cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Sains
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari hasil penelitian, survei, atau telaah pustaka, yang belum pernah dipublikasikan dalam terbitan lain.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 1 (2011)" : 13 Documents clear
Isolasi Senyawa Antibakteri Dari Daun Jengkol (Pithecolobium lobatum Benth) dan Penentuan Nilai KHM-nya Salni, Salni; Marisa, Hanifa; Mukti, Ratna Wedya
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.126 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai isolasi senyawa antibakteri dari daun Jengkol (Pithecolobium lobatum Benth) dan penentuan Konsentrasi Hambat Minimun (KHM)-nya terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Penelitian dilakukan di laboratorium Genetika dan Bioteknologi jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi agar. Bakteri uji yang digunakan adalah Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Hasil penelitian menunjukkan senyawa antibakteri terdapat didalam fraksi etilasetat, Senyawa antibakteri dalam daun jengkol merupakan senyawa terpenoid mempunyai nilai Rf 0,75 dengan eluen etilasetat n-heksana 8:2. Isolat hasil isolasi disebut dengan isolat E18. Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) isolat E18 terhadap Staphylococcus aureus adalah 160 μg/ml dan terhadap Escherichia coli 200 μg/ml.
Analisis Bahan Magnet Nanokristalin Barium Heksaferit (BaO•6Fe2O3) dengan Menggunakan High-Energy Milling Johan, Akmal
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1746.27 KB)

Abstract

Telah disintesis bahan magnet nanokristalin barium heksaferit dengan menggunakan high-energy milling. Secara sistematis waktu milling dilakukan selama 5, 10, 15, 20 dan 30 jam disertai dengan proses annealing dari temperatur ruang hingga temperatur 400_C, 600_C, 800_C dan 1000_C selama 3 jam. Hasil pengukuran pola difraksi sinar-X sebelum dan setelah proses milling menunjukkan deformasi struktur kristal yang ditandai dengan tinggi puncak difraksi yang semakin menurun serta semakin melebar dan ditandai oleh penurunan sifat kemagnetan bahan. Dari pengukuran sifat kemagnetan sebelum dan sesudah proses milling selama 30 jam masing-masing nilai koersivitas intrinsik adalah 1,68 kOe dan 1,13 kOe, sedangkan nilai magnetisasi remanen diperoleh masing-masing 42,5 emu/gram dan 8,16 emu/gram. Proses pemanasan (annealing) pada temperatur 1000_C selama 3 jam terhadap bahan yang telah di milling, menunjukkan perbaikan sifat magnet bahan terutama nilai koersivitas intrinsik naik hingga 4,39 kOe, serta nilai magnetisasi remanen yang kembali seperti sebelum di milling sekitar 40,8 emu/gram. Terkait dengan peningkatan koersivitas magnet intrinsik dari 1,68 kOe (origin) menjadi 4,39 kOe setelah rekristalisasi dengan ukuran kristalit yang semakin halus, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan sifat magnet intrinsik ini akibat perubahan ukuran kristalit yang menurun dalam rentang nanometer yaitu sekitar ukuran 40-60 nm dibandingkan sebelum proses milling sekitar 1 μm (1 mikron).
Studi Etnofitomedika di Desa Lawang Agung Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Harmida, Harmida; Sarno, Sarno; Yuni, Vivin Febriansari
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.977 KB)

Abstract

Studi Etnofitomedika telah dilaksanakan pada bulan Mei-Desember 2004, bertempat di Suaka Margasatwa Isau-Isau Pasemah dan di Desa Lawang Agung, Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten lahat. Identifikasi tumbuhan dilakukan di Laboratorium botani Jurusan Biologi FMIPA UNSRI. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi dan mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat tradisional digunakan oleh masyarakat Desa Lawang Agung. Dari hasil penelitian didapatkan 41 jenis tumbuhan obat yang tergolong kedalam 25 famili. 9 Tumbuhan obat etnis yang didapatkan terdiri dari 9 jenis yaitu: Anthocephalus cadamba Ml., Bischofia javanica Bl., Celosia argentea L., Eupatorium inofolium H.B.K., Leea indica Merr., Morus multicaulis Loud., Peronema canescens Jack., Schima wallichii (DC) Korth., dan Stachitarpeta jamaicensis (L.) Vahl., yang digunakan untuk obat demam, pembersih kewaniataan, obat kutil dan obat luka.
Kajian Struktur Aljabar Grup pada Himpunan Matriks yang Invertibel Dewi, Novi Rustiana; Eliyati, Ning; Marbun, Oktavianus Hasiholan
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.873 KB)

