energi dari masing-masing daerah gambut. Gambut yang berasal dari daerah Delta Upang mempunyai nilai Btu tertinggi, yaitu lebih tinggi dari batubara lignit dan mendekati nilai batubara antrasit. 
Analisis Hubungan Antara Nilai Matematika di Sekolah Menengah Umum (SMU) dengan Nilai Mata Kuliah Keahlian (MKK) Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya Yahdin, Sugandi
Jurnal Penelitian Sains No 3 (1998)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai Matematika di SMA dengan nilai MKK mahasiswa jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya. Korelasi untuk masing-masing angkatan adalah 0,77; 0,1189 dan 0,2890 untuk angkatan 1993, 1994 dan 1995. Secara umum korelasi untuk semua mahasiswa adalah 0,1256. Berdasarkan nilai korelasi ini tampaknya hubungan antara nilai Matematika di SMA dengan nilai MKK tidak cukup erat. Tetapi pada tingkat keberhasilan mahasiswa (IPK MKK) dengan nilai Matematika di SMA jelas kelihatan. 75% mahasiswa dengan nilai rata-rata Matematika di SMA ³ 8,00 memiliki IPK ³ 2,50. Sebaliknya ada 82,6% mahasiswa dengan nilai rata-rata Matematika di SMA £ 7,00 memiliki IPK £ 2,50.

Page 1 of 1 | Total Record : 8