cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Published by STKIP PGRI Bangkalan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali dalam setahun, yaitu periode Januari dan Juli, diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bangkalan.
Arjuna Subject : -
Articles 131 Documents
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHRAM NASAB DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GRAF TREE Abdur Rosyid, Abdur Rosyid
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2020): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian besar metode pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren, khususnya di daerah Bangkalan masih bersifat konvensional. Namun berkat rasa homat kepada kyai dan ustadznya, para santri tetap senantiasa antusias mengikuti kegiatan belajar pembelajaran di Pondok Pesantren, meskipun terkadang sebagian dari para santri tidak memahami materi tersebut, salah satu materi yang sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi para santri ternyata banyak yang tidak mengerti adalah materi mahram nasab. Penjelasan materi mahram nasab yang dapat digambarkan dalam sislsilah keluarga sebenarnya dapat digambarkan dengan bentuk graf tree yang juga dapat diaplikasikan dengan bentuk media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran graf tree ini, pembelajaran materi mahram nasab dengan berbantuan media pembelajaran graf treen berjalan dengan efektif yang ditunjukkan dengan 8 Aktivitas Santri yang efektif dengan nilai rata-rata 4,5, respon santri Pembelajaran Mahram Nasab dengan Media Pembelajaran Berbantuan Graf Tree positif dengan prosentase 98%, dan persentase Santri yang tuntas belajar 93%.
ANALISIS KESUKARAN PADA MATERI PELUANG SISWA MTS Rian, Riana
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2020): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesukaran dalam menyelesaikan soal-soal tes mengenai materi Peluang pada siswa MTs kelas IX di kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Penelitian dilakukan dengan subjek sampel sebanyak 6 orang siswa kelas IX di salah satu MTs di kabupaten Tasikmalaya. Soal tes yang diberikan berupa 5 soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa kesulian dalam mengerjakan soal no 3 yaitu pada indikator menentukan ruang sampel dan banyaknya anggota ruang sampel suatu kejadian, hal ini terlihat pada persentase rata-rata no 3 sebesar 16% yang menjawab benar.
MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK PADA SISWA DI SDN GILI ANYAR KECAMATAN KAMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN METODE KUMON Nurhasanah, Nurhasanah
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2020): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKOleh :NURHASANAH, M.MPd MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KECEPATAN SISTEM PERKALIAN BILANGAN FPB DAN KPK PADA SISWA DI SDN GILI ANYAR KECAMATAN KAMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DENGAN METODE KUMON Kata kunci : Penguasaan sistem perkalian, Metode Kumon Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan peneliti selaku Kepala sekolah bahwa hasil ulangan harian selama tengah semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 mata pelajaran matematika siswa SDN Gili Anyar Kecamatan Kamal kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas IV tentang perkalian mereka masih kurang dari 6, Secara garis besar rancangan penelitian tindakan yang akan dilakukan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus dirancang sedemikian rupa sehingga tindakan yang dilakukan membuat siswa Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskanTujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui dapat/tidaknya penguasaan perkalian dioptimalkan melalui variasi Metode Kumon. Adapun tujuan khususnya adalah untuk : (1) Meningkatkan kinerja guru mengajar bodang studi matematika melalui pembinaan konsep pembelajaran metode Kumon (2) Memudahkan guru mengajar tentang konsep perkalian melalui pentahapan materi perkalian dari yang mudah sampai yang sulit Bentuk tindakan dalam penelitian ini berupa supervisi (bimbingan kelompok) kepada guru-guru melalui rapat guru di ruang guru, agar mampu menyusun skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran manipulatif material secara efektif.Berdasarkan pembahasan temuan penelitian observatif oleh Kepala sekolah tentang "Optimalisasi pembinaan dan pengarahan konsep metode Kumon guna mengefektifkan pengajaran matematika" yang tercermin melalui 10 indikator, terbukti selama pembinaan sampai penerapan pembelajaran dengan metode KUMON berlangsung terjadi peningkatan mutu gaya mengajar yang variatif dan inovatif, sedangkan bagi siswa di SDN Gili Anyar Kecamatan Kamal Semester Ganjil Tahun Pelajara 2017/2018 melalui hasil pengamatan pengawas sekolah selaku peneliti telah terjadi peningkatan motivasi belajar secara signifikan
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI DAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS 3 DI SDIT AL-MADINAH Nurhikmah, Adinda
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa kelas III B dan kelas III F. Pada mata pelajaran Matematika di SDIT Al-Madinah Cibinong, dengan memiliki rata-rata prestasi belajar  kelas eksperimen 90 dan kelas kontrol 80,5 dan karakter peduli sosial memiliki rata-rata kelas eksperimen sebesar 12,75 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 11,8.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, pada penelitian ini pemilihan sampel pada quasi experimental tipe Non Equivalent Control Group Design tidak dilakukan pemilihan sampel secara random melainkan dipilih dengan sengaja oleh peneliti yaitu dengan masing-masing sampel kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: tes dan observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDIT Al-Madinah pada mata pelajaran Matematika, dan (2) pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap karakter peduli sosial  siswa kelas III SDIT Al-Madinah pada mata pelajaran Matematika. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dalam prestasi belajar dan untuk menumbuhkan karakter peduli sosial
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MATERI DIMENSI TIGA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Baskara Setiawan, Yoga