Abstract

Secara umum, himpunan Mm,n(<) semua matriks m × n dengan operasi penjumlahan matriks merupakan sebuah Grup, namun himpunan Mn,n(<) semua matriks n×n dengan operasi perkalian matriks bukanlah sebuah grup, karena matriks n × n yang semua entrinya nol tidak mempunyai invers. Dalam karya ilmiah ini akan dikaji bentuk himpunan semua matriks n × n yang invertibel yang memenuhi struktur Grup terhadap operasi perkalian, bahkan masih dapat dibentuk suatu subhimpunan yang juga merupakan Grup terhadap operasi perkalian matriks yang sekaligus merupakan subgrup dari himpunan matriks yang invertibel tersebut.
Ekstraksi Magnetik pada Methanol-Soap Bathed Muds Rifai, Hamdi; Erni, Erni; M. Irvan, M. Irvan
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2068.808 KB)

Abstract

Telah ditemukan metode ekstraksi yang efektif untuk conto lumpur yang merupakan pengembangan dari metode magnetic finger. Ekstraksi ini dilakukan dalam rangka memisahkan mineral magnetik dari lumpur dan mineral lainnya, sehingga didapatkan mineral magnetik murni tanpa merusak bulir yang ada. Pada paper ini akan dibahas suatu metode ekstraksi yang disebut dengan metode methanol-soap bath. Pada metoda ini sebagai pengganti penggerusan, lumpur yang diekstrak dicuci dengan campuran sabun dan methanol. Pencucian dengan campuran sabun-methanol bertujuan untuk menghilangkan ikatan antara mineral magnetik dengan mineral non-magnetik pada conto. Keuntungan menggunakan metode ini adalah bahwa bulir magnetic yang didapatkan tidak mengalami kerusakan serta waktu yang dibutuhkan lebih cepat. Untuk membuktikan keberadaan mineral magnetic dalam conto yang sudah diobservasi dengan metode kemagnetan batuan sama dengan hasil ekstraksi maka mineral magnetik hasil ekstraksi tersebut diukur dengan metode lain yaitu metode XRD dan SEM-EDAX. Ternyata dari hasil pengukuran dengan XRD dan SEM juga didapatkan mineral magnetik dari jenis oksida besi dan sulfide besi. Dengan demikian metode methanol-soap bath ini secara efektif dapat digunakan untuk mengekstrak atau memisahkan mineral magnetik dari mineral non-magnetik. 
Aktivitas Antifungi Ekstrak (Centella asiatica (L.) Urban terhadap Fungi Patogen pada Daun Anggrek (Bulbophyllum flavidiflorum Carr.) Ismaini, Lily
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.184 KB)

Abstract

Aktivitas antifungi Centella asiatica (L.) Urban (ekstraksi akuades dan etanol) telah diuji secara in vitro terhadap jamur patogen BF 5.1.1 (jamur patogen pada daun anggrek (Bulbophyllum flavidiflorum Carr.) dengan metode difusi agar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak akuades dan etanol 96% C. asiatica dapat menghambat pertumbuhan koloni jamur patogen BF 5.1.1. Ekstrak air C. asiatica dapat menghambat pertumbuhan jamur patogen BF 5.1.1 pada konsentrasi 1%, 2%, dan 4%, dengan diameter pertumbuhan koloni jamur secara berurutan 26, 20mm, 22, 93mm, dan 25, 30mm, dan ekstrak etanol 96% pada konsentrasi 10% dengan diameter 30,87mm. 
Kajian Fungsi Nilai Mutlak dan Grafiknya Indrawati, Indrawati; Sembiring, Cinta
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.484 KB)

