cover
Contact Name
Sugiono
Contact Email
utilitas@uhamka.ac.id
Phone
+6285695637925
Journal Mail Official
utilitas@uhamka.ac.id
Editorial Address
Redaksi UTILITAS FKIP UHAMKA Gedung A lt. 2 Kampus FKIP UHAMKA Jl. Tanah Merdeka, Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Utilitas
ISSN : 2442224X     EISSN : 27146588     DOI : -
Jurnal Utilitas (p-ISSN: 2442-224X, e-ISSN: 2714-6588) is a multi-disciplinary which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, teaching, entrepreneurship, Administrative and management of education, administrative and management office, administrative and commercial management, economics of education, management, economics, accounting, Office administration, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning.
Articles 108 Documents
Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Elhuluqo, Ihsana
Utilitas Vol 1 No 1 (2015): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kewirausahaan Guru dan Potensi Diri terhadap Kepuasan KerjaGuru pada Sekolah Dasar se gugus Di Kecamatan Cimanggis Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru se gugus Di Kecamatan CimanggisDepok, mengingat jumlah populasinya sedikit, penelitian ini menggunakan sampel 40 guru. Untuk menguji hipotesistersebut menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut.Pertama, terdapat pengaruh langsung Kewirausahaan Guru (X1) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) denganpersamaan regresi X3 = 91,957+ 0,462X1 dan koefisien korelasi 0,575, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Kedua,terdapat pengaruh langsung Potensi Diri (X2) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 86,166 + 0,488X2 dan koefisien korelasi 0,643, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Ketiga terdapat pengaruhlangsung Kewirausahaan Guru (X) terhadap Potensi Diri (X2) dengan persamaan regresi X2 = 47,680 + 0.714X1dan koefisien korelasi 0,674, yang signifikan pada taraf α = 0,05. 1 Research aimed to investigate the influence of teacher’s entrepreneurship and self-potency concept toward teacher’swork satisfaction of the teachers at Cimanggis District cluster. The research method used here was survey researchmethod. The sample were 40 teachers. The research examined hypothesis with path analysis method. The researchsummarized 1) there was direct influences of entrepreneurship toward teacher’s works satisfaction as stated byregression equation X = 91,957+ 0,462X1 with coefficient correlation value 0,575 at 0.05 significant level. 2) Therewas direct influence of self-potency concept toward teacher’s works satisfaction as stated by regression equation X3 = 86,166 + 0,488X2 with coefficient correlation value 0,643 at 0.05 significant level.; 3) there was direct influenceof teacher’s entrepreneurship toward self-potency concept as stated by regression equation X = 47,680 + 0,714X1with coefficient correlation value 0,674 at 0.05 significant level. 2 3
Penetapan Harga Diskriminasi Cabe Rawit Merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur Purrohman, Purnama Syae; Ilham, Muhammad
Utilitas Vol 1 No 2 (2015): Utilitas
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pelaksanaan penetapan harga diskriminasi cabe rawit merah di Pasar IndukKramat Jati, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan menggunakan metode kualitatifdeskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Staf dan pimpinan Bagian Informasi PD. Pasar Jaya Pasar IndukKramat Jati; Pedagang Besar Cabe rawit merah di Pasar induk Kramat Jati, dan; Pedagang Kecil di Pasar IndukKramat Jati. Data-data yang dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasilpenelitian menemukan bahwa penetapan harga diskriminasi terjadi melalui penetapan harga segmentasipelanggan, penetapan harga bentuk produk, penetapan harga citra, penetapan harga saluran dan penetapan hargawaktu. Penetapan harga diksriminasi cabe rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati dilakukan untuk membedakankebutuhan berdasarkan kriteria konsumen demi berjalannya mata rantai distribusi cabe rawit merah sertamenjaga kestabilan harga cabe rawit merah yang akan masuk ke Jabodetabek dengan tetap menjaga profitpedagang cabe rawit merah.AbstractResearch intended to investigate the implementation of discriminative price determination of cayenne pepper atPasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. The research used field research approach with qualitative descriptivemethod. The subjects of the research were the head and staff of Information Section of PD Pasar Jaya PasarInduk Kramat Jati. Data collected by participated observation, interviews, and document analysis. The results ofthe research showed that discriminative price determination conducted by various ways as consumers’segmented price determination; product shape price determination; brand image price determination; chanellingprice determination, and time based price determination. The main idea for discrimantive price determinationwas to manage the supply chain distribution of products to differentiated consuments, to stabilisize the price atJakarta and its surround cities and to keep it profitable for the traders.  
