cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK)
ISSN : 23392436     EISSN : 25495968     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi (JAK) was published by the Accounting Study Program, Faculty of Economics and Business, Serang Raya University, Indonesia. Published twice a year, January and July, JAK is a communication media and a reply forum for scientific work, especially regarding accounting.
Arjuna Subject : -
Articles 180 Documents
DETERMINASI TRANSPARANSI APBDES PADA KABUPATEN KARAWANG Suartini, Sri; Sulistiyo, Hari; Huda, Syamsul
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1559

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh perencanaan, pelaksanaan , pengawasan terhadap transparansi APBDes di kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan tiga variable bebas (independent) dan variable terikat (dependent) , Variabel Perencanaan APBDes (X1)  Variabel Pelaksanaan APBDes (X2), Variabel Pengawasan APBDes (X3), dan variabel Transparansi APBDes (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa pada Kabupaten Karawang. Jumlah ideal pegawai setiap kelurahan adalah 17 orang dan kecamatan 30 orang. Jumlah responden dalam penelitian ini, adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dalam  mengumpulkan data.. untuk mendapatkan data penelitian.Hasil penelitian secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh Perencanaan APBDes(X1) secara parsial terhadap Transparansi APBDes (Y), Sig. (0,00< ? (0,05) dan t hitung (10.120) > t tabel (0,6770) sehingga Ho ditolak. Pengaruh Pelaksanaan APBDes(X1) secara parsial terhadap Transparansi APBDes (Y), nilai Sig. (0,00< ? (0,05) dan t hitung (12.328) > t tabel (0,6770) sehingga Ho ditolak.Pengaruh Pengawasan APBDes(X3) terhadap TransparansiAPBDes (Y), nilai Sig. (0,00< ? (0,05) dan t hitung (11.125) > t tabel (1,675) sehingga Ho ditolak. Sedangkan secara simultan hasil perhitungan didapat nilai Sig. (0,000) < ? (0,05) dan F hitung (79,143) > F tabel (3,09) sehingga Ho ditolak. Nilai R2 dari tabel Model Summary menunjukkan  bahwa 71.4% dari variance Transparansi  APBDes, dapat dijelaskan variabel Perencanaan APBDes, Pelaksanaan APBDes dan Pengawasan APBDes.
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL Umami, Roza
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel partisipasi penyusunan anggaran, gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja manajerial pada Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 41 responden, dan kuesioner yang dapat digunakan hanya sebanyak 41. Pengolahan data menggunakan software SPSS 22.0. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji kualitas instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil pengujian kualitas instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item pertanyaan adalah valida dan reliabel. Hasil pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa semua data telah memenuhi syarat. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan partisipasi penyusunan anggaran, gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Secara parsial, partisipasi penyusunan anggaran, gaya kepemimpinan dan motivasi juga berpengaruh terhadap kinerja manajerial.    
RELIGIUSITAS INTRINSIK, RELIGIUSITAS EKSTRINSIK, DAN NIAT UNTUK MENGHINDARI PAJAK Hidayatulloh, Amir; Syamsu, Muhammad Nur
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1534

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di seluruh Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive samping, dengan kriteria wajib pajak orang pribadi yang memiliki NPWP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode survei, dengan menyebar kuesioner kepada responden dengan bantuan google form. Responden dalam penelitian ini sebesar 128 responden yang berasal dari 25 propinsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. penelitian ini memperoleh hasil bahwa religiusitas intrinsik dan religiusitas ekstrinsik berpengaruh terhadap niat untuk menghindari pajak.
STRUKTUR MODAL MELALUI TRADE OFF THEORY Umdiana, Nana; Claudia, Hashifa
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1930

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Indonesia menstimulus perusahaan untuk mengembangkan usahanya karena persaingan semakin meningkat. Persaingan dalam dunia bisnis mendorong manajer keuangan untuk mengambil keputusan dengan cermat, salah satunya keputusan terkait struktur modal. Keputusan berdasarkan teori trade off menjelaskan struktur modal yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, dan risiko bisnis terhadap struktur modal melalui trade off theory pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di BEI untuk periode 2014-2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metodepurposive samplingdan diperoleh sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan dan struktur aktiva berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap struktur modal.
THE INFLUENCE OF PROFITABILITY AND STRUCTURE OF OWNERSHIP ON COMPANY VALUE WITH DIVIDEND POLICY AS AN INTERVENING VARIABLE Iswara, Ulfah Setia; Setyabudi, Teguh Gunawan
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1400