Abstract

Fungsi nilai mutlak adalah suatu fungsi yang aturannya memuat nilai mutlak. Nilai mutlak suatu bilangan real x, dinyatakan dengan |x|, didefinisikan sebagaiFungsi ini merupakan fungsi khusus yang menarik, karena memiliki ciri khas yang berbeda dari fungsi lain terutama proses pencarian solusi dan penyajian yang berbentuk grafik. Fungsi nilai mutlak dapat diselesaikan dan digambar grafiknya dengan cara mengubah bentuk aturan fungsi nilai mutlak tersebut sehingga diperoleh suatu fungsi dengan banyak persamaan yang memenuhi daerah definisinya. Fungsi nilai mutlak memiliki limit di suatu titik namun tidak terdiferensialkan dititiktersebut, sehingga fungsi nilai mutlak tidak kontinu di titik tersebut.
Penurunan Kebutuhan Oksigen Kimiawi Limbah Jumputan Menggunakan Lumut Hati Yuliasari, Nova; Miksusanti, Miksusanti; Setiyowati, Endang
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.207 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian penurunan nilai kebutuhan oksigen kimiawi (KOK) terhadap limbah jumputan menggunakan lumut hati yang tumbuh di pohon. Nilai KOK diukur melalui metoda spektrofotometri. Lumut kering dalam bentuk serbuk yang berukuran 100 mesh dikontakkan dengan 50 mL media limbah. Nilai KOK limbah awal sebesar 193,5 mg/L. Kondisi optimum penyerapan senyawa organik adalah selama waktu kontak 60 menit, berat  serbuk lumut 25 mg dan pada pH 7. Kondisi optimum penyerapan menghasilkan penurunan nilai KOK sebesar 74,84%, yaitu menjadi 48,69 mg/L.
Skrining Bakteri Kitinolitik Antagonis Terhadap Pertumbuhan Jamur Akar Putih (Rigidoporus lignosus) dari Rizosfir Tanaman Karet Muharni, Muharni; Widjajanti, Hary
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1610.825 KB)

Abstract

Skrining bakteri kitinolitik dari rizosfir tanaman karet dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh isolat bakteri kitinolitik yang antagonis terhadap pertumbuhan jamur akar putih (Rigidoporus lignosus). Bakteri diisolasi dari Perkebunan Karet Sembawa Kab. Banyuasin, dan skrining dilakukan dengan menggunakan media agar kitin dan uji antagonis terhadap jamur patogen dilakukan dengan menggunakan metode Chernin et al., (1995). Hasil penelitian didapatkan dua isolat bakteri kitinolitik yang antagonis terhadap pertumbuhan jamur akar putih (Rigidoporus lignosus). Identifikasi kedua isolat antagonis jamur akar putih ini tergolong kedalam genus Bacillus yaitu Bacillus sp. dan Bacillus apiarius
Menentukan Nilai Eigen Tak Dominan Suatu Matriks Definit Negatif Menggunakan Metode Kuasa Invers dengan Shift Andriani, Yuli
Jurnal Penelitian Sains Vol 14, No 1 (2011)
Publisher : Faculty of Mathtmatics and Natural Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.764 KB)

Abstract

Metode Kuasa dengan shift adalah metode iteratif untuk menentukan nilai eigen tak dominan suatu matriks definit negatif. Jika vektor eigen tak dominan perkiraan diketahui, Kuesien Rayleigh memberikan nilai eigen tak dominan perkiraan. Penelitian ini menunjukkan bagaimana menentukan nilai eigen tak dominan suatu matriks definit negatif dengan metode Kuasa Invers dengan shift. Hasilnya menunjukkan bahwa iterasi berhenti ketika nilai galat mendekati nilai eigen tak dominan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13