Manajemen Logistik Di Giant Ekstra Utami, Novelia; Sitorus, Onny Fitriana
Utilitas Vol 1 No 1 (2015): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine a process flow of logistics management at Giant Extras. The study used a qualitativedescriptive approach. The research sample using snowball sampling where the sampling technique to dig up asmuch information as possible related to the research. Informants in this study were selected according to the criteriainformant credible and relevant. This research was conducted with participant observation, interviews,documentation and triangulation. The results showed that the flow of logistics management at Giant Extras includeplanning activities for the product output, organizing activities related to the division of labor among the sections,monitoring activities akam quality products and ordinances pendisplayan. Procurement of goods, which aredivided into type A, type B and type C. Registration activities in accordance with invoice and PO and recordingof inventory taking per 6 months. Penggudangan activities which will storage products. Activity then either ecerdistribution of goods or trader. And elimination of activities for goods that are not fit for consumption, by waydiretur or destroyed.  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu proses alur manajemen logistik di Giant Ekstra. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian menggunakan snowball sampling dimana teknikpenentuan sampel dengan menggali informasi sebanyak mungkin yang terkait dengan penelitian. Informan dalampenelitian ini dipilih sesuai dengan kriteria informan yang kredibel dan relevan. Penelitian ini dilakukan denganobservasi partisipan, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alurmanajemen logistik di Giant Ekstra meliputi kegiatan perencanaan akan produk outputnya, kegiatanpengorganisasian yang terkait pembagian kerja antar bagian, kegiatan pengawasan akam kualitas produk dan tatacara pendisplayan. Kegiatan pengadaan barang, yang terbagi menjadi type A, type B dan type C. Kegiatanpencatatan sesuai dengan faktur dan PO serta pencatatan stock opname per 6bulan. Kegiatan penggudangan yaitupenyimpanan akan produk. Kemudian Kegiatan pendistribusian barang baik secara ecer maupun trader. Dankegiatan penghapusan untuk barang yang sudah tidak layak konsumsi, dengan cara diretur atau dimusnahkan.  
Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah Pertama Latief, Abd Majid; Latief, Jamil
Utilitas Vol 1 No 1 (2015): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research aimed to investigate the using of BOS grant (Dana BOS/ Grant of School Operational Aid) according to the regulation at SMPN 233 Jakarta. Method used in this research was evaluation research to assess the objectof evaluation program based on certain standard. Evaluation program intended to investigate the span of BOSgrant for enhancing educational access for students from poor family. The research concluded that BOS grantdistributed to eight aspects of educational standard (graduate competence development, development ofstandardized content, development of process standards, administrational and teaching staff development,financial standard development, and evaluation system development and implementation. BOS grant issued inaccordance with the regulation of planning and management of RAPBS. BOS grant for students divided intofour terms of quarter of payment. The BOS grant always accepted lately by the school, so bailouts needed tocover the running load. BOS grant just cover educational fee by minimal service standard. The researchsuggested the School Committee of the SMPN233 to find the financial solution when BOS grant come lately,and also find the ways for funding of learning quality improvement that omitted from BOS Grant use. AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai acuan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 233 Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluasi yaitumenilai objek evaluasi program berdasarkan standar tertentu. Tujuan evaluasi program BOS ini untukmengetahui berapa besar cakupan dana BOS dalam rangka meningkatkan akses kegiatan pendidikan bagisiswa/siswi dari orang tua kurang mampu dalam pembiayaan pendidikan. Hasil penelitian menyimpulkanbahwa pelaksanaan dana BOS didistribusikan ke delapan aspek standar pendidikan yaitu: PengembanganKompetensi Lulusan, Pengembangan Standar Isi, Pengembangan Standar Proses, Pengembangan Pendidik danTenaga Kependidikan, Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Pengembangan Standar Pengelolaan,Pengembangan Standar Pembiayaan, dan Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian. Dana BOS tahun2013 SMP N 233 Jakarta dikeluarkan sesuai dengan acuan dalam perencanaan dan pengelolaan RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Penecairan dana BOS untuk siswa per tahun dibagimenjadi empat triwulan. Pencairan dana umumnya terlambat sehingga memerlukan dana talangan untukmenutupi beban berjalan. Dana BOS menutupi biaya penyelenggaraan pendidikan dalam konteks standarlayanan minimal. Penelitian menyarankan agar komite sekolah mencari solusi pendanaan jika dana BOSterlambat pencairannya dan pendanaan dalam pengembangan program peningkatan kualitas pembelajaran, yangtidak diatur dalam dana BOS.