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP  SMK Negeri 3 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar, yang didukung oleh observasi, dan wawancara untuk memperoleh data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar siswapada siklus I  adalah 65,52% dengan rata-rata 71,24. Sedangkan persentasi pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 93,10% dengan rata-rata 73,48. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI BDP SMK Negeri 3 Palembang pada materi dimensi tiga
PENGARUH MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 21 MENDO BARAT Giosaputra, Aprian
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 21 Mendo Barat dan tidak adanya media yang digunakan dalam pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Tiga Dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di Kelas V SD Negeri 21 Mendo Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode ?pre Experimental? (The One Group Pretest-Posttest Design). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel penelitian ini seluruh kelas V berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis yang terdiri 5 essay yaitu pretest dan posttest. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji Liliefors diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data uji hipotesis dari hasil perhitungan uji t-test related data berpasangan dengan thitung > ttabel (11,95 > 2,03), maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas V SD Negeri 21 Mendo Barat
PENALARAN SISWA SMP TERHADAP SOAL GEOMETRI TIPE HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Purwaningtyas, Kartika
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penalaran siswa terhadap soal geometri tipe HOTS. Subjek yang dipilih dalam penelitian merupakan 3 siswa kelas VIII A SMP Labschool UNESA Surabaya dengan rincian 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 orang siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen peneitian terdiri atas : tes kemampuan matematika, tes soal geometri tipe HOTS dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator penalaran english. Berdasarkan analisis data tes dan wawancara diperoleh : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi sudah memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS,2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang belum memenuhi indikator penalaran menurut English dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap menarik kesimpulan. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah belum memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap manganalisis data dan menarik kesimpulan
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN ANALYSIS OF MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS OF JUNIOR STUDENTS IN COMPLETING CIRCULAR PROBLEMS Nisa, Ulfatun
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas VIII A-2 SMPN 2 Soko-Tuban yang diambil subjeknya adalah 6 peserta didik yang berasal dari pengelompokan kemampuan yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan pengelompokan tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada Indikator Komunikasi Matematis 2 (IDK 2), dan sangat baik pada (IDK 1), (IDK 3), (IDK 4) dan (IDK 5); (2) subjek dengan pengelompokan sedang memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada (IDK 2), (IDK 3) dan sangat baik pada (IDK 1), (IDK 4), (IDK 5); (3) subjek dengan pengelompokan rendah memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada (IDK 1) dan tidak baik pada (IDK 2), (IDK 3), (IDK 4), (IDK 5)
PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA SMA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN Wisnu Kristanto, Herman Yosep
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa SMA ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa SMA kelas X berjenis kelamin laki-laki dan 1 siswa SMA kelas X berjenis kelamin perempuan. Dalam penelitian ini digunakan tes pemecahan masalah dan pemberian kuisioner untuk memperoleh data profil pemecahan masalah siswa. Kuisioner diberikan setelah tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan siswa laki-laki mampu memahami masalah dengan cepat, tetapi informasi yang ditulis lebih singkat. Dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, siswa laki-laki mampu melakukan dengan baik, tetapi tidak mengoreksi kembali jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan butuh waktu lebih lama dalam memahami masalah, tetapi informasi yang dituliskan lebih lengkap. Dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, siswa perempuan dapat melakukan dengan baik, dan juga mengoreksi kembali jawabannya. Baik siswa laki-laki maupun perempuan dapat menyelesaikan masalah dengan benar
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR ANALYSIS HIGH ORDER THINKING IN TRIGONOMETRIC MATERIAL BASED ON LEARNING STYLES FRANCO JOHAN MAHENDRATAMA Johan Mahendratama, Franco
APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2019): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Penerbit STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu materi yang dipelajarai dalam ilmu matematika pendidikan. Kegunaan materi trigonometri dalam kehidupan sehari ? hari salah satunya adalah digunakan untuk mengukur tinggi sebuah bangunan. Melihat pentingnya trigonometri dalam kehidupan sehari ? hari layak untuk dipelajari lebih mendalam dalam sekolah. Kesulitan siswa dalam mempelajari trigonometri di sekolah yaitu pada saat menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Hal tersebut didapat penulis pada saat melakukan uji coba di lapangan untuk mengetahui kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) pada materi trigonometri didapat permasalahan bahwa siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis terinspirasi untuk menganalisis lebih dalam mengenai kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi (high order thinking) materi trigonometri ditinjau dari gaya belajar. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar auditori mendapatkan nilai 15 dengan kategori rendah. Siswa dengan gaya belajar visual mendapatkan nilai 90 dengan kategori tinggi. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mendapatkan nilai 15 dengan kategori rendah

Page 1 of 14 | Total Record : 131