Abstract

The established entity has the aim to increase the value of the company. the company's stock price can be a reference for valuing a company. This study aims to test and prove empirically the effect of profitability and ownership structure on firm value with dividend policy as an intervening variable. The research data is in the form of annual company report data listed on the Indonesia Stock Exchange from 2011 to 2016. Data analysis was performed using path analysis. The results showed that profitability and dividend policy had a significant positive effect on dividend policy, while the ownership structure had no effect on dividend policy. Profitability and dividend policy variables proved to have a significant effect on firm value, while ownership structure did not affect company value.
ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN DAN KONTRIBUSI PAJAK HOTEL TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH DI KABUPATEN BANDUNG Bernardin, Deden Edwar Yokeu; Pertiwi, Mega Muliawati
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1443

Abstract

Pajak hotel di Kabupaten Bandung dinilai sangat potensial dalam menambah penerimaan pajak daerah, hal tersebut dapat dilihat bahwa Kabupaten Bandung memiliki tempat wisata yang mengundang wisatawan untuk menginap di Kabupaten Bandung. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja yang dilakukan pemerintah daerah dalam memungut pajak hotel, perlu diketahui potensi pajak hotel, efektivitas pajak hotel dan kontribusi pajak hotel. Tujuan penelitian ini agar mengetahui seberapa besar pengaruh potensi, efektivitas dan kontribusi pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah di Kabupaten Bandung secara parsial dan simultan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung. Data yang diambil adalah 10 tahun dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2017. Teknik analisa yang dipakai yaitu analisa deskriptif verifikatif, Uji Asumsi Klasik, Koefisien Determinasi, Koefisien Korelasi Berganda dan Analisa Jalur. Hasil dari penelitian ini bahwa potensi pajak hotel memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap penerimaan pajak daerah, hal tersebut menunjukkan bahwa besarnya potensi jika tidak tergali maksimal maka tidak berpengaruh pada penerimaan pajak daerah. Efektivitas pemungutan pajak hotel memiliki pengaruh yang signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa pentingnya efektivitas pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah. Kontribusi pajak hotel memiliki pengaruh tidak signifikan berarah negatif, artinya jika kotribusi pajak hotel meningkat maka penerimaan pajak daerah tidak serta merta ikut meningkat bisa saja penerimaan pajak daerah nilainya tetap  atau menurun. Pengaruh potensi, efektivitas pemungutan dan kontribusi pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dan berarah positif, hal tersebut menandakan jika potensi, efektivitas dan kontribusi pajak hotel harus secara bersama-sama dilakukan untuk memberikan pengaruh terhadap penerimaan pajak daerah di Kabupaten Bandung. Pemerintah daerah dapat mengikut sertakan petugas kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung untuk melaporkan potensi pajak hotel yang ada di daerahnya agar dilakukan pemungutan pajak yang dapat mempengaruhi penerimaan pajak daerah
ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI AKTIVITAS AGRIKULTUR DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN PSAK 69 Muhamada, Fathi Maurits
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1574

Abstract

Aktivitas agrikultur merupakan jenis kegiatan operasi yang dilakukan oleh entitas untuk memanajemen transformasi biologis dan panen aset biologis untuk dijual atau dikonversi menjadi produk agrikultur. Dalam transformasi biologis diperlukan pengukuran yang menunjukkan nilai dari aset biologis secara wajar sesuai dengan manfaat ekonomis bagi entitas. PSAK 69 mengenai agrikultur telah disahkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) dan penerapannya berlaku efektif sejak 1 Januari 2018. PSAK 69 Agrikultur mengatur perlakuan akuntansi serta pengungkapan yang terkait dengan aktivitas agrikultur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi atas aktivitas agrikultur serta penerapan PSAK 69 pada PT IJ yang merupakan salah satu entitas yang kegiatan usahanya bergerak dalam pengusahaan hutan tanaman industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dan pendekatan etnometodologi. Teknik analisis data yang digunakan pada saat pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada informan serta dengan mengumpulkan dokumen berupa laporan keuangan sebagai data pendukung penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil pembahasan menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi atas aktivitas agrikultur pada PT IJ secara pengakuan, pengukuran, pencatatan, penyajian, dan pengungkapan telah sesuai dengan PSAK 69 tentang agrikultur.
PENGARUH HEALTY LIFESTYLE, PSYCHOLOGICAL WELL BEING, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA AUDITOR DENGAN TASK COMPLEXITY SEBAGAI PEMODERASI Rijal, Fahrun; Abdullah, Muhammad Wahyuddin
JAK (Jurnal Akuntansi) : Kajian Ilmiah Akuntansi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30656/jak.v7i1.1467

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel healty lifestyle, psychological well being, dan self efficacy terhadap kinerja auditor. selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh varaibel task complexity dalam memoderasi hubungan antara variabel independenndengan kinerja auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di kantor Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunkan metode random sampling dengan total sampel sebanyak 31 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan membagikan kuesioner untuk para responden di Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa healty lifestyle dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor Sedangkan psychological well being  tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor. Hasil penelitian terkait variabel moderasi menunjukkan bahwa task complexity mapu memoderasi healty lifestyle terhadap kinerja auditor. Namun, variabel task complexity tidak mapu memoderasi hubungan antara psychological well being  dan self efficacy terhadap kinerja auditor.            Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi para auditor untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat yang baik dan juga selalu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan tugasnya sebagai pemeriksa. Pola hidup sehat yang baik akan berdampak pada kesiapan auditor dalam menjalankan penugasan auditnya, sementara kepercayaan diri yang tinggi mampu memberikan motivasi bagi auditor untuk bekerja dengan optimal.Kata Kunci: Healty lifestyle, psychological well being, self efficacy, task complexity, kinerja auditor
PEMILIHAN SOFTWARE ANTIVIRUS UNTUK LABORATORIUM KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN METODE AHP ( ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ) SAPUTRI, SEVTY WAHIDDIRANI
Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Akuntasi
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.484 KB)

Abstract

In this globalization era, there are many activities needed technology helps, computertechnology is one of the sample. Its used to ease data operation or searching informationsespecially on learning program in the accounting computer laboratory. According to supportthat process, its needed to select an antivirus software, to prevent some types of vyrus whichcould absorb the computer system, therefore the computer users will not be annoyed withsome vyrus spreads the computers easily. SMK Jakarta IV nowadays still has some problemsfor getting informations about how to select some kinds of antivirus software such as :Kaspersky Antivirus, Eset Nod32 Antivirus, Avast Antivirus, Avira Antivirus, AVG Antiviruswhich the most effectively to support computer learning at SMK Jakarta IV. This observationuse Analytical Hierarchy Process (AHP) method supported by Expert Choice 2000application program as a media on selecting antivirus program. Based on the observation wehave done, the result is An antivirus software which could help teaching process at school, inthe accounting computer laboratory especially. AVG Antivirus is the right system from thisanalization which could implemented to support learning activities in the accountingcomputer school laboratory at SMK Jakarta IV therefore PC system could be safely protectedfrom the viruses.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE DAN FINANCIAL PERFORMANCE TERHADAP STOCK RETURN PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012 Khoifin, Kiki; Umdiana, Nana
Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.017 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility disclosure dan financial performance  dengan menggunakan net profit margin dan earning per share  terhadap stock return. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia yang memublikasikan corporate social responsibility dan kinerja keuangan perusahaan dalam laporan tahunan. Data yang dianalisis adalah data sekunder antara tahun 2008-2012. Sampel yang diperoleh dalam  penelitian ini sebanyak 6 perusahaan, terdiri dari perusahaan pertambangan, perkebunan dan energi. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptive, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel corporate social responsibility disclosure memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,141 > 0,05dan t-hitung < t- tabel (1,517 < 1,6973). Variabel net profit margin  menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,996 > 0,05dan t-hitung < t-tabel (0,005 < 1,6973). Variabel earning per share  menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,486 > 0,05 dan t-hitung < t-tabel (-0,707 < -16973). Nilai output SPSS F hitung  < F tabel (0,956 < 2,96) dan nilai signifikansi > 0,05 (0,428 > 0,05). Dengan demikian dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara corporate social responsibility disclosure dan financial performance  terhadap stock return baik parsial maupun simultan.  Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Financial Performance, Stock Return.

Page 1 of 18 | Total Record : 180