Pengaruh Program Sapta Pesona terhadap Peningkatan Pengunjung Obyek Wisata Guci Tegal Suyadi, Suyadi
Utilitas Vol 1 No 2 (2015): Utilitas
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research intended to count the of implementation of Sapta Pesona program effects toward visitors’ quantity ofGuci Park at Kabupaten/District of Tegal, Central Java Province of Indonesia. the quantitative research methodused for this study. Data collected through questionnaires from visitors. The data analyzed by a correlationalstatistic. Instruments tested by validity test, normality test, multiple regression equations, and coefficientcorrelation feasibility. The research result showed that Sapta Pesona program affects significantly toward thequantity of visitor of Guci Park of Tegal District. Determination coefficient count 0.498 means that Sapta PesonaProgram affected to the increasing of visitors by 49.2%, while 50.2% affected by another factor as governmentregulations, service quality, visitor satisfaction, infrastructures and facilities, and so on. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan program sapta pesona dalammeningkatkan kuantitas pengunjung obyek wisata Guci Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan data yangberasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada para pengunjung obyek wisata di wisata Guci Tegal baik padavariabel sapta pesona dan peningkatan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian kuantitatif deskriptif dan survei. Data hasil penyebaran kuesioner kemudian dianalisis denganmenggunakan penghitungan statistik korelasional. Pengujian yang dilakukan meliputi uji validitas, normalitas.persamaan regresi berganda, dan kelayakan koefisien regresi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa sapta pesonamempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengunjung Wisata Guci di Kabupaten Tegal,dengan koefisien determinasi KD = 0,498 hal ini berarti sapta pesona berpengaruh terhadap peningkatanpengunjung sebesar 49,8% sedangkan 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dimana faktor laintersebut seperti peraturan pemerintah, kualitas pelayanan, kepuasan pengunjung, dan lain-lain. Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa sapta pesona mempunyai pengaruh yang besar terhadap peningkatan pengunjung WisataGuci di Kabupaten Tegal.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di SMK Negeri 10 Jakarta Timur Saoddah, Odah
Utilitas Vol 1 No 2 (2015): Utilitas
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Research intended to develop learning outcome by an implementation of presentation type of cooperative learningmodel in X grade of the Office Administration, Department of Public Vocational High School in 10, East Jakarta.Research conducted from July until August 2014. Classroom Action Research conducted for this research by theimplementation of two research cycles, each cycle contains three times of face to face teaching practice. The studyresult concluded that the research success indicator gained at second cycle. The amount of student reach minimumlimit score or more, were 97,46% with mean 80,97%. So, the implementation of learning model can increase studentlearning outcome at this grade. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar dengan penggunaan model pembelajaranKooperatif TPS di kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 JakartaTimur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan November 2014. Metode Penelitian yang digunakanadalahpenelitian tindakan kelas. Untuk penelitian ini diterapkan dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri dari tigakali pertemuan tatap muka, dengan pelaksanaan post test pada pertemuan tatap muka ketiga. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa indikator yang diharapkan tercapai pada siklus kedua; yaitu jumlah siswa yang mendapatkannilai sampai batas tuntas atau lebih, sebanyak 97,46% dan nilai rerata mencapai 80,79%. Prosentase ketuntasansiswa telah mencapai indikator yang diharapkan. Siswa yang melakukan kegiatan negatif hanya 1,55%. Dengandemikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.
Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip Dinamis Inaktif ANRI Jakarta Supriansyah, Supriansyah
Utilitas Vol 1 No 1 (2015): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the process of maintenance and depreciation of dynamic inactive records inthe National Archives of the Republic of Indonesia (ANRI) in Jakarta. This study used a qualitativedescriptive approach. The research sample used snowball sampling, where sampling technique toinvestigate many information related with the topic of the research. Informants in this study were selectedaccording to the criteria of credible and relevant informants. This research data collected throughobservation, interviews, documentation and triangulation. The research showed the result that ANRI keepthe record securely physically and the substance of the records, and it can be used during its keeping timeduration.The maintenance conducted by the room’s temperature controlling, keep i ts certain humidity,itssurrounded cleanliness, and correct damaged textual archives by manual encapsulation method orleafcasting method. The depreciation activities were movement, destroy, and delivery.   AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui proses pemeliharaan dan penyusutan arsip dinamis inaktif pada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif. Sampel penelitian menggunakan snowball sampling dimana teknik penentuan sampel denganmenggali informasi sebanyak mungkin yang terkait dengan penelitian. Informan dalam penelitian ini dipilihsesuai dengan kriteria informan yang kredibel dan relevan. Pengambilan data penelitian ini dilakukandengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ANRImenjaga arsip secara fisik dan informasinya agar tetap terjaga dan dapat digunakan selama masa simpannya.Kegiatan pemeliharaan yang dilakukan meliputi pengontrolan suhu ruangan, menjaga kelembaban udara,menjaga kebersihan lingkungan, dan perbaikkan arsip tekstual yang mengalami kerusakan denganmenggunakan metode enkapsulasi manual dan leafcasting. Kegiatan penyusutan dengan 3 kegiatan intiyaitu pemindahan, pemusnahan dan penyerahan.
Pelayanan Karyawan KDK Matahari UHAMKA Kodri, Safrul
Utilitas Vol 1 No 2 (2015): Utilitas
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research intended to investigate service quality of staffs of Koperasi Dosen & Karyawan UniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA. The method used to be descriptive qualitative. The research result showedthat some staff performance below the standard. It proved by the satisfaction level of the users still at themedium level, so it is necessary to implement a training for developing staff’s service quality capabilitiesimprovement. AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan karyawan Koperasi Dosen dan Karyawan UniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatifdeskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian karyawan perparkiran dan jasa kebersihan KoperasiDosen dan Karyawan Matahari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA belum melaksanan tugasnyadengan penuh tanggung jawab. Terbukti tingkat kepuasan jasa koperasi masih dalam level sedang. Oleh karenaitu perlu diadakan suatu metode pelatihan peningkatan pelayanan konsumen.
Manajemen Kantor di PT Indonesia Power Unit Pembangkit Suralaya Giyanti, Sri
Utilitas Vol 1 No 2 (2015): Utilitas
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research intended to describe office management covered: administration activities, planning, work systemcontrol, office products, facilities and infrastructures of Public Relation and Human Resource Department of PTIndonesia Power Unit Pembangkit Suralaya, Banten Province, Indonesia. The Case study Qualitative methodimplemented in this study. Data collected by observation, interviews, document analysis. Data validated bytrianggulation process, including technique trianggulation and resource trianggulation. The data analyzedthrough data reduction, data display and data verification. Result of the study showed the various implementationof office administration at Public Relation and Human Resource Department od PT Indonesia Power UnitPembangkit Suralaya as: organizational structure shape as the mixture between line, staff and functional;planning process acquired from central office; the various official products here as correspondence, notes,archiving, internal forms, information dissemination. The facilities and infrastructures well managed.AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen kantor di PT Indonesia Power Unit PembangkitSuryalaya, meliputi: pengorganisasian kantor, perencanaan dan pengawasan sistem kerja, produk-produkperkantoran, peralatan kerja kantor dan lingkungan kantor di bagian SDM dan Humas pada PT Indonesia PowerUnit Pembangkit Suralaya yang berlokasi di Banten, Indonesia. Metode yang digunakan ialah metode kualitatifstudi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumentasi. Data divalidasidengan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data antara lain melalui proses reduksi data,display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi yang dipakai berbentukcampuran gabungan dari lini, staff dan fungsional; perencanaan dilakukan oleh kantor pusat PT IndonesiaPower; produk-produk perkantoran beragam jenisnya seperti membuat surat, membuat catatan lalu diarsipkan,membuat formulir intern untuk karyawan, serta memberikan informasi; peralatan kerja kantor meliputi mesinkantor dan perkakas kantor, dan lingkungan fisik kantor sangat diperhatikan.        
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Demonstrasi dan Presentasi Lestari, Sri
Utilitas Vol 1 No 1 (2015): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research aimed to investigate learning result improvement of the students of 11th grade of SMK Negeri 48 after the using of demonstration and presentation instructional methods. This research used Classroom Action Research Method, which was implemented from July until November 2013. The result of the research showed that the indicators of the research goal fulfilled at the second cycles of Action Research. It stated that 97.5% of the students passed the limit of learning targets.  AbstrakPenelitian bertujuan untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar dengan penggunaan Model Pembelajaran Demonstrasi dan Presentasi di kelas XI SMK Negeri 48. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan November 2013. Hasil Penelitian telah mencapaiindikator yang diharapkan pada siklus kedua, yaitu jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan belajar sejumlah 97,45 % dari jumlah seluruh siswa.

Page 1 of 11 | Total Record